Cara Membersihkan Speaker HP Oppo Paling Mudah dan Aman

Cara membersihkan speaker HP Oppo bisa Anda lakukan dengan mudah. Permasalahan pada speaker HP memang bisa mengakibatkan berubahnya suara yang keluar dari HP. Biasanya suaranya akan semakin pelan atau tidak jelas.

Permasalahan seperti ini bisa saja terjadi karena speaker HP Anda keadaan kotor. Hal seperti ini memang bisa menimpa untuk semua merk HP, termasuk salah satunya Oppo.

Saat menjumpai masalah seperti ini, maka hal yang perlu Anda lakukan yaitu dengan membersihkan bagian speaker HP dari kotoran dan debu yang menempel. Tujuannya, agar suara yang keluar dari speaker HP bisa menjadi lebih normal.

Ketahui Cara Membersihkan Speaker HP Oppo yang Benar

Jika Anda ingin membersihkan speaker HP Anda, maka untuk melakukannya Anda harus menggunakan cara yang benar dan aman. Sehingga tidak berpengaruh pada komponen lainnya. Berikut ini adalah cara membersihkan speaker HP Oppo yang kotor!

Baca Juga »  Cara Membuat Foto Bergerak Seperti Boomerang Instagram Yang Wajib diKetahui

1. Menggunakan Penyedot Debu

Cara membersihkan speaker HP Oppo bisa Anda lakukan dengan menggunakan vacuum cleaner atau penyedot debu.

Anda bisa coba dengan menggunakan alat penyedot debu yang berukuran mini. Dengan alat ini, kotoran atau debu pada speaker HP bisa menjadi terangkat dengan mudah.

Posisikan alat ini ke lubang speaker, kemudian debu dan kotoran akan tersedot secara otomatis.

2. Gunakan Cotton Buds

Cotton buds memang fungsinya untuk membersihkan kotoran pada telinga. Akan tetapi, perlu Anda tahu jika cotton buds ini bisa juga Anda gunakan untuk membersihkan bagian speaker HP. Caranya pun bisa Anda lakukan dengan mudah.

  • Pertama bukalah bagian casing HP
  • Setelah itu usapkan speaker menggunakan cotton buds sampai kotoran hilang.
  • Ketika Anda ingin menutup kembali casing, cek dan pastikan tidak ada kapas atau kotoran lain yang tertinggal.
  • Setelah benar-benar bersih, tutup kembali casing HP Anda.
Baca Juga »  Cara Mudah Dapatkan Kuota Gratis dari Pemerintah

3. Gunakan Selotip atau Lakban

Selotip atau lakban memang memiliki daya rekat yang tinggi. Sehingga banyak dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran atau debu yang susah dihilangkan. Membersihkan kotoran dan debu pada speaker HP cukup efektif jika Anda lakukan dengan memakai selotip atau lakban.

  • Pertama, bukalah casing HP
  • Setelah itu, selotip atau lakban bisa Anda potong pendek
  • Kemudian, tempelkan pada bagian speaker sebentar saja, lalu lepaskan
  • Kotoran yang terdapat pada speaker nantinya akan tertempel di selotip.

Pada saat menempelkan selotip, lakukan secara lembut. Jangan terlalu keras ketika menekannya. Tujuannya agar perekat pada selotip atau lakban tidak tertinggal pada speaker HP Anda.

4. Memakai Jarum

Jarum merupakan peralatan yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan bagian speaker HP. Terlebih lagi jika HP Anda memakai baterai tanam. Sebab, HP dengan baterai tanam tidak bisa untuk dilepas pasang. Dengan menggunakan jarum ini, speaker HP Anda bisa dibersihkan dengan cepat.

Baca Juga »  Seperti Ini Cara Penggunaan Microphone Bluetooth Pada Gadget

Ketika Anda membersihkan speaker dengan menggunakan jarum, maka Anda perlu melakukannya dengan penuh hati-hati.

Caranya yaitu dengan memasukkan jarum pada lubang speaker. Setelah itu bersihkan dengan pelan-pelan.

Namun, apabila HP Anda tidak termasuk HP yang menggunakan baterai tanam, cara membersihkan speaker bisa dilakukan dengan lebih mudah. Sebab, Anda bisa melakukannya dengan membuka casingnya lalu bersihkan speakernya.

Cara membersihkan speaker HP Oppo ini bisa Anda lakukan jika suara yang keluar dari speaker HP Anda sudah mulai rusak atau menjadi semakin pelan. Apapun cara yang Anda pakai, lakukan dengan hati-hati demi keamanan komponen lain pada HP Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.