Cara Memperbaiki Keyboard yang Error Tanpa Pergi ke Pusat Reparasi

Cara Memperbaiki Keyboard yang Error Tanpa Pergi ke Pusat Reparasi

Keyboard merupakan komponen utama komputer yang memiliki peranan sangat penting. Hampir semua aktivitas pengguna komputer selalu membutuhkan keyboard, sayangnya komponen satu ini cukup rawan kerusakan. Terdapat cara memperbaiki keyboard yang error tanpa pergi ke pusat reparasi.

Kerusakan pada keyboard sangat beragam, mulai dari beberapa tombol yang tidak bekerja dengan semestinya, hingga eror total di mana semua tombol kehilangan fungsinya. Berikut adalah 7 cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi keyboard PC/laptop yang rusak:

1. Periksa Num Lock

Salah satu penyebab utama yang paling sering menjadikan keyboard tidak bekerja dengan semestinya adalah ketidaksengajaan pengguna mengaktifkan Num Lock. Num Lock merupakan sebuah fitur untuk mengubah fungsi tombol-tombol keyboard. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menekan kombinasi tombol keyboard tertentu. Untuk itu, saat keyboard error cobalah menekan tombol Fn + NumLk terlebih dahulu guna mematikan Num Lock.

2. Periksa Driver Keyboard

Saat menginstal software, terkadang pengguna tidak teliti hingga menyebabkan perangkat terserang virus. Jika virus tersebut sampai menyerang driver, maka tak ayal keyboard menjadi error. Periksa kemungkinan ini dengan membuka menu “Device Manager”.

Baca Juga »  Cara Install Windows 7, 8,10 Pakai Flashdisk

Jika pada submenu Keyboard terdapat tanda peringatan berupa segitiga kuning, bisa dipastikan ada masalah dengan driver. Jika demikian, silahkan instal driver terbaru dari situs resmi merek perangkat.

3. Periksa Pengaturan Keyboard

Beberapa jenis PC/laptop menyediakan fitur-fitur khusus guna memberi pelayanan terbaik sesuai kebutuhan masing-masing pengguna. Salah satu contohnya adalah fitur “Repeat Delay” yang jika diatur terlalu cepat akan menyebabkan keyboard seolah ditekan berkali-kali saat sebenarnya hanya satu kali.

Periksa pengaturan tersebut dengan membuka menu “Control Panel” > “Ease of Access”. Lalu klik pada tulisan “Make the keyboard easier to use” dan pilih “Set Up Filter” > “Uncheck All”.

4. Restart PC/Laptop

Restart selalu menjadi pilihan solusi atas berbagai masalah yang bisa menyerang perangkat komputer. Jika langkah-langkah di atas belum berhasil mengembalikan fungsi keyboard seperti sedia kala, maka tidak ada salahnya mencoba restart untuk memperbaiki sistem keseluruhan.

Baca Juga »  Begini Cara Screenshot Laptop/Komputer Tanpa Aplikasi

5. Bersihkan Keyboard

Penyebab kerusakan keyboard yang sepele namun sering diabaikan adalah debu dan kotoran. Pada keyboard terdapat celah-celah yang memungkinkan debu atau kotoran kecil masuk. Jika dibiarkan menumpuk terlalu lama, maka hal ini dapat mengacaukan fungsi keyboard.

Untuk itu, membersihkan keyboard dapat menjadi salah satu cara memperbaiki keyboard yang error pada PC/laptop. Coba untuk membersihkan permukaan, sela-sela, hingga ke bagian dalam.

6. Periksa Konektor Keyboard

Jika tidak ada yang salah dengan sistem, dan tidak ada masalah dengan debu atau kotoran, kemungkinan selanjutnya ada pada konektor keyboard. Konektor mungkin saja terlepas, renggang, atau malah rusak. Untuk melakukan ini, keyboard perlu dibongkar terlebih dahulu. Ada pun cara selengkapnya dapat dicari di Google atau Youtube.

Baca Juga »  Pengertian Power Supply, Jenis, Cara Kerja dan Fungsinya

7. Lakukan Restorasi Sistem

Terakhir, jika setelah mencoba semua cara namun tetap tidak berhasil, coba lakukan system restore. Caranya sederhana saja, dengan membuka menu “Start” kemudian cari “Recovery” > “System Restore”. Langkah ini akan mengatasi segala masalah yang ada pada perangkat komputer, namun juga memungkinkan terhapusnya data-data. Jadi, pastikan melakukan back up terlebih dahulu sebelum system restore.

Demikian beberapa cara memperbaiki keyboard yang error untuk pengguna awam tanpa harus datang ke pusat reparasi komputer. Cara-cara di atas dapat dicoba satu persatu dari yang paling sederhana dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.