Cara Daftar Alamy Contributor Agar Bisa Menjual Foto

Cara daftar Alamy Contributor berikut ini tidaklah sulit dan bisa Anda terapkan ketika hendak menjual foto hasil karya sendiri. Kini kegiatan menjual foto di internet memang marak dilakukan oleh orang-orang. Apalagi bagi mereka yang merupakan seorang fotografer profesional maupun orang biasa yang gemar memotret.

Meskipun terdengar remeh, namun menjual foto di internet ternyata juga bisa memberikan penghasilan yang lumayan lho. Apalagi jika foto-foto yang dijual bisa laku serta penjualnya pun rutin dalam mengupload foto. Hal inilah yang menjadikannya banyak dilakukan oleh orang-orang. Sebab uang yang dihasilkan bisa menjadi tambahan pendapatan.

Selain dengan tujuan untuk mendapatkan uang, menjual foto tentu juga digunakan sebagai sarana untuk memuaskan diri. Sebab ketika foto yang kita jual berhasil laku dan bisa dimanfaatkan oleh orang lain, tentu muncul rasa bangga dan senang dalam diri kita. Hal tersebut pun bisa menjadi bukti bahwa kita bisa menghasilkan foto yang bagus, berkualitas serta disukai banyak orang.

Dengan begitu secara tidak langsung, kita seolah termotivasi dan menjadi lebih bersemangat untuk menciptakan karya foto yang berkualitas dan layak untuk dijual. Bagi fotografer yang masih belum terlalu mahir, jualan foto ini pun turut menjadi ajang mengasah kemampuan dalam mengambil gambar agar bisa menghasilkan foto yang lebih profesional lagi.

Cara Daftar Alamy Contributor

Penghasilan dan kepuasan diri menjadi alasan mengapa banyak orang yang tetap berusaha menjual foto meskipun harga maupun uang yang diterima tidak terlalu besar. Ketika menjual foto, memang tidak semuanya bisa terjual dengan harga yang mahal. Kembali lagi pada bagaimana kualitas gambar sehingga harganya pun ditentukan sesuai dengan kualitasnya.

Semakin bagus gambar maka semakin mahal pula harganya. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah kualitas gambar maka harganya juga semakin rendah bahkan tidak laku untuk dijual. Hal tersebut pun juga berlaku saat Anda menjual foto dalam platform microstock Alamy. Nah, sebelum membahas mengenai cara mendaftar menjadi kontributornya, ada baiknya jika kita mengenal platform ini terlebih dahulu.

Alamy merupakan salah satu tempat yang mana Anda bisa menjual berbagai jenis foto karya Anda sendiri. Platform ini selalu mempertahankan kualitas foto yang dihasilkan oleh kontributornya. Jadi ia tidak akan sembarangan dalam memilih foto yang dijual oleh setiap kontributornya. Hanya foto yang yang yang bagus dan dihasilkan oleh kamera berkualitas tinggi seperti DSLR dan sejenisnya lah yang paling sering diterima.

Karena kualitasnya ini lah, keuntungan yang diraup pun juga lebih tinggi daripada situs lain. Bahkan, pembagian yang dilakukan untuk para kontributornya mencapai 40% hingga 50%. Namun tentunya untuk bisa menjual foto di sini Anda harus mengambil gambar menggunakan kamera DSLR maupun kamera berkualitas lainnya, bukan hanya sekedar memanfaatkan kamera ponsel.

Nah, jika Anda tertarik ingin menjual foto di sini namun masih belum tahu bagaimana cara daftar Alamy Contributor, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda terapkan:

Buka Laman Contributor Registration

Pertama bukalah browser melalui ponsel maupun laptop Anda kemudian carilah contributor Registration Alamy. Jika sudah muncul maka bukalah laman tersebut.

Isi Informasi yang Diminta

Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan beberapa informasi. Diantaranya yaitu seperti nama depan, nama belakang, alamat email, password, nomor telepon dan juga alamat lengkap Anda. Pastikan untuk mengisi data tersebut dengan benar. Kemudian pada bagian bawah akan terdapat kolom “About You” yang bisa Anda isi mengenai beberapa hal mengenai diri Anda sendiri.

Kolom ini pun bersifat opsional sehingga bisa Anda isi atau tidak. Selanjutnya Anda harus memilih email preferences atau preferensi email yang tersedia dalam dua bentuk, pilihlah salah satu. Dibawah preferensi email akan terdapat additional opportunities atau kolom tambahan yang memungkinkan Anda untuk memaksimalkan peluang distribusi.

Terdapat dua peluang tambahan yaitu pertama, distribution offer yang mana Anda bisa mengikuti program penawaran distribusi ke seluruh pasar internasional. Kelebihannya yaitu Anda bisa mendapat komisi hingga 24% untuk semua penjualan distribusi. Pada penawaran ini Anda bisa memilih Yes atau No.

Kedua yaitu Novel Use Offer atau penawaran pengguna baru yang bisa digunakan memaksimalkan pendapatan tiap kontributor yang baru bergabung. Kelebihannya yaitu Anda bisa mendapat komisi sampai 40% dari masing-masing pembelian pengguna yang baru mendaftar. Sama seperti sebelumnya, Anda bisa memilih Yes atau No.

Setelah semua informasi yang diminta selesai diisi, maka selanjutnya Anda bisa menyetujui laman kontrak di bagian bawah termasuk syarat dan ketentuan lain yang mungkin berubah di masa depan. Setelah itu maka klik tombol “Become a Contributor”.

Pendaftaran Berhasil

Selanjutnya akan terbuka laman Alamy image manager yang menginformasikan bahwa Anda sudah berhasil mendaftar sebagai kontributor. Di sini akan tersedia 2 opsi, yaitu pertama go to my dashboard dan kedua get started. Pada menu go to dashboard maka Anda akan diarahkan pada laman my dashboard. Di sini Anda bisa melihat status file foto.

Misalnya yaitu foto yang telah disetujui untuk dipajang, foto yang masih dalam peninjauan serta yang di-reject sekalipun. Kemudian akan ada pula laman mengenai jumlah penjualan dan pendapatan baik harian, mingguan hingga bulanan. Kemudian jika Anda memilih menu kedua yaitu Get Started maka Anda bisa langsung upload foto yang ingin dijual ke Alamy.

Sebelum mengupload foto pun Anda wajib memilih rute filenya. Misal apakah stock seperti ilustrasi, fotografi, gambar 360 derajat, atau live news berupa berita, olahraga maupun entertainment dan terakhir yaitu arsip atau pelaporan. Setelah memilihnya pun Anda akan diminta untuk mengupload 3 foto pertama sebagai stock submission.

Unduh aplikasinya dari Google Playstore, Klik Disini.

Demikianlah pembahasan mengenai cara daftar Alamy Contributor. Setelah berhasil menjadi kontributor, Anda pun bisa mulai menjual foto. Semoga pembahasan ini bisa membantu Anda, selamat mencoba!