Cara Melihat Data Spesifik Video di Youtube Dengan Mudah

Cara Melihat Data Spesifik Video di Youtube Dengan Mudah

Pada zaman sekarang, YouTube menjadi aplikasi yang hampir oleh sebagian besar orang dimanfaatkan kegunaannya baik untuk streaming atau upload. Meskipun begitu, pada beberapa situasi orang-orang terkadang membutuhkan cara melihat data spesifik video di YouTube. Hal tersebut khususnya dibutuhkan pengguna yang sering mengunggah video di YouTube.

Pada umumnya, setiap pengguna YouTube sebenarnya sudah diberikan fitur yang dapat dimanfaatkan untuk melihat data spesifik video pada YouTube. Akan tetapi, sebagian pengguna masih ada juga yang belum mengerti cara melihat data spesifik video di YouTube. Untuk itu berikut ulasan cara lengkapnya:

1. Unduh dan Login YouTube Studio

Hal awal yang perlu dilakukan untuk dapat melihat data spesifik video di YouTube yakni unduh aplikasi YouTube Studio terlebih dahulu. Aplikasi tersebut dapat didownload melalui Play Store ataupun App Store sesuai dengan ponsel yang digunakan apakah Android atau iOS. Perlu dipastikan bahwa memiliki memori ponsel mencukupi untuk melakukan unduh aplikasi YouTube Studio.

Baca Juga »  Contoh Aplikasi Sistem Informasi Pemasaran untuk Perusahaan

Apabila sudah mengunduh YouTube Studio, selanjutnya pasang aplikasi tersebut di ponsel yang digunakan. Setelah itu, lakukan login akun YouTube Studio dengan memasukkan data yang diminta untuk diisi. Kemudian, tunggu beberapa waktu hingga proses login selesai.

2. Periksa Menu Analitik

Setelah melakukan login YouTube Studio kemudian masuk ke menu analitik. Menu tersebut sudah tersedia dari awal dengan tujuan supaya mempermudah pengguna untuk tahu informasi video yang spesifik. Pastikan agar menekan pilihan fitur tersebut dengan benar.

Untuk masuk ke menu analitik dengan cara masuk ke akun YouTube Studio, kemudian pada menu di bagian kiri pilih ‘Analytics’. Apabila ingin melihat performa video dari dashboard channel dapat dengan klik bagian judul atau thumbnail pada video.

3. Tentukan Periode yang Diinginkan

Saat ingin melihat data video YouTube secara spesifik terdapat beberapa pilihan yang tersedia. Salah satunya yakni pilihan mengenai pengkategorian video sesuai dengan periode waktunya. Agar pengguna dapat memilih video yang ingin dilihat menurut waktu yang diinginkan dan data yang dibutuhkan.

Baca Juga »  Inilah Cara Memindahkan M Banking BCA ke HP Lain Beserta Persyaratannya

Untuk menentukan periode waktu yang sesuai keinginan yakni setelah masuk menu analitik maka akan terbuka suatu tampilan ‘overview’. Tampilan tersebut akan terbagi dalam periode waktu berdasarkan bulan, tanggal, dan tahun yang dapat dipilih oleh pengguna.

4. Periksa Video yang Diperlukan

Pengguna terkadang kurang teliti dalam mengecek data spesifik video yang dihasilkan karena tidak ingat video mana yang akan diperiksa datanya. Untuk itu, pengguna perlu untuk memeriksa video yang diunggah terlebih dahulu agar dapat diperiksa secara detail.

Untuk memeriksanya yakni dengan pergi ke menu bagian kiri pada YouTube Studio, lalu pilih ‘Videos’. Selanjutnya, pilih video yang ingin dianalisis dan diperiksa datanya secara rinci. Setelah itu, masuk ke menu analitik kembali dan klik ‘see more’ beberapa saat untuk mendapat hasilnya.

5. Unduh Data dari Video YouTube

Setelah berhasil mendapatkan data video di YouTube secara spesifik, selanjutnya pengguna dapat langsung melihat data tersebut. Apabila ingin melihat lebih dalam dan jelas pengguna dapat mengunduh data informasi dari videonya.

Baca Juga »  Layanan dan Cara Kerja Aplikasi Uber Taksi Indonesia

Data analitik pasti akan sangat berguna untuk perkembangan video yang diunggah serta dapat juga untuk perbaikan unggahan video selanjutnya. Dikarenakan dalam data tersebut akan mengandung informasi mengenai matrik utama video, jangkauan, interaksi, penonton, hingga pendapatan dari hasil video.

Demikianlah, ulasan mengenai beberapa cara melihat data spesifik video di YouTube dengan mudah. Untuk melihat data tersebut sebenarnya tidak harus menggunakan aplikasi YouTube Studio. Akan tetapi dengan aplikasi tersebut akan lebih detail dalam memberikan informasi mengenai hasil datanya karena terdapat fitur data analitiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.