Cara Membuat Analisa Swot Bisnis Beserta Pengertian Dan Manfaatnya

Cara Membuat Analisa Swot Bisnis Beserta Pengertian Dan Manfaatnya

Salah satu ilmu dasar yang dipelajari di dunia bisnis adalah analisa SWOT bisnis. Proses analisis SWOT ini biasa dilakukan saat akan membuat perencanaan sebuah bisnis bagi pemula. Bagi para pemula yang baru mencoba memulai bisnis, kenali dulu pengertian, manfaat dan cara membuat analisis SWOT di bawah ini:

Pengertian Analisis SWOT Bisnis

Pertama-tama mari bahas dulu tentang pengertiannya karena beberapa orang yang tidak pernah belajar dan bisnis mungkin masih asing dengan kata ini. Analisa SWOT bisnis adalah sebuah metode untuk merencanakan strategi bisnis dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bisnis.

Jadi, ada empat komponen penting tersebut akan dianalisis untuk menemukan strategi pemasaran bisnis yang paling tepat. Lalu kapan harus melakukan analisis SWOT ini? Bagi pemula tentunya analisis ini bisa dilakukan saat ingin membuat rencana bisnis. Jadi sebelum mewujudkan bisnis yang nyata, coba buat dulu analisis SWOT.

Selain pemula, pemilik bisnis juga harus melakukan analisis SWOT secara berkala, usahakan untuk membuat analisis setiap 3 atau 6 bulan kedepan. Hal ini dilakukan untuk melakukan evaluasi terhadap strategi dan perkembangan bisnis.

Baca Juga »  Mengenal Peluang dan Resiko Usaha Rongsokan yang Wajib Diketahui

Manfaat Analisis SWOT Bisnis

Dari penjelasan sebelumnya bisa dikatakan bahwa analisis SWOT ini cukup berperan penting. Ada beberapa manfaat yang didapatkan setelah melakukan analisis SWOT ini. Berikut ini adalah sedikit penjelasan tentang manfaat dari membuat analisis SWOT:

1. Untuk Menyelesaikan Pokok Permasalahan Bisnis

Salah satu manfaat menerapkan analisis SWOT adalah untuk menyelesaikan permasalahan bisnis. Contohnya adalah kurang kuatnya strategi marketing dan kuatnya persaingan dengan bisnis lainnya. Hal ini bisa diselesaikan dengan menganalisis poin kekurangan dan ancaman. Setelah mengetahui kekurangan dan ancaman untuk bisnis, sebaiknya diskusikan cara yang tepat untuk mengatasi kekurangan dan ancaman tersebut.

2. Untuk Merancang Strategi Perkembangan Produk

Manfaat lainnya adalah untuk merencanakan strategi pengembangan produk yang tepat. Hal ini juga bisa dilakukan dengan melakukan evaluasi terhadap kekurangan produk beserta kelebihan produk dari pesaing bisnis. Setelah melakukan evaluasi produk dengan analisis SWOT, segera buat perencanaan untuk mengembangkan produk yang tidak kalah dari perusahaan lainnya.

Baca Juga »  Inilah 5 Peluang Usaha di Batam yang Menjanjikan

3. Menghindari Kerugian

Melakukan analisis SWOT ini juga bisa membantu sebuah perusahaan atau bisnis untuk menghindari kerugian. Dengan melakukan analisis SWOT ini penjual jadi bisa mewaspadai ancaman dari bisnis lain dan juga kekurangan dari bisnis yang sedang dijalani. Jadi, sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, penjual bisa merancang strategi baru untuk mengatasinya.

Cara Membuat Analisis SWOT Bisnis

Setelah mengetahui pengertian dan juga manfaat dari melakukan analisis SWOT saatnya mengetahui cara untuk membuatnya. Cara membuat analisis SWOT ini terbilang cukup sederhana, tapi harus dianalisis dengan memperhatikan lawan bisnis dan juga performa bisnis yang sedang dijalani. Berikut ini cara untuk membuat analisis SWOT bisnis:

  • Tentukan kelebihan dan peluang bisnis yang sedang dijalankan. Perhatikan juga faktor internal seperti SDM, keuangan, dan bahan baku.
  • Buatlah peluang bisnis dengan memperhatikan faktor eksternal seperti tren pasar, produk yang serupa, dan keadaan ekonomi.
  • Tentukan ancaman bisnis dengan memperhatikan kompetitor. Cobalah bandingan produk dengan kompetitor bisnis lainnya. Jangan lupa juga untuk memperhatikan strategi marketing yang dilakukan kompetitor.
  • Diskusikan empat elemen SWOT tersebut dengan tim bisnis.
  • Gabungkan empat elemen tersebut untuk menentukan inovasi dan perkembangan yang harus dilakukan untuk bisnis yang sedang dijalankan.
Baca Juga »  Memulai Usaha Kargo Tanpa Modal di Multi Kurir

Itulah sedikit pembahasan tentang analisa SWOT bisnis mulai dari pengertian, manfaat dan cara membuatnya. Meskipun terlihat sederhana dan biasanya saja, analisis ini bisa dijadikan strategi untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik. Dengan melakukan analisa SWOT ini, pemilik bisa terus melakukan evaluasi dan inovasi demi perkembangan bisnis yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.