Cara Mengaktifkan AdSense YouTube yang Harus Diketahui Kreator

Cara Mengaktifkan AdSense YouTube yang Harus Diketahui Kreator

Banyak yang sudah tau jika platform YouTube saat ini dapat menjadi ladang uang yang baru. Namun, tentunya sebelum dapat menghasilkan uang dari channelnya sendiri, para creator juga harus tau bagaimana cara mengaktifkan AdSense YouTube. Hal itu dikarenakan merupakan salah satu cara agar creator dapat mendapatkan uang dengan konten yang dibuatnya.

Lalu bagaimana cara mendapatkan hak AdSense YouTube yang menjadi sumber penghasilan banyak creator YouTube saat ini? AdSense sendiri dapat diaktifkan oleh para kreator jika memang creator mau kapan saja, asalkan channel yang dibuat telah memenuhi syarat. Kira-kira apa saja syarat dan cara mendapatkan AdSense YouTube? Simak penjelasannya dibawah ini.

Syarat dan Ketentuan Dalam Mendaftar AdSense YouTube

Sebelum mengetahui cara untuk mengaktifkan AdSense YouTube, pastinya para creator harus tau dulu mengenai syarat untuk dapat mengaktifkannya. Syarat ini sudah ditetapkan oleh pihak YouTube sendiri sehingga harus dipatuhi dan jika sudah memenuhi kriteria, para kreator dapat mengusulkan channel YouTubenya. Adapun beberapa syarat yang harus dipahami dibawah ini :

  • Akun channel telah terverifikasi. Pastikan akun yang dibuat sudah terverifikasi oleh pihak YouTube. Cara agar channel terverifikasi adalah dengan mengunggah video berdurasi panjang minimal 15 menit, maka YouTube akan otomatis meminta untuk memverifikasi akun. Creator dapat memilih metode yang digunakan untuk memverifikasi, umumnya menggunakan kode OTP yang dikirimkan ke nomor telepon.
  • Memiliki channel dengan minimal 1000 subscriber. Untuk mendapatkan 1000 subscriber bisa dibilang agak tricky. Creator harus dapat menghasilkan konten yang menarik dan paham sesuatu yang sedang booming atau viral di tengah masyarakat. Hal ini bertujuan agar menarik minat banyak orang untuk mengunjungi channel dan pada akhirnya menjadi subscriber
  • Memiliki channel dengan minimal 4000 jam tayang selama satu tahun terakhir. Syarat ini dapat dipenuhi jika para creator konsisten mengupload konten di channel Dengan banyaknya video yang diupload dan durasi yang agak lama, syarat jam tayang ini pasti akan terlewati dengan mudah dan cepat.
  • Menghindari hal-hal berbau spam. Dalam mengajukan AdSense tentu para creator tidak boleh melakukan komentar spam atau hal-hal lain yang termasuk ke dalam bentuk spam. Jika channel sudah terdata melakukan tindakan spam, pengajuan AdSense bisa ditolak oleh pihak YouTube.
Baca Juga »  9 Cara Menghasilkan Uang Dari Blog Yang Wajib Pemula Tahu

Tata Cara Mengaktifkan AdSense pada Channel YouTube

Setelah merasa telah memenuhi syarat, para creator boleh mencoba mendaftarkan akun atau channel YouTubenya untuk dapat mengambil AdSense YouTube. Cara mengaktifkan AdSense YouTube juga terbilang mudah, hanya perlu mengikuti tata cara yang akan dibahas di bawah ini. Ada setidaknya 5 cara yang dapat dilakukan agar sukses mendaftarkan AdSense seperti yang akan dibahas di bawah ini:

1. Masuk ke Channel YouTube yang Akan Didaftarkan AdSense

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah masuk ke channel menggunakan akun Google yang telah terdaftar di YouTube. Setelah berhasil masuk, creator dapat mengunjungi channelnya sendiri dengan klik icon profil dan setelah itu klik ‘Setting‘. Lalu klik ‘Creator Studio‘, hal ini mengarahkan ke dashboard channel YouTube. Pada channel klik ‘Other Features‘ dan pilih ‘Monetization‘.

Baca Juga »  Cara Jitu Daftar Adsense dengan Blog Seadanya

Setelah berhasil memilih menu Monetization, pengguna akan dibawa ke halaman YouTube Partner Program. Di halaman ini berisi syarat atau hal yang perlu dipenuhi untuk mendaftarkan channel untuk dapat diusulkan hak AdSensenya.

2. Menyetujui Aturan yang Diberikan Oleh YouTube Partner Program

Pada tahap ini creator akan ditunjukan syarat-syarat atau aturan yang diberikan pihak YouTube saat mengajukan AdSense. Aturan ini berlaku selama creator menggunakan YouTube Partner Program. Hal yang perlu dilakukan adalah creator dapat membaca syaratnya dan menyetujuinya dengan klik pada menu ‘I accept‘ yang berada di kanan bawah layar dan melanjutkan step berikutnya.

3. Menghubungkan Akun Youtube dengan AdSense

Pada langkah berikutnya, creator akan dipandu untuk membuat akun AdSense dan mengisi data diri termasuk alamat yang akan digunakan YouTube untuk mengirimkan AdSense. Setelah mengisi, klik ‘Create Account‘ dan setelah itu halaman akan kembali meminta beberapa informasi pengguna yang harus diisi dengan benar. Setelah itu klik ‘Submit‘ untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

4. Memilih Monetisasi

Tahap berikutnya dari cara mengaktifkan AdSense YouTube adalah monetisasi. Monetisasi bertujuan untuk mengatur posisi iklan yang akan ditampilkan saat video diputar setelah pengajuan AdSense diterima. Creator dapat memilih menggunakan tipe tampilan iklan. Setidaknya ada 4 pilihan tipe iklan yang berbeda yaitu Skippable Video Ads, Sponsored Cards, Overlay Ads, dan Display Ads.

Baca Juga »  Template Wordpress Untuk Adsense Yang Recomended

Cara mengaktifkannya hanya tinggal klik start pada set ‘Monetization Preference‘ lalu memilih setidaknya satu tipe iklan atau dapat menggunakan semuanya. Namun, jika ingin memilih semua, pastikan jangan lupa aktifkan ‘Monetize All Existing and Future Video’.

5. Menunggu Hingga Pengajuan Disetujui Pihak Youtube

Pada langkah terakhir setelah semua cara di atas sudah dilakukan, hal terakhir yang dapat dilakukan adalah menunggu review atau persetujuan dari YouTube. Pada tahap ini creator dapat berusaha mengembangkan channelnya agar dapat diusulkan dengan cepat. YouTube akan menyampaikan keputusan final perihal pengajuan AdSense ke E-mail setelah meninjau channel dalam hitungan hari ataupun bulan.

Itu dia syarat dan cara mengaktifkan AdSense YouTube yang wajib diketahui oleh creator lama maupun baru yang ingin menghasilkan uang di YouTube. Pastikan sebelum mengajukan AdSense, semua syarat sudah terpenuhi dengan baik, sehingga proses yang dibutuhkan untuk mendapatkan AdSense juga cepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.