Cara Memperbanyak Viewer Youtube bagi Pemula

Youtuber pemula mungkin memulai karirnya dengan harapan dapat terkenal seperti kreator-kreator idolanya. Tentunya mereka ingin videonya ditonton banyak orang agar bisa menghasilkan. Untuk itulah artikel hadir menyediakan beberapa cara memperbanyak viewer Youtube yang paling efektif bagi Youtuber pemula.

Ketika berbicara mengenai konten digital, termasuk video Youtube, ada cukup banyak faktor yang mempengaruhi. Apalagi sekarang, dimana hampir semua orang berlomba-lomba menjadi konten kreator. Persaingan pun menjadi semakin ketat dan susah ditembus. Namun jangan patah semangat terlebih, Youtuber pemula bisa mempelajari dan menerapkan cara-cara di bawah ini guna meningkatkan viewer videonya, diantaranya:

1. Perhatikan Tren Masyarakat

Di dalam dunia digital, perubahan tren berlangsung sangat cepat dan intens. Sebagian besar pengguna internet biasanya tidak ingin ketinggalan informasi atau tren yang sedang populer. Manfaatkan kesempatan ini untuk menggaet viewers video Youtube dengan membuat konten-konten berdasarkan trend yang sedang ramai dibicarakan.

2. Belajar SEO dan Lakukan Optimasi Keywords

Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah trik yang digunakan agar situs dan konten di dalamnya mudah ditemukan oleh mesin pencari. Sedangkan keywords atau kata kunci adalah sebuah kata atau gabungan kata yang biasanya digunakan orang pada mesin pencari. Dengan menerapkan SEO dan melakukan optimasi keywords pada video, niscaya orang akan lebih mudah menemukannya sehingga besar kemungkinan viewers akan bertambah.

3. Buat Judul dan Thumbnail yang Menarik

Meskipun sebuah video Youtube sudah ramah SEO dan memiliki kata kunci yang tepat hingga masuk ke daftar teratas pencarian. Belum tentu video tersebut akan mendapat banyak viewers.

Maka dari itu, penting untuk membuat judul dan thumbnail video yang menarik serta mengundang rasa penasaran orang ketika melihatnya. Namun, jangan sampai judul dan thumbnail menjadi misslead atau clickbait yang justru akan menghilangkan minat serta kepercayaan penonton.

4. Manfaatkan Fitur Cards dan End Screens

Youtube menyediakan fitur Cards dan End Screen yang dapat dimanfaatkan pembuat konten untuk menyarankan video-video lain dalam kanal yang relevan. Cara memperbanyak viewer Youtube yang satu ini biasanya cukup efektif.

Hal ini dikarenakan orang cenderung penasaran dengan konten-konten lain yang ada di dalam sebuah kanal. Cobalah masukkan video-video yang relevan dengan video yang akan diberi fitur Cards dan End Screen ini.

5. Promosikan Video

Apa yang harus dilakukan seorang pedagang untuk membuat produknya laku? Promosi. Seorang kreator konten Youtube bisa disamakan dengan pedagang yang harus melakukan promosi agar videonya laku ditonton. Cara promosi yang paling sederhana adalah dengan membagikan tautan video ke berbagai media sosial. Gunakan kalimat yang menarik sebagai pengantar agar orang menjadi penasaran.

6. Jaga dan Tingkatkan Kualitas Kanal

Seorang Youtuber sukses, biasanya sudah memiliki penonton setia yang tidak lagi mempertimbangkan judul, thumbnail, dan hal-hal lainnya. Asal ada video baru yang diunggah, para penonton setia ini akan dengan sukarela menontonnya.

Hal ini dapat diperoleh berkat kepercayaan terhadap si pemilik kanal yang selalu menyajikan konten-konten berkualitas bagus yang sesuai minat penonton. Untuk itu, coba jaga dan tingkatkan kualitas kanal, termasuk di dalamnya kualitas video dari segi konten dan editing, interaksi dengan penonton, susunan playlist, dll.

Demikian beberapa cara memperbanyak viewer Youtube yang dapat dilakukan. Tentunya masih banyak cara lain yang dapat diusahakan dalam hal ini. Akan tetapi daftar di atas merupakan beberapa poin utama yang dinilai paling efektif, terutama bagi Youtuber pemula yang masih harus berproses. Selain itu kesabaran dan ketelatenan juga menjadi kunci penting untuk ini.