cara hapus cache di iphone

Cara Hapus Cache Di IPhone yang Paling Efektif

Adakah cara hapus cache di iPhone yang paling mudah? Pertanyaan ini sering kali ditanyakan oleh iPhone user yang masih belum tahu tentang cache yang harus dihapus. Memang sejatinya semua ponsel merek apa saja, termasuk iPhone harus dibersihkan cachenya dan dicegah agar tidak banyak menumpuk.

Permasalahan tentang cache ini sebenarnya sepele, namun ternyata membawa dampak yang cukup ekstrim. Beberapa hal membuktikan akibat ekstrim yang dibawa cache pada ponsel yang jarang dibersihkan. Ini menjelaskan betapa pentingnya cache harus dihapuskan.

Alasan Mengapa Cache Penting Untuk Dibuang

Mengulik dari paragraf di atas, ada beberapa pernyataan umum yang mendukung mengapa cache harus dibuang. Sekali lagi, ini merupakan sebuah pendapat umum yang ditemukan, maka inilah alasan mengapa cache penting untuk dibuang:

1. Ponsel Dapat Bekerja Lambat

Ponsel yang bekerja lamban dapat membuat kesal semua penggunanya. Kelambatan kerja ini salah satu penyebabnya adalah cache yang menumpuk. Cache dapat mengganggu sistem kerja ponsel yang seharusnya lancar dan cepat. Cache memberatkan sistem sehingga kecepatan kerjanya berkurang banyak.

Baca Juga »  Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar iPhone Terbaik

2. Aplikasi Terjadi Banyak Bug

Aplikasi yang menjadi bug juga merupakan sebuah akibat dari cache menumpuk. Ini biasanya datang dari cache yang ada di aplikasi atau bawaan browser. Nantinya, aplikasi tidak akan bekerja dengan baik.

Bahkan hal tersebut sering terjadi force close secara tiba-tiba saat digunakan. Ada juga kasus dimana aplikasi bahkan tidak dapat bergerak sama sekali saat sedang dioperasikan.

3. Memori Perangkat Cepat Penuh

Ponsel erat kaitannya dengan memori perangkat, khususnya yang internal. Memori ini otomatis terpakai setelah menggunakan sebuah aplikasi, apalagi ketika aplikasi tersebut perlu menyimpan media. Cache yang membludak dapat memenuhi memori perangkat hingga ponsel tidak bisa menyimpan media lagi seperti semula.

Cara Menghapus Cache Secara Mudah

Setelah memahami mengapa cache harus dibersihkan, kini saatnya membahas cara hapus cache di iPhone itu sendiri. Cara untuk menghapusnya sendiri ada tiga macam, yaitu melalui browser safari milik iPhone dan storage ponsel. Secara lengkapnya, silakan simak sendiri langkahnya di bawah ini:

Baca Juga »  Simak 5 Cara Cek Iphone Ori atau Tidak, Simak Sebelum Membeli iPhone

1. Hapus Melalui Browser Safari iPhone

Cara hapus cache di iPhone yang paling pertama adalah melalui browser Safari. Untuk iPhone user, browser ini sudah pasti tidak bukan sebuah hal baru lagi. Menghapus cache melalui Safari browser adalah langkah yang cukup mudah, pengguna hanya perlu melakukan hal berikut ini:

  • Buka pengaturan atau menu setting yang ada di ponsel.
  • Scroll tampilan pengaturan ke bawah dan temukan menu Safari.
  • Buka browser
  • Pilih menu Privacy & Security.
  • Tekan pilihan Clear History and Data.
  • Konformasi aktivitas penghapusan
  • Cache

2. Hapus Cache Melalui Storage iPhone

Cara kedua ini cukup sering pula digunakan oleh iPhone user untuk menghapus cache. Tingkat keberhasilan penghapusan cache lumayan tinggi, namun caranya membutuhkan waktu lebih banyak pula. Untuk menghapus cache melalui cara ini, langkah yang harus dilakukan adalah:

  • Buka aplikasi setting yang ada di iPhone.
  • Scroll menu hingga temukan opsi
  • Tekan menu General
  • Pergi ke menu iPhone
  • Pilih aplikasi yang memiliki beban cache paling banyak.
  • Hapus cache dalam aplikasi secara satu persatu.
  • Pilih menu Offload App untuk langsung menghapus sebuah aplikasi yang memakan banyak ruang.
Baca Juga »  Begini Cara Cek Garansi iPhone Dan Jenis-Jenisnya

Apabila pengguna sudah memastikan ketiga langkah itu dilakukan, maka cara hapus cache di iPhone sudah bisa dipastikan berhasil. Lakukan penghapusan ini secara rutin. Tentu saja itu dilakukan agar menghindari akibat yang sudah dijabarkan dalam paragraf di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.