Cara Memblokir Youtube di Iphone dan Android

Cara Memblokir Youtube di Iphone dan Android

Aneka ragam konten video dari seluruh dunia bisa diakses di aplikasi YouTube. Namun, banyak juga orang yang terganggu dengan ponsel mereka karena ada aplikasi YouTube di dalamnya sehingga mereka memutuskan untuk memblokirnya. Akan tetapi mereka bingung bagaimana caranya. Padahal ada cara memblokir YouTube di iPhone dan Android yang mudah dilakukan.

Banyak yang merasa bahwa YouTube sebagai salah satu media sosial yang membuat candu penggunanya. Karena aneka ragam konten yang tersedia dan pengguna bisa memilih mana yang disukai, terkadang ini bisa mengganggu aktivitas juga dengan terus menerus menonton YouTube. Oleh karena itu memblokir YouTube diperlukan, berikut caranya:

1. Di iPhone

Pengguna iPhone saat ini sudah cukup banyak. Meski harganya yang terlampau mahal, iPhone tetap memiliki peminat. Bagi pengguna yang sudah terlanjur mengunduh aplikasi YouTube dan merasa takut aktivitasnya terganggu dengan aplikasi kotak merah ini, cara ini cocok untuk dilakukan.

Baca Juga »  5 Antivirus Terbaik Untuk Android Yang Wajib Diinstal

Cara memblokir YouTube yang satu ini diharuskan untuk menghapus aplikasi YouTube kemudian setelah dihapus, aplikasi YouTube bisa diblokir untuk dipasang kembali di iPhone. Jadi, walau sudah dihapus, aplikasi tak dapat lagi diunduh untuk dipasang kembali.

Berikut ini caranya:

  • Sentuh dan tahan jari pada aplikasi YouTube.
  • Lepaskan jari ketika aplikasi bergoyang.
  • Tekan ikon “X” atau “-“ di pojok kiri atas ikon.
  • Tekan delete untuk menghapus aplikasi ketika diminta.
  • Pergi ke Settings.
  • Pilih Screen Time atau Waktu layar, jika belum diaktifkan bisa diaktifkan dahulu.
  • Pilih menu Content & Privacy Restrictions atau Pembatasan konten dan privasi, jika belum aktif maka aktifkan dahulu.
  • Tekan menu iTunes & App Store Purchases atau Pembelian Itunes dan App Store.
  • Pilih Installing Apps atau instal aplikasi kemudian pilih not allowed atau tidak diperbolehkan.

Setelah melakukan proses di atas otomatis aplikasi App Store menjadi tidak tersedia, sehingga pengguna tidak lagi bisa mengunduh aplikasi baru apa pun. Untuk menghilangkan fitur ini, silakan lakukan hal yang sama seperti di atas (mulai dari Langkah pergi ke Settings) kemudian pada Install Apps diubah menjadi “mengizinkan”.

Baca Juga »  Cari Tahu Cara Cek E Toll di Hp Paling Praktis Ini, Tempel dan Ketahui Saldo!

2. Di Android

Berbeda dengan Iphone dimana pengguna bisa memutuskan untuk mengunduh atau tidak aplikasi Youtube ini, di Android aplikasi Youtube sudah terunduh dari pabrik ponsel asalnya sehingga pengguna tidak bisa menghapusnya dan memblokirnya dengan mudah. Hal ini membuat para pengguna tidak bisa bebas untuk memfilter aplikasi mereka.

Banyak pengguna Android bingung bagaimana cara memblokir Youtube sebab takut mengganggu aktivitas atau patut dimainkan anak-anak. Cara yang tersedia tidak benar-benar bisa menghapus atau memblokir aplikasi ini, sehingga diperlukan sedikit usaha baik dari fitur ponsel atau bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Hal ini setidaknya bisa lebih mengamankan dari anak-anak dan juga meminimalisir aktivitas dari gangguan.

Baca Juga »  Inilah Cara Mengatasi Waktu Koneksi Ke Server Habis Di YouTube

Berikut ini cara memblokirnya:

  • Pergi ke Settings.
  • Pilih menu Apps.
  • Cari info aplikasi Youtube lewat fitur search.
  • Pilih disable.
  • Aplikasi Youtube hilang dari ponsel.

Dengan melakukan Langkah-langkah di atas, maka aplikasi Youtube hilang dari ponsel pengguna sehingga pengguna tidak lagi terganggu. Untuk mengaktifkannya kembali, pengguna tinggal pilih enable saja, kemudian pergi ke Google Play Store untuk membuka aplikasi sehingga bisa muncul kembali di ponsel.

Demikian Cara memblokir Youtube di Iphone dan Android. Diharapkan Langkah-langkah yang ditulis di atas bisa membuat pengguna tak lagi bingung bagaimana cara memblokir aplikasi Youtube sehingga tidak terganggu aktivitasnya akibat kecanduan menonton Youtube dan bisa menjadi keamanan juga dari tangan anak-anak yang ingin melihat Youtube.

Leave a Reply

Your email address will not be published.