Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus yang Error untuk Pengguna

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus yang Error untuk Pengguna

Bagi sebagian pemilik laptop, khususnya asus, pasti pernah mengalami masalah pada bagian laptopnya yaitu keyboard. Padahal, keyboard tersebut merupakan salah satu komponen penting yang menyusun fungsi laptop. Lantas bagaimana jika keyboard  bermasalah? Jangan khawatir, dalam tulisan ini akan membahas cara memperbaiki keyboard laptop asus yang error untuk referensi.

Tanpa adanya keyboard atau misalnya keyboard sedang rusak, fungsi laptop tentunya akan bermasalah. Sebenarnya dalam laptop asus di operating sistem disediakan fitur keyboard tambahan. Namun, tetap saja hal tersebut kurang efektif. Apalagi jika kebutuhan mengetik cukup mendesak. Untuk lebih jelasnya, berikut cara mengatasi keyboard laptop asus yang sedang bermasalah:

1. Merestart Laptop

Restart laptop yakni cara memperbaiki keyboard laptop asus yang error pertama yang bisa dilakukan pengguna. Sebelumnya, pengguna telah memakai banyak memori sehingga akan memperlambat sistem pada laptop asus. Ketika pengguna melakukan restart ulang, sistem pada laptop asus akan dikembalikan ke kondisi awal. Merestart laptop juga bisa mengembalikan settingan yang mulanya salah. Itulah mengapa mereset ulang laptop juga perlu.

Baca Juga »  Simak Cara Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa

2. Check Tombol Num Lock

Selain kerusakan karena faktor internal, keyboard juga bisa karena pengguna sendiri. Masalah ini cukup umum terjadi, pengguna dengan tidak sengaja menekan sebuah tombol di keyboard yaitu Num Lock. Ketika tombol ini aktif, karakter pada keyboard yang ditiup tidak akan sesuai pada layar. Agar normal kembali, pengguna bisa menekan “Caps Lock and Num Lock”

3. Pengecekan pada Driver

Langkah ini bisa digunakan referensi pengguna ketika keyboardnya sedang bermasalah. Ada beberapa kemungkinan driver bisa rusak. Driver rusak bisa karena laptop terserang virus. Saat pengguna menginstall suatu aplikasi atau file dari internet yang ilegal, biasanya akan membawa virus. Oleh karena itu, pengguna bisa update atau install lagi drive-nya.

4. Update Windows

Cara memperbaiki keyboard keempat yakni dengan mengupdate windows. Sebenarnya, apa fungsi dari windows? Fungsi dari windows sendiri yakni untuk membersihkan atau memperbarui sistem, termasuk hal yang mengganggu kerja keyboard. Lantas, bagaimana cara update windows? Berikut ulasan cara mengupdate windows yang bisa dijadikan referensi bagi pengguna:

  • Pengguna mengaktifkan data atau koneksi internet.
  • Pilih menu start atau “mulai”.
  • Selanjutnya, pilih setting atau pengaturan.
  • Arahkan kursor atau tombol ke “update and security”.
  • Masuk pada menu “windows update”. Jika laptop meminta untuk update, pada menu ini pasti akan tersedia tulisan “update”.
  • Ikuti langkah selanjutnya hingga selesai.
Baca Juga »  Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam Saat Dinyalakan, Coba Ini!

5. Restore Windows

Langkah ini yaitu cara memperbaiki keyboard laptop asus yang error kelima bagi pengguna. Kegunaan dari restore ini yakni untuk mengembalikan suatu sistem yang rusak atau bermasalah. Biasanya keyboard yang bermasalah disebabkan pengguna yang baru saja install aplikasi atau file illegal dari internet. File atau aplikasi tersebut bisa merusak kinerja laptop.

6. Opsi Alternatif atau Membeli Keyboard yang Baru

Ketika cara-cara di atas belum bisa untuk mengatasi keyboard yang rusak, pengguna bisa mencoba cara yang keenam ini. Sebelum membeli yang baru, ada baiknya pengguna mencari informasi atau bertanya kepada orang yang berpengalaman mengenai keyboard. Jika tetap belum berhasil maka pilihan terakhir adalah membeli yang baru.

Baca Juga »  Mudah dan Cepat, Berikut Ini 5 Cara Restart Laptop dengan Keyboard!

Ulasan di atas adalah cara memperbaiki keyboard laptop asus yang error untuk referensi. Ketika keyboard laptop bermasalah maka jangan langsung panik. Cari solusi terbaik seperti yang sudah diuraikan di atas. Jangan ragu atau sungkan untuk bertanya kepada orang lain yang tau mengenai hal itu. Jika segala cara sudah dilakukan, maka solusi terakhir adalah dengan membeli baru.

Pencarian Popular

Virus keyboard mengetik sendiri Windows 10

Leave a Reply

Your email address will not be published.