Cara Efektif Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi (unsplash.com)
Cara Efektif Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi (unsplash.com)

Cara Efektif Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi

Cara mengatasi kamera laptop tidak berfungsi berikut ini mungkin bisa Anda terapkan jika saja kamera pada laptop Anda tidak bisa digunakan. Umumnya laptop memang memiliki kamera yang terhubung dengan perangkat dan langsung terhubung pada sistem operasi laptop.

Adanya kamera ini tentunya untuk memenuhi segala kebutuhan penggunanya yang berhubungan dengan kamera. Misalnya yaitu untuk melakukan siaran langsung kepada siapapun, mengobrol secara online melalui Zoom atau Gogle Meet dan lain-lain.

Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi

Kamera laptop termasuk kedalam komponen yang bisa saja eror atau rusak sehingga tidak bisa berfungsi seperti sebagaimana seharusnya. Jika masalah tersebut terjadi tentunya bisa menimbulkan kepanikan tersendiri, apalagi jika sang pemilik laptop sangat mengandalkan kameranya untuk berbagai kegiatan.

Jika kamera nya tidak bisa berfungsi tentunya kegiatannya akan terganggu. Nah, jika Anda mengalami masalah ini sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut ini adalah langkah yang dapat Anda lakukan:

Baca Juga »  Tips Membeli Laptop Bekas, Jangan Asal Pilih!

1. Cek Kamera Aktif atau Tidak

Cara mengatasi kamera laptop tidak berfungsi yang pertama yaitu ceklah apakah kamera aktif atau tidak. Jika tidak maka sudah pasti kamera tidak bisa digunakan. Untuk mengatasinya Anda bisa mengaktifkan kembali kamera. Caranya yaitu pertama klik kanan This PC atau Computer lalu klik Properties. Kemudian klik Device Manager dan klik kanan Cameras/Imaging devices. Aktifkan kamera dengan pilih Enable.

2. Konfigurasi Kamera Bermasalah atau Tidak Aktif

Konfigurasi pengaturan kamera yang bermasalah juga bisa membuat kamera tidak bekerja. Karena itu Anda bisa mengeceknya dan memastikan jika pengaturan aksesnya sudah benar. Caranya yaitu pertama klik Start Windows lalu pilih Settings. Pilih Privacy (Location, Camera, Microphone) kemudian langsung klik Camera.

Pada bagian kanan klik Change dan pastikan nilai untuk Camera access for this device adalah ON. Pada Camera (1) pastikan bahwa nilai untuk Allow apps to access your camera adalah On. Kemudian pada daftar aplikasi yang berada di bawah Anda bisa mengubah toggle button ke On. Selesai, kamera pun pasti bisa berfungsi lagi.

Baca Juga »  Ini 7 Aplikasi Ekstrak RAR Online Paling Bagus Dan Mudah Digunakan

3. Instal Driver Kamera

Driver Kamera yang belum terinstal juga bisa menjadi penyebab kamera laptop tidak berfungsi. Untuk mengatasinya Anda bisa menginstal driver kamera dan pastikan tipenya sudah sesuai dengan tipe atau merk laptop Anda. Setelah instal driver kamera selesai Anda bisa merestart laptop dan cek apakah kamera sudah berfungsi atau belum.

4. Update Driver Kamera

Selain menginstal driver kamera, Anda juga bisa mengupdatenya melalui Device Manager. Untuk Anda yang menggunakan Windows 10, cara yang harus dilakukan yaitu pertama klik kanan pada This PC, lalu pilih Properties dan pilih Device Manager. Setelah itu klik kanan pada Camera dan pilih Update Driver Software. Setelah proses update selesai Anda bisa melakukan restart dan cek kameranya.

Baca Juga »  Cara Membersihkan Laptop agar Tidak Lemot dengan Mudah dan Praktis!

5. Izinkan Kamera

Saat Anda tidak bisa menggunakan kamera untuk Zoom, Google Meet dan lain sebagainya mungkin saja hal tersebut karena Anda belum mengizinkan penggunaan kamera untuk program tersebut. Untuk mengatasinya Anda harus melakukan pengaturan izin kamera.

Caranya yaitu pertama buka Chrome dan klik ikon tiga titik lalu pilih Settings. Kemudian pilih Privacy and security lalu pilih Site Settings dan cari meet.google.com atau program lainnya dan klik. Pada bagian Camera ubah menjadi Izinkan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kamera laptop tidak berfungsi. Jika cara tersebut tidak berhasil mungkin Anda bisa membawanya ke tempat service agar ditangani lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.