Cara Mematikan TalkBack pada Beberapa Tipe Android, Lebih Mudah! (pixabay.com)
Cara Mematikan TalkBack pada Beberapa Tipe Android, Lebih Mudah! (pixabay.com)

Cara Mematikan TalkBack pada Beberapa Tipe Android, Lebih Mudah!

TalkBack merupakan fitur Android yang akan membacakan konten pada layar untuk Anda. Jika tidak butuh maka Anda harus tahu cara mematikan TalkBack. Terutama bagi Anda yang menggunakan Asisten Google Android, maka bisa memintanya agar menonaktifkan TalkBack saja.

Sebab ini merupakan salah satu cara yang paling sederhana dan cepat bagi Anda yang hendak menonaktifkan fitur tersebut. Meski demikian masih ada banyak cara atau trik lain yang bisa Anda lakukan selain tips tersebut.

Simak Beberapa Cara Mematikan TalkBack yang Mudah Ini

Sebelum ke pembahasan selanjutnya maka Anda harus tahu bahwa TalkBack adalah fitur bawaan yang ada pada HP Android. Bagi para pengguna dengan sistem operasi seperti ini maka bisa mengaktifkan maupun menonaktifkan fitur tersebut.

Sementara itu TalkBack sendiri berguna untuk memudahkan penyandang disabilitas tunanetra dalam mengoperasikan smartphone. Karena apabila fitur ini diaktifkan maka setiap kali Anda hendak menyentuh layar maka HP akan mengeluarkan suara dan getaran.

Baca Juga »  2 Cara Membuat File RAR di Android Beserta Cara Membukanya

Bagi siapa saja termasuk Anda yang secara tidak sengaja mengaktifkan fitur tersebut maka bisa langsung mematikannya saja. Hanya saja untuk menonaktifkan fitur TalkBack ini juga akan berbeda-beda tergantung dari jenis ponsel. Berikut pembahasannya.

1. Melalui Menu Pengaturan

Cara mematikan TalkBack untuk tips yang pertama ini adalah melalui menu Pengaturan atau Settings pada perangkat Android Anda. Pertama-tama buka ponsel kemudian navigasikan ke Sistem> Aksesibilitas lalu klik opsi TalkBack.

Nah pada halaman TalkBack, maka Anda bisa langsung menonaktifkan pilihan opsi “Gunakan TalkBack”. Sementara itu untuk menggunakan kembali fitur itu suatu saat, maka aktifkan saja dengan mengaktifkan opsi “Gunakan TalkBack”.

Terakhir Anda tinggal pilih opsi “Stop” pada pilihan Prompt. Kini Anda sudah berhasil dalam menyingkirkan layar yang mengganggu pada perangkat Android Anda. Selamat mencoba!

2. Menggunakan Tombol Fisik pada HP

Cara mematikan TalkBack untuk langkah yang kedua ini memang bisa dilakukan pada beberapa merek ponsel seperti Vivo, Xiaomi dan lain sebagainya. Sementara itu langkah yang harus Anda tempuh juga tergolong cukup mudah dan simpel.

Baca Juga »  Kelebihan Download Aplikasi Youtube Go Versi Terbaru

Nah untuk langkah yang pertama pastikan terlebih dahulu bahwa smartphone Anda sudah dalam kondisi aktif atau menyala. Selanjutnya tinggal tekan saja volume up dan volume down secara bersamaan.

Tunggulah beberapa saat kira-kira sekitar 3 detik saja. Nah nantinya akan langsung muncul notifikasi bahwa fitur TalkBack pada HP Anda sudah dalam keadaan non aktif. Selesai. Mudah bukan?

3. Cara Non -Aktifkan TalkBack pada HP Oppo

Khusus Anda pengguna Oppo, maka cara mematikan TalkBack juga bisa Anda lakukan dengan cara ini. Langkah yang pertama Anda hidupkan ponsel dan tanpa menggunakan jaringan juga tidak masalah.

Selanjutnya pilih opsi Settings pada HP lalu gulir layar ke atas sampai Anda menemukan opsi Pengaturan Tambahan. Nah dalam pengaturan tambahan itu nanti akan muncul beberapa menu.

Baca Juga »  Aplikasi Editor Video Terbaik dan Gratis untuk Android

Untuk pengaturan TalkBack maka Anda cukup pilih opsi Pembaca Layar lalu gulir ke bawah sampai Anda menemukan pilihan TalkBack. Nah setelah masuk ke menu TalkBack Anda bisa langsung menonaktifkannya saja.

Caranya adalah dengan menekan tombol yang berwarna hijau pada bagian samping tulisan TalkBack. Nanti tombol itu akan langsung berubah warna menjadi abu yang menandakan bahwa TalkBack sudah tidak aktif lagi.

Dari beberapa cara mematikan TalkBack seperti ini kira-kira yang menurut Anda itu mudah? Semuanya memang mudah dan Anda bisa menentukan dan memilih cara yang menurut Anda itu simpel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.