Cara Membuat Bot di Telegram untuk Pengguna Awam

Cara Membuat Bot di Telegram untuk Pengguna Awam

Para pengguna Telegram mungkin sudah sering memanfaatkan bot, misalnya sebagai game master atau untuk sekedar iseng saat membutuhkan “teman chat”. Bot Telegram sendiri merupakan sebuah akun rekayasa yang tidak dikendalikan oleh manusia. Cara membuat bot di telegram memang menjadi salah satu hal yang banyak dicari oleh pengg

Bot Telegram dapat dibuat dengan proses coding oleh programmer. Namun, seiring berkembangnya teknologi, kini sudah ada tools yang menyediakan fitur pembuatan bot Telegram secara mudah. Oleh karena itu, pengguna awam yang tidak paham bahasa pemrograman pun dapat membuat bot Telegram rancangannya sendiri. Berikut beberapa cara yang dapat digunakan dalam membuat bot di telegram:

1. Membuat Bot dengan BotFather

Di dalam Telegram ada sebuah bot resmi bernama BotFather yang memiliki fungsi untuk menciptakan bot-bot baru. Berikut tata cara membuat bot menggunakan BotFather:

  • Buka aplikasi Telegram dan cari channel @BotFather atau kunjungi tautan https://t.me/botfather.
  • Ketikkan tanda garis miring atau klik langsung pada command [/] yang tersedia di bagian bawah.
  • Pilih menu “/new bot create new bot” untuk mulai pembuatan bot baru.
  • Isikan data-data bot sesuai yang dikehendaki berupa nama dan username. Nama bot adalah nama biasa yang akan ditampilkan, sedangkan username adalah nama unik yang berguna untuk menemukan sebuah bot atau channel Telegram yang harus diakhiri dengan kata “bot”. Contoh, nama bot: Bot Father, username: bot_father_bot.
  • Setelah selesai, pengguna akan menerima sebuah token API yang berupa kode gabungan alphanumerik.
Baca Juga »  Wajib Anda Lakukan! Ternyata Ini 6 Cara Mengatasi Memori Hp Penuh

2. Mengonfigurasi Token API

Setelah melakukan langkah membuat bot menggunakan BotFather di atas, pengguna harus melakukan konfigurasi token API ke Manybot. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengikuti langkah di bawah ini:

  • Salin kode token API yang diperoleh dari BotFather.
  • Kemudian kembali ke halaman utama Telegram untuk menuju channel bot Manybot. Pengguna bisa langsung menuliskan @Manybot di kolom pencarian atau dengan membuka tautan https://t.me/Manybot.
  • Kirimkan kode token ke Manybot. Maka, akan ada notifikasi bahwa bot baru berhasil dibuat.
  • Selanjutnya akan ada pilihan untuk mengetes bot dengan opsi klik tautan username. Namun jika tidak ingin melakukannya, pengguna bisa memilih menu “/skip” untuk melewati tes bot tersebut.
Baca Juga »  Inilah 5 Aplikasi Penghasil Uang Resmi OJK yang Wajib Diketahui

3. Mengonfigurasi Bot

Konfigurasi merupakan tahapan yang penting dalam proses membuat bot di Telegram. Pada tahapan ini pengguna bisa membuat setting bot sesuai fitur-fitur yang dikehendakinya. Ada pun masing-masing tipe bot akan memiliki aturan konfigurasi yang berbeda. Mengenai cara selengkapnya, pengguna bisa membuka tutorial di Google dan Youtube saja.

4. Melakukan Uji Coba Bot

Jika pada langkah sebelumnya bot hanya dites fungsi dasarnya saja, setelah proses konfigurasi bot perlu diuji coba kembali. Coba semua fitur yang telah ditambahkan pada bot secara mendetail. Jika ternyata masih ada kekurangan atau kesalahan sistem, proses konfigurasi bisa diulang.

5. Mengintegrasi Bot dengan Channel

Hal terakhir yang perlu dilakukan dalam tata cara membuat bot di Telegram adalah melakukan integrasi bot dengan channel. Hal ini bertujuan agar bot yang telah dibuat bisa lebih mudah ditemukan dan dikenal orang. Adapun rincian caranya sebagai berikut:

  • Buka channel yang ingin diintegrasikan dengan bot.
  • Pada kolom “Member” klik opsi “Administrator” > “Add Administrator”.
  • Cari nama bot yang dimaksud lalu pilih OK.
Baca Juga »  5 Cara Memperbaiki Jaringan Telkomsel Paling Mudah Dilakukan

Demikianlah cara membuat bot di Telegram yang mudah dan simpel tanpa perlu belajar coding. Cara-cara yang disampaikan, memang ditujukan bagi pengguna awam yang ingin memiliki bot Telegram buatannya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.