Cara Membersihkan Layar Laptop yang Benar, Jangan Asal! (inews.id)
Cara Membersihkan Layar Laptop yang Benar, Jangan Asal! (inews.id)

Cara Membersihkan Layar Laptop yang Benar, Jangan Asal!

Cara membersihkan layar laptop perlu Anda lakukan dengan benar. Apalagi laptop adalah salah satu perangkat elektronik dengan harga yang tidak murah. Dengan merawat dan menjaga kebersihan laptop, maka akan membuat Anda merasa nyaman menggunakannya. Selain itu, juga akan memperpanjang usia penggunaan laptop tersebut.

Bagian layar pada laptop merupakan komponen utama dan paling rentan mengalami kerusakan. Semua aktifitas yang dilakukan di laptop akan terlihat pada layar. Bahkan layar laptop juga termasuk bagian yang sering mengalami gangguan. Misalnya seperti perubahan warna, bergaris, bercak, hingga hitam sama sekali (blank screen).

Inilah Cara Membersihkan Layar Laptop yang Benar

Layar memang termasuk salah satu bagian dari laptop yang perlu Anda bersihkan secara rutin. Meski untuk membersihkan layar laptop, pada dasarnya sedikit lebih tricky dan juga lebih berhati-hati. Salah sedikit, maka akan menyebabkan terjadinya korsleting. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik membersihkan layar laptop yang perlu Anda perhatikan.

Baca Juga »  Cara Screenshot di Laptop Anti Ribet, Simak Tutorialnya!

1. Kenali Jenis Layar Laptop

Sebelum memulai membersihkan laptop, Anda perlu mengetahui jenis layar laptop yang digunakan. Perlu Anda ketahui bahwa ada dua jenis layar laptop yang biasa ditemukan, yakni layar laptop berlapis kaca dan layar laptop tanpa lapisan kaca. Layar laptop dengan lapisan kaca umumnya lebih kuat dan tahan terhadap kelembaban dari berbagai macam produk pembersih. Sementara layar laptop tanpa lapisan kaca akan lebih mudah rusak saat terkena produk pembersih tertentu.

2. Matikan Laptop

Cara membersihkan layar laptop yang benar perlu dilakukan dengan mematikan laptop terlebih dahulu. Pastikan laptop tersebut benar-benar dalam keadaan mati dan tidak terhubung dengan adaptor daya atau baterai. Sebab, apabila tidak dimatikan maka bisa memicu kerusakan permanen. Misalnya seperti masalah pixel hingga kerusakan bagian LCD.  Jangan hanya dialihkan ke mode sleep, namun matikan laptop sehingga proses membersihkan layarnya lebih mudah serta aman.

3. Gunakan Kain Microfiber

Jenis kain yang biasa digunakan untuk membersihkan lensa kacamata dan kamera ini adalah kain microfiber. Jenis kain ini sangat lembut dan tidak akan menggores bagian layar laptop. Meski bahan kain lainnya juga bisa membersihkan, namun serat mikro dari kain ini pilihan terbaik untuk layar laptop. Sebab, kain microfiber memang didesain untuk membersihkan debu dan serpihan tanpa merusak permukaannya.

Baca Juga »  5 Cara Melihat Spek Laptop Windows 8 yang Mudah Diterapkan

Cara menggunakannya sangat mudah, Anda hanya perlu usapkan, tekan layar dengan lembut, dan bersihkan dengan satu arah. Pastikan tidak menggosok dan mengusapnya secara melingkar agar tidak menyebabkan kerusakan pada layar laptop. Selain itu, jangan menekan layarnya terlalu keras.

4. Gunakan Spons untuk Debu

Cara membersihkan layar laptop selanjutnya yakni dengan menggunakan spons untuk debu. Apabila laptop jarang dibersihkan, maka debunya akan menumpuk. Anda bisa menggunakan spons untuk membersihkannya. Saat menggunakan kain microfiber yang tipis kurang ampuh untuk menghilangkan debu debu membandel. Anda perlu menggunakan spons yang masih baru dan bersih. Selanjutnya, gunakan air mengalir untuk membasahi spons dan peras hingga agak lembab. Kemudian usapkan ke layar dengan lembut dan perlahan-lahan.

Baca Juga »  5 Penyebab Layar Laptop Hitam dan Cara Mengatasinya

5. Gunakan Penyemprot untuk Minyak

Apabila Anda menjumpai noda minyak dan sidik jari, seringkali cukup sulit untuk dihilangkan. Apabila menggunakan kain microfiber dan spons basah tetap tidak bisa mengatasinya. Anda bisa menggunakan larutan pembersih botolan atau membuatnya sendiri. Caranya mudah, Anda bisa membeli semprotan pembersih layar di toko terlebih dahulu. Selain itu, juga bisa membuatnya sendiri menggunakan campuran air dan cuka putih.

Berbagai cara membersihkan layar laptop tersebut sangat membantu. Kini Anda bisa mencoba membersihkannya dengan mudah dan laptop akan kembali bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.