Cara Menangani Laptop Terkena Air, Jangan Panik! (unsplash.com)
Cara Menangani Laptop Terkena Air, Jangan Panik! (unsplash.com)

Cara Menangani Laptop Terkena Air, Jangan Panik!

Laptop terkena air tentunya bisa menjadi masalah yang cukup serius dan harus dihindari karena bisa berdampak buruk untuk laptop. Akibatnya, laptop bisa saja mati sehingga data-data di dalamnya tidak bisa diakses.

Bayangkan saja jika data tersebut penting dan Anda tidak bisa membukanya kembali karena laptop rusak akibat air. Belum lagi jika ada komponen laptop yang rusak dan harus diganti sehingga bisa memakan biaya yang lumayan. Karena itu, sebisa mungkin Anda harus menghindari kemungkinan laptop tersiram air.

Cara Menangani Laptop Terkena Air

Ada banyak kemungkinan yang bisa membuat laptop kena air. Misalnya yaitu kebiasaan menyimpan minuman di dekat laptop bahkan tepat di sampingnya. Minuman tersebut bisa saja tersenggol hingga jatuh dan airnya pun menyiram laptop. Selain itu, jika Anda juga makan ataupun minum di dekat laptop bisa saja minuman jatuh dan membasahi laptop. Karena itu, sebisa mungkin jangan menyimpan atau minum minuman di dekat laptop.

Baca Juga »  Ini 7 Aplikasi Ekstrak RAR Online Paling Bagus Dan Mudah Digunakan

Selain itu, ada kemungkinan lain yaitu laptop basah karena air yang menetes dari atap yang bocor saat hujan. Untuk menghindarinya Anda harus menyimpan laptop di tempat yang aman dan kering. Nah, jika Anda sedang mengalami masalah laptop tersiram air jangan panik dulu, Anda bisa mencoba cara mengatasinya sendiri di rumah. Di bawah ini adalah langkah yang bisa Anda aplikasikan:

1. Cabut Kabel Charger dan Matikan Laptop

Cara pertama yang bisa Anda lakukan yaitu cabutlah kabel charge jika laptop memang sedang di cas. Setelah itu, segera matikan laptop dengan cara biasa agar tidak terjadi korsleting.

Hal tersebut penting dilakukan karena laptop terkena air akan menghantarkan listrik yang lebih tinggi dan mengakibatkan setruman yang bisa berakibat buruk untuk komponen utama. Jika laptop langsung mati setelah tersiram air, maka jangan sambungkan kabel charger dan jangan coba-coba menyalakan laptop dengan tombol power.

Baca Juga »  Cek Cara Reset Laptop Hp Windows 10, Solusi Laptop Lamban Tanpa Kehilangan Data

2. Lepaskan Hardware Eksternal

Selain mematikan laptop Anda juga harus melepas semua hardware eksternal yang masih terpasang pada laptop. Misalnya yaitu mouse, headphone, hardisk eksternal, flashdisk, dan lain sebagainya. Hal ini perlu Anda lakukan agar hardware eksternal yang terhubung ke laptop tidak konslet atau rusak.

3. Letakkan Laptop dalam Posisi Terbalik

Selanjutnya Anda bisa meletakkan laptop dalam posisi terbalik. Cara ini bertujuan untuk mengeluarkan air yang terlanjur masuk ke dalam bodi laptop. Jangan lupa untuk mengelap air yang keluar agar segera kering. Ketika laptop terbalik, Anda bisa memeriksa bagian seperti lubang kabel USB, Charger, kamera, layar, dan bagian lainnya. Gunakan cotton bud atau kapas untuk menarik air dalam bagian tersebut.

4. Letakkan Laptop di Atas Handuk Kering

Setelah membalik laptop, Anda bisa meletakkannya di atas handuk kering agar jika ada air yang merembes dari bawah laptop langsung bisa terserap handuk.

Baca Juga »  Mudah dan Cepat, Berikut Ini 5 Cara Restart Laptop dengan Keyboard!

5. Kubur di dalam Beras

Sama seperti menangani HP terkena air, Anda juga bisa mengubur laptop terkena air dalam beras. Beras bisa membantu menyerap air dan mengeringkan laptop. Kubur selama beberapa jam hingga sekiranya laptop kering.

6. Bawa ke Reparasi

Jika Anda sudah melakukan berbagai cara yang telah disebutkan sebelumnya namun laptop tak kunjung membaik maka Anda bisa membawanya ke tempat reparasi. Bisa saja laptop Anda mengalami kerusakan yang lumayan parah sehingga memerlukan penanganan lebih lanjut lagi.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi laptop terkena air yang bisa Anda terapkan. Semoga cara ini bisa membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.