Cara Melacak HP Hilang dengan Mudah, Jangan Panik! (hidupdigital.id)
Cara Melacak HP Hilang dengan Mudah, Jangan Panik! (hidupdigital.id)

Cara Melacak HP Hilang dengan Mudah, Jangan Panik!

Penting untuk mengetahui cara melacak HP hilang. Meski smartphone atau HP bukanlah barang murah, namun masih banyak penggunanya yang ceroboh hingga membuat HP hilang. Kemungkinan karena HP yang digunakan sering kali diletakkan secara sembarangan, baik saat pergi atau saat berada di suatu tempat.

Untungnya, saat ini perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga membuat kebiasaan buruk menghilangkan HP dapat diatasi. Anda dapat mencoba menggunakan fitur pelacak di dalamnya. Bahkan, melacak HP hilang dapat Anda lakukan meski kondisi perangkat tersebut mati.

Hal ini penting apalagi saat HP yang dicuri orang lain, sehingga perlu melacak HP hilang secara akurat baik dengan kondisi hidup maupun tidak aktif. Saat ini, ada sejumlah cara yang dapat menjadi solusi apabila Anda mengalami HP hilang maupun dicuri.

Inilah Cara Melacak HP Hilang dengan Mudah

Saat HP hilang, banyak yang mencoba untuk meminta bantuan orang terdekat. Tentunya yang Anda percaya untuk melacak keberadaan HP tersebut. Pasalnya, smartphone Anda kemungkinan masih tetap hidup pada jam-jam pertama saat hilang. Momen tersebut yang dapat Anda manfaatkan untuk melacak HP yang hilang.

Baca Juga »  Cara Mudah Mengatasi Kamera HP Buram Saat Foto

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dicoba untuk melacaknya.

Melacak HP Hilang dengan Email

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan melacak HP yakni melalui akun email. Google sendiri telah menciptakan Sistem Operasi Android yang mewajibkan penggunanya untuk memasukkan email pada Play Store. Dengan email yang telah terhubung tersebut, dapat digunakan untuk melacak HP yang hilang. Cara ini dapat Anda coba untuk smartphone Android. Untuk melacak HP yang hilang melalui email, berikut ini adalah caranya.

Anda perlu log in email yang terpasang pada HP hilang melalui smartphone lainnya. Saat  berhasil masuk, lalu pilih tampilan Gmail versi web. Anda perlu pilih ikon bergambar 9 titik pada bagian pojok kanan atas layarnya. Selanjutnya Ketuk ‘Akun Google’ atau ‘Google Account’, lalu scroll ke bawah.

Baca Juga »  Seperti Ini Cara Penggunaan Microphone Bluetooth Pada Gadget

Pastikan pilih opsi ‘Temukan Ponsel Anda’ dan pilih nama HP yang hilang. Kemudian masukkan kembali kata sandi email HP yang hilang dan pilih opsi ‘Temukan’. Apabila Google Map muncul, maka klik ‘Tutup’. Anda dapat pilih jenis HP yang dilacak dan tap ikon ‘Refresh’ untuk memperbarui posisi HP yang hilang.

Melacak HP dengan Google Maps

Anda juga dapat menggunakan cara melacak HP hilang melalui aplikasi Google Maps. Berikut adalah langkah-langkahnya yang perlu Anda ikuti.

Anda perlu buka aplikasi Google Maps terlebih dahulu. Selanjutnya masuk ke menu ‘Setting’ atau ‘Pengaturan’. Kemudian ‘Bagi Lokasi dan Mulai’ pada bagian pojok kiri atasnya. Anda perlu pilih waktu pelacakannya, ‘selama 1 jam’ atau ‘hingga dinonaktifkan’, untuk melacak keberadaan HP.

Setelah itu, Klik ‘Pilih Orang’, masukkan alamat email dan nomor dari HP yang ingin dilacak. Pastikan pilih ‘Bagikan’, lalu ‘Aktifkan’. HP yang Anda cari akan terlacak selama 24 jam dengan cara ini.

Baca Juga »  Sangat Mudah Ini Dia 4 Cara Merekam Layar Hp Wajib Anda Praktekkan

Melacak HP Hilang dalam Kondisi Mati

Apabila HP yang hilang dalam kondisi mati, Anda tidak dapat menggunakan cara-cara di atas.  Namun, kini Anda dapat mencoba cara yang satu ini. Berikut ini adalah langkahnya.

Anda dapat buka aplikasi Google Maps menggunakan HP lain. Setelah itu, pilih ikon 3 garis pada bagian pojok kiri atas. Kemudian masukkan akun HP yang hilang dengan memilih opsi ‘Add Account’. Selanjutnya pilih ikon hamburger sekali lagi, lalu ‘Your Timeline’ untuk memulai pelacakannya. Klik ikon kalender untuk mengetahui lokasi keberadaan HP yang hilang dalam hitungan hari.

Cara melacak HP hilang tersebut dapat Anda coba lakukan apabila mengalaminya. Anda dapat melacak HP hilang secara akurat baik dengan kondisi hidup maupun tidak aktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.