cara membuat tanda tangan di wps office android

Cara Membuat Tanda Tangan di WPS Office Android dengan Cepat

Layanan tanda tangan di WPS Office premium yang tersedia di Android sangat memudahkan penggunanya dalam hal pembuatan tanda tangan digital. Hanya menggunakan HP, kini pengguna WPS Office tidak perlu lagi susah payah mengedit tanda tangan atau melakukan scan tanda tangan. Ingin tahu cara membuat tanda tangan di WPS Office Android? Ini dia caranya!

1. Install WPS Office

Unduh aplikasi melalui Play Store dengan cara mengetikkan “WPS Office Premium” pada kolom pencarian dan tab salah satu opsi yang dimunculkan. Jika sudah ditemukan hasilnya, tab opsi “install” pada kotak berwarna hijau yang muncul di layar, tunggu sampai proses install selesai.

2. Buka Dokumen

Buka file PDF atau Word, atau jenis file lain yang akan ditambahkan tanda tangan di dalamnya, Caranya, buka aplikasi WPS Office yang telah terinstall di Android, kemudian cari menu buka. Nantinya, akan muncul berbagai jenis file yang di antaranya adalah doc, xls, txt, ppt, pdf, dan jenis file lain.

Baca Juga »  Trik Jitu Cara Memindahkan Saldo Penjual ke ShopeePay

Jika pengguna memilih file pdf, akan muncul tampilan daftar file PDF di layar, file yang dimaksud bisa dicari dengan mudah. Selain itu, WPS Office juga bisa digunakan untuk mengolah data dan membuat file baru menggunakan fitur yang disediakan dari sana.

3. Sisipkan Tanda Tangan

Cara membuat tanda tangan di WPS Office Android berikutnya, yaitu dengan menyisipkan TTD sesuai jenis file. Setelah file yang dimaksud terbuka (PDF/ word), tab opsi “alat” dan ikuti petunjuk yang sesuai dengan jenis dokumennya, misal PDF. Tambahkan tanda tangan pada file PDF dengan cara, tab alat, tab opsi anotasi, tab opsi tanda tangan, dan buat TTD.

Namun, apabila dokumen yang akan disisipi tanda tangan merupakan file dalam bentuk “word” setelah tab opsi alat, cari opsi lihat. Jika sudah ketemu menunya, tab opsi lihat dan dilanjutkan dengan tab opsi tanda tangan, dan selanjutnya langsung buat TTD.

Baca Juga »  Inilah Cara Mengatasi Bluetooth Laptop Tidak Terdeteksi Windows 10

4. Gambar/ Tulis TTD

Untuk kedua jenis file, jika sudah sampai tahap “membuat tanda tangan”, selanjutnya akan muncul kotak putih untuk menggambar tanda tangan. Dalam kotak tersebut pengguna dapat menggambar atau menuliskan tanda tangan yang sesuai dengan keinginan dan pilih ketebalan garis serta warna.

Jika tanda tangan yang dibuat dirasa sudah sesuai dengan keinginan, silahkan tab opsi “selesai” untuk menyimpan tanda tangan yang dibuat. Jangan langsung tutup aplikasi, karena akan ada kelanjutan proses yang harus dilakukan agar tanda tangan dapat tampil di dalam dokumen.

5. Sesuaikan Ukuran & Posisi Tanda Tangan

Proses belum berakhir, usai membuat tanda tangan dan menyimpannya, masih ada hal yang harus dilakukan oleh pengguna WPS Office premium. Pengguna harus melakukan pengaturan posisi letak tanda tangan agar tertatap rapi dan sesuai dengan yang dikehendaki. Untuk mengatur tata letak, hanya cukup dengan menarik titik batas yang ada pada setiap sudut tanda tangan yang telah dibuat.

Baca Juga »  Aplikasi Streaming Musik Terbaik Paling Recommended

Jika letak posisi tanda tangan sudah sesuai, silahkan simpan file tersebut dan tutup aplikasi, kemudian gunakan file sesuai dengan kebutuhan. Bagaimana, simpel bukan? cukup dengan menggambar model tanda tangan di atas layar ponsel kemudian mengatur posisi dan ukurannya, tanda tangan selesai. Pengguna tidak perlu lelah scan tanda tangan atau mengedit menggunakan aplikasi  yang cukup menguras waktu dan pikiran.

Itulah cara membuat tanda tangan di WPS Office Android yang mudah, anti ribet, dan bisa langsung dipraktekkan sekarang juga. Sekadar informasi, selain bisa menambahkan tanda tangan, melalui WPS Office, pengguna juga bisa menambahkan keterangan waktu ketika TTD dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.