Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android (lemoot.com)
Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android (lemoot.com)

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android

Bagaimana cara mengatasi aplikasi tidak terpasang? Kemungkinan besar Anda pernah mengalami saat menginstal aplikasi di ponsel akan tetapi gagal, maka tidak mau untuk terpasang. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda tidak perlu khawatir sebab untuk mengatasinya cukup mudah dilakukan.

Biasanya yang perlu Anda perhatikan yaitu, sebelum melakukan download sebuah aplikasi lebih baik memastikan memori pada ponsel mencukupi atau tidak. Hal tersebut sebagian kasus pada masalah tersebut dikarenakan memori HP penuh. Bukan hanya itu saja, Anda perlu memeriksa ekstensi aplikasi apakah mendukung untuk menginstal di ponsel atau tidak. Untuk penyebab aplikasi tidak bisa dipasang terdapat berbagai macam. Lantas bagaimana untuk cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Ponsel

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua aplikasi dapat terpasang dengan lancar ketika Anda instal di ponsel Android. Banyak kendala yang ditemui, maka aplikasi tidak dapat Anda instal. Walaupun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini cara mengatasi aplikasi tidak terpasang yang dapat Anda lakukan guna mengatasinya.

Baca Juga »  Contoh Aplikasi Web PHP yang Mudah dan Banyak Didownload

Mengaktifkan Opsi Sumber Tidak Dikenal

Untuk opsi sumber tidak dikenal penting untuk Anda aktifkan apabila Anda mendownload aplikasi dari luar Google Play Store. Dalam artian, aplikasi tersebut mempunyai ekstensi. apk sebab Anda memperolehnya dari luar Google Play Store. Anda bisa ikuti langkah berikut ini.

  • Bukalah menu untuk Pengaturan yang di ponsel
  • Kemudian pilih menu Setelan Tambahan kemudian menu Privasi
  • Dapat beri centang pada bagian Unknown Source atau Sumber Tidak Dikenal
  • Apabila sudah, Anda dapat mencoba melakukan instalasi kembali pada sebuah aplikasi
  • Setelah itu selesai.

Jika proses instalasi Anda telah berhasil, amak sebaiknya matikan opsi Sumber Tidak Dikenal. Pasalnya dengan mematikan, maka Anda tidak sembarangan menginstal aplikasi di luar Google Play Store.

Restart HP

Untuk cara mengatasi aplikasi tidak terpasang selanjutnya Anda dapat melakukan reboot system. Cara tersebut sebagai cara sederhana yang dapat Anda lakukan. Banyaknya kendala pada ponsel masih ringan ternyata dapat diatasi dengan melakukan restart HP.

Baca Juga »  Cara Membuat Tulisan Miring di Bio IG Tanpa Aplikasi Khusus

Dalam melakukan proses tersebut, semua aplikasi yang berjalan dapat terhenti sementara. Bukan hanya itu saja, adanya kemungkinan error yang sedang berlangsung bisa kembali seperti sedia kala. Untuk melakukan reboot system tentunya Anda telah mengetahuinya, Caranya mudah dengan menekan serta menahan beberapa saat pada tombol power di HP Android Anda. Selain itu, tap pilihan restart atau reboot system. Tunggulah beberapa waktu sampai HP menyala lagi.

Memeriksa Memori Internal

Sebenarnya, setiap aplikasi memiliki ukuran yang bervariasi. Sehingga Anda perlu mengetahui kapasitas penyimpanan sudah sesuai dengan aplikasi yang akan Anda install. Dalam hal ini biasanya tidak Anda sadari sebab tidak mengecek sisa ruang penyimpanan. Anda dapat memeriksa memori internal yang tersisa dengan menggunakan aplikasi File Manager. Nantinya Anda dapat melihat rincian dari kapasitas memori internal yang telah digunakan serta sisanya. Apabila sisanya masih sangat terbatas, lebih baik Anda menghapus file-file yang tidak penting.

Baca Juga »  5 Cara Memperbaiki Jaringan Telkomsel Paling Mudah Dilakukan

Memeriksa Versi Aplikasi

Cara mengatasi aplikasi tidak terpasang selanjutnya dengan cek versi Aplikasi. Sebuah Aplikasi dapat berjalan dengan lancar apabila kompatibel dengan menggunakan sistem yang terdapat di perangkat. Maka dari itu, Anda perlu memeriksa versi aplikasi yang akan Anda instal. Apakah aplikasi tersebut telah kompatibel dengan perangkat Android yang telah Anda gunakan. Apabila tidak sesuai, maka Anda perlu melakukan instal ke versi yang baru. Jika telah Anda sesuaikan aplikasi yang nantinya ingin diinstal sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Maka aplikasi tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.