Cara Membersihkan Kamera HP yang Perlu Dicoba, Tak Perlu Ribet (wowkeren.com)
Cara Membersihkan Kamera HP yang Perlu Dicoba, Tak Perlu Ribet (wowkeren.com)

Cara Membersihkan Kamera HP yang Perlu Dicoba, Tak Perlu Ribet

Cara membersihkan kamera hp perlu Anda lakukan dengan benar. Kamera hp menjadi salah satu fitur yang hampir dimiliki oleh semua jenis smartphone. Bahkan, banyak perusahaan hp ternama yang berupaya untuk menghadirkan produk dengan kualitas kamera yang mumpuni serta canggih. Hal ini karena konsumen selalu memperhatikan kualitas kamera sebagai salah satu pertimbangan penting sebelum membeli hp baru.

Fitur kamera canggih yang dimiliki smartphone, tentu akan memudahkan Anda dalam mengabadikan segala momen yang terjadi. Terlebih, hampir setiap orang senang menggunakan media sosial. Dengan menggunakan kamera canggih bisa membagikan momen tersebut dalam bentuk foto maupun video di media sosial. Namun kualitas kamera akan menjadi sia-sia saat lensanya kotor dan berdebu, sehingga akan menghasilkan foto yang tidak maksimal.

Ketahui Cara Membersihkan Kamera HP yang Benar

Untuk membersihkan kamera hp sebenarnya cukup mudah. Bahkan Anda tidak membutuhkan banyak uang untuk membersihkannya. Anda bisa mencoba menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar rumah untuk membersihkan lensa kamera hp. Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

Baca Juga »  Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh, Ternyata Mudah

1. Gunakan Cairan Pembersih

Salah satu tips membersihkan kamera hp yakni dengan menggunakan cairan pembersih atau cairan antiseptik. Namun apapun cairan pembersih yang Anda gunakan, pastikan tidak mengandung bahan kimia aditif. Hal ini karena kandungan tersebut akan merusak lapisan pelindung lensa kamera. Cara yang perlu Anda lakukan mudah dicoba. Anda bisa oleskan cairan pembersih pada kain microfiber atau tisu wajah. Selanjutnya gosok perlahan searah jarum jam.

Pastikan Anda memiliki jenis kain microfiber. Cara membersihkan kamera hp ini membutuhkan kain dengan tekstur halus dan tidak merusak lapisan kaca. Kain jenis ini juga berguna untuk membersihkan komponen perangkat elektronik yang mudah rusak. Namun perlu Anda ingat untuk selalu membersihkan dan mengeringkan kain setelah selesai menggunakannya.

Baca Juga »  Cara Lacak Smartphone Hilang Menggunakan Google Find My Device

2. Gunakan Minyak Kayu Putih

Tak hanya menggunakan cairan pembersih, Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih. Cara ini hanya membutuhkan barang yang mudah ditemui di rumah. Tentunya tidak sulit untuk membersihkan kamera hp menggunakan minyak kayu putih yakni dengan 3 langkah saja. Anda hanya perlu menyiapkan kain halus atau kain microfiber. Selanjutnya teteskan minyak kayu putih sedikit ke kain tersebut. Gosok kain tersebut ke lensa kamera dengan secara memutar dan lakukan perlahan.

3. Gunakan Cotton Bud atau Blower

Cara membersihkan kamera hp selanjutnya yakni menggunakan cotton bud atau peniup udara (blower). Untuk menggunakan alat tersebut pastinya mudah dilakukan. Alat tersebut bisa membantu menghilangkan debu yang ‘bersembunyi’ pada bagian sudut-sudut kamera. Perlu Anda ketahui bahwa bagian tersebut biasanya yang tak terjangkau lap sehingga membutuhkan alat yang satu ini.

4. Gunakan Selotip

Masalah lainnya yang sering kali terjadi pada hp yakni kamera buram. Untuk membersihkan kaca kamera hp  yang buram, Anda bisa mencoba memanfaatkan selotip yang ditempelkan pada bagian permukaan kameranya. Dengan melakukan hal tersebut, pengambilan gambar akan menjadi terlihat lebih jelas dan tidak blur lagi.

Baca Juga »  Cara Mengecas HP dengan Cepat Agar Baterai Segera Penuh

Apabila ingin mendapatkan hasil pembersihan lebih optimal, pastikan bagian permukaan selotip tidak kotor dan tidak terdapat bekas sidik jari. Saat menggunakannya dalam kondisi kotor, maka kualitas gambar dari kamera menjadi lebih buruk atau buram.

Berbagai cara membersihkan kamera hp tersebut sangat mudah dicoba. Anda bisa memilih salah caranya yang dianggap paling mudah. Bahkan Anda tak perlu repot mendapatkan peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.