cara memindahkan kontak ke akun google

Cara Memindahkan Kontak Ke Akun Google Untuk Pencadangan Pada Perangkat Android dan IOS

Sering kali pengguna yang memiliki handphone baru ingin memindahkan kontak dan data-data lainnya dari handphone lama ke yang baru, namun tidak mengerti caranya. Padahal untuk mengekspor data cukup dengan mencadangkannya pada Google. Cara memindahkan kontak ke akun Google tidak sulit. Pengguna hanya harus memperhatikan beberapa urutan yang tepat.

Google akan secara otomatis membuat cadangan data-data ke aplikasi Drive ataupun Gmail. Bisa dibayangkan betapa sulitnya memindahkan sejumlah kontak bila dilakukan secara manual satu per-satu. Karena itu Google memberikan ruang penyimpanan dan kemudahan akses bagi para penggunanya. Berikut merupakan cara untuk memindahkan kontak ke akun google:

Cara Memindahkan Kontak Pada Android

Pengguna dapat mengantisipasi hilangnya data dengan cara mengeksportnya ke aplikasi Gmail. Jika memindahkan kontak ke Gmail, Google juga akan menambahkan informasi-informasi seperti jabatan, nama panggilan, dan juga email. Cara memindahkan kontak ke akun Google pada android, pengguna dapat memperhatikan langkah-langkah berikut:

  • Sambungkan handphone pada jaringan internet. Hal pertama yang harus diperhatikan pengguna sebelum mengekspor adalah sambungan internet. Hubungkan android dengan jaringan yang stabil agar proses pemindahan kontak berhasil dan berjalan dengan lancar.
  • Buka aplikasi kontak. Bukalah aplikasi kontak yang tersedia pada perangkat android.
  • Klik tombol pengaturan. Selanjutnya tekanlah tombol pengaturan yang ber icon titik tiga di bagian kanan atas layar.
  • Klik menu eksport/import contact. Untuk mulai mengimpor kontak dari android ke dalam akun Google pengguna hanya perlu mengklik menu eksport/import lalu pilihlah “export to storage devices” pada bagian export contacts.
  • Pilih akun Google yang akan digunakan. Pastikan akun Google yang akan digunakan telah tersambung pada android yang akan digunakan untuk menyimpan daftar kontak yang akan dicadangkan.
  • Klik checklist. Tekanlah OK pada ikon checklist pada bagian kanan atas di kotak export contacts.
  • Tekan save. Selanjutnya untuk menyimpan kontak yang sudah diekspor klik save, jika telah berhasil dicadangkan akan muncul pesan melayang pada android yang bertuliskan “contacts have been exported.” Artinya semua data yang diekspor telah berhasil dicadangkan pada akun google.
Baca Juga »  Aplikasi Editor Video Terbaik dan Gratis untuk Android

Cara Memindahkan Kontak Pada Perangkat IOS

Cara kedua bagi pengguna handphone ataupun tablet yang menggunakan sistem perangkat IOS pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan cara memindahkan data kontak pada android. Langkah-langkah berikut merupakan cara mudah yang dapat dilakukan pengguna untuk mengekspor kontak ke akun Google:

  • Sambungkan handphone pada jaringan internet. Sama halnya dengan android, pada perangkat IOS pengguna juga harus menyambungkan koneksi internet jika ingin menyinkronkan ataupun mencadangkan data kontak pada akun Google.
  • Buka pengaturan. Bukalah aplikasi pengaturan/settings yang ada pada perangkat IOS.
  • Buka aplikasi contacts. Selanjutnya buka menu contacts yang terletak di bagian bawah menu Passwords & Accounts.
  • Import SIM contacts. Selanjutnya pilihlah opsi import SIM contacts yang terletak pada bagian paling bawah.
  • Pilih akun. Untuk mulai memindahkan kontak pilih akun Google yang akan digunakan, lalu tunggulah proses pemindahannya hingga selesai. Setelah selesai daftar kontak otomatis akan tersimpan pada akun Google yang digunakan untuk mencadangkan tersebut.
Baca Juga »  5 Cara Cek Ip Hp Untuk Berbagai Keperluan

Itulah tadi beberapa cara memindahkan kontak ke akun Google untuk pencadangan pada perangkat android dan IOS. Biasanya setelah melakukan pencadangan semua kontak akan otomatis tersimpan ke dalam akun Google. Jika ingin memindahkannya ke handphone baru pengguna hanya harus mensinkronkan akun yang digunakan untuk mencadangkan pada perangkat baru tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.