Cara Membeli Hosting yang Tepat, Ini Langkahnya! (hostpapa.ca)
Cara Membeli Hosting yang Tepat, Ini Langkahnya! (hostpapa.ca)

Cara Membeli Hosting yang Tepat, Ini Langkahnya!

Pentingnya mengetahui cara membeli hosting yang tepat. Saat ini banyak sekali masyarakat yang memilih pemasaran dengan media online seperti website. Hal ini karena sebuah website dapat diakses dari internet dan dapat berkomunikasi melalui email, namun akan membutuhkan web hosting. Web hosting yang berguna sebagai tempat penyimpanan file website dan email. Namun sayangnya, hingga sekarang ini masih banyak orang yang belum memahami tentang hosting. Bahkan juga masih kebingungan dengan cara membelinya.

Ketahui Cara Membeli Hosting yang Tepat

Hosting atau web hosting merupakan layanan yang digunakan untuk menyimpan file dan data pada server sehingga dapat membuka website dari seluruh dunia. Layanan web hosting ini biasanya memiliki status sewa dengan perpanjangan bulanan. Oleh karena itu, setiap bulan Anda perlu melakukan perpanjangan masa aktifnya. Namun kebanyakan provider menggunakan skema pembayaran tahunan untuk layanan hosting.

Untuk harga dari layanan hosting juga bervariasi tergantung dari spesifikasi server yang digunakan. Apabila semakin bagus dan besar servernya, maka harganya juga semakin mahal. Web hosting seringkali diibaratkan seperti menyewa rumah, apabila memiliki banyak barang, tentu perlu menyewa rumah yang besar dan luas. Pengunjung website ini layaknya seperti tamu yang berkunjung ke rumah Anda. Semakin bagus “rumah” yang Anda sewa, hal ini akan membuat “tamu” semakin betah dan nyaman saat mengunjungi website.

Saat ini ada berbagai macam jenis bentuk layanan hosting yang menawarkan harga murah yang dapat dipilih. Jenis-jenis web hosting yang tersedia cukup beragam. Mulai dari Shared Hosting, Manage Hosting, Unmanaged Hosting, Cloud Hosting, WordPress Hosting, Unlimited Hosting, VPS Server, dan Dedicated Server.

Tips Sebelum Membeli

Sebelum mengetahui cara membeli hosting, Anda membutuhkan taktik khusus dan rencana yang matang. Hal ini penting dalam memilih hosting yang bagus dan pas untuk digunakan. Menjatuhkan pilihan pada salah satu hosting provider memang cukup sulit untuk dilakukan. Apalagi dengan banyaknya perusahaan web hosting yang mengklaim hosting murah meriah. Terkadang kualitas server yang ditawarkan juga belum tentu bagus. Pastikan agar tidak salah dalam memilih hosting. Berikut ini adalah tips sebelum membeli web hosting yang tepat.

Baca Juga »  Niagahoster Review: Layanan, Kelebihan, Kekurangan, dan Manfaatnya

Banyak Bertanya dengan Web Developer

Sebelum memutuskan untuk membeli layanan hosting yang tepat untuk website, sebaiknya mencoba mengecek terlebih dahulu. Baik itu detail dan fungsi website yang Anda inginkan. Sebelum membuat website, Anda perlu tahu dan paham dengan website yang akan digunakan dan dikembangkan. Hal ini dapat membantu dan penting untuk Anda dalam menentukan hingga membuat keputusan sebagai cara membeli layanan hosting yang cocok.

Pilih Sesuai Kebutuhan Bisnis Anda

Hal yang perlu dipertimbangkan yakni melihat dan mengetahui website yang Anda butuhkan. Semua hal ini perlu Anda pikirkan dengan matang. Pastikan untuk memilih layanan web host terbaik dan yang benar-benar memberikan dukungan atas kebutuhan Anda. Anda dapat mencari referensi dari perusahaan hosting yang akan dipilih dengan memberikan bantuan dalam menginstall aplikasi yang Anda butuhkan dalam website. Selain itu, adanya berbagai pilihan control panel yang dapat dipilih dan masih banyak lagi.

Tentukan Lokasi Server yang Sesuai

Saat ini banyak provider hosting yang menawarkan pilihan lokasi server yang cocok dan sesuai untuk kebutuhan website Anda. Pemilihan lokasi server perlu Anda sesuaikan dengan target pasar atau target pengunjung website. Apabila target pengunjung website Anda lebih dominan pengunjung dalam negeri, sebaiknya memilih shared hosting server Indonesia. Sementara apabila target utama pengunjung lebih kepada pengunjung luar negeri, perlu memilih web hosting server US.

Pilih Harga yang Bersahabat

Cara membeli hosting perlu dengan menyesuaikan pilihan harganya. Hal yang tidak Anda lewatkan yakni dengan mempertimbangkan masalah harga. Tidak semua layanan hosting yang harga mahal akan memberikan kualitas yang bagus, begitupun sebaliknya. Pastikan untuk mencermati terlebih dahulu detail tentang spesifikasi dan harga dari provider hosting yang ditawarkan. Sehingga Anda akan mendapatkan layanan web hosting dengan kualitas terbaik.

Baca Juga »  Cara Menghubungkan Domain ke Hosting Tanpa Gagal, Coba Terapkan Ini!

Pilih Layanan Tim Support 24 Jam

Tak hanya mempertimbangkan harga yang bersahabat, namun layanan support juga termasuk pertimbangan penting sebelum membeli web hosting. Anda dapat mencoba membayangkan, apabila website Anda nanti tiba-tiba tidak dapat diakses. Hal yang perlu dilakukan dengan menghubungi bagian tim support. Apabila layanan support tersebut cepat tanggap, maka permasalahan website Anda akan cepat teratasi.

Cara Membeli Hosting

Saat ini sudah banyak situs yang menawarkan paket layanan hosting. Tentunya menawarkan berbagai macam harga dan dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan website yang dibuat. Apabila telah menemukan situs yang cocok, maka dapat memutuskan untuk cara membeli. Berikut ini adalah langkah dalam membeli hosting.

Pastikan untuk membuka website penyedia layanan hosting terlebih dahulu. Setelah masuk ke halaman website penyedia layanan hosting, Anda hanya perlu pilih menu “beli hosting” pada pilihan menu yang tersedia. Selanjutnya pilih salah satu paket hosting yang tersedia sesuai dengan kebutuhan.

Apabila Anda belum memiliki domain, maka harus perlu untuk membeli domain terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga dapat membeli paket domain+hosting secara langsung tanpa harus membelinya satu per satu. Namun apabila telah memiliki nama domain, tentunya hanya perlu memasukkan nama domain tersebut.

Selanjutnya Anda perlu klik lanjutkan dan pilih lama kontrak hosting yang diinginkan. Setelah itu, klik Proses Order dan akan ditampilkan Daftar Pembelian yang sudah pilih sebelumnya.  Pastikan untuk memeriksa kembali daftar pembelian Anda, lalu Klik Lanjutkan untuk masuk ke halaman metode pembayarannya.

Baca Juga »  Bagaimana Cara Hosting di Google Drive dengan Mudah Tanpa Ribet?

Pada halaman tersebut Anda dapat memilih metode pembayaran akan digunakan dalam pembayaran tagihan. Anda dapat melakukan Pembayaran Otomatis dengan menggunakan Virtual Account sesuai bank yang digunakan. Pilihan lainnya juga dapat menggunakan metode Pembayaran Manual melalui Transfer Bank. Setelah itu, Anda perlu menyiapkan bukti transfer untuk diunggah.

Anda perlu scroll ke bawah dan klik tombol Lanjutkan untuk melanjutkan proses pembayarannya. Kemudian akan terlihat halaman Invoice atau tagihan. Anda juga akan mendapat email berupa tagihan yang isinya tentang informasi mengenai total yang harus dibayar. Bahkan hingga batas waktu pembayaran ada dalam email tersebut.

Lakukan Pembayaran

Pastikan untuk melakukan pembayaran sesuai nominal yang ada dalam tagihan. Kemudian lakukan konfirmasi pembayaran setelah melakukan transfer pembayaran. Caranya dengan mengklik tombol Lakukan Konfirmasi Pembayaran. Anda harus melakukan konfirmasi pembayaran yakni mengisi form Konfirmasi Pembayaran. Setelah mengisi form tersebut, Anda hanya perlu klik tombol Kirim Konfirmasi Pembayaran.

Apabila telah mengirim konfirmasi pembayarannya, maka pembayaran tersebut akan diverifikasi. Setelah pembayaran dinyatakan valid, maka tunggu aktivasi akun dan layanan hosting yang dibeli. Nantinya akan aktif hanya dalam hitungan menit, lalu sudah dapat Anda gunakan

Saat ini Anda dapat mengetahui cara membeli hosting untuk mengakomodasi semua kebutuhan yang berhubungan dengan dunia digital. Layanan hosting sangat mudah didapatkan, bahkan dengan harga terbilang murah. Namun pastikan menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published.