Cara Cek Pemakaian Indihome, Ini Dia Tiga Caranya

Cara Cek Pemakaian Indihome, Ini Dia Tiga Caranya

Indihome merupakan layanan dalam bentuk digital yang menawarkan beberapa produk dengan beragam paket, salah satunya adalah internet. Setiap paket internet ini terbatas pada jumlah pemakaian atau Fair Usage Policy. Penurunan kecepatan internet akan terjadi ketika FUP telah melebihi batas. Berikut ini cara cek pemakaian Indihome yang bisa dilakukan untuk antisipasi:

1. Cek dengan Cara SMS

Meskipun mudah dan praktis karena pengguna tidak harus log-in, cara ini memerlukan tarif sejumlah Rp. 350 tiap satu kali kirim pesan. Selain itu, informasi yang diterima terkadang delay karena gangguan. Meskipun begitu, cara ini bisa menjadi alternatif bagi pengguna yang tidak memiliki aplikasi MyIndihome. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  • Pastikan pulsa cukup karena cara ini membutuhkan sekitar dua sampai tiga kali kirim pesan.
  • Pada kotak pesan, masukkan template ‘ISP IH Kode area dan nomor pelanggan yang sudah terdaftar’.
  • Kirimkan pesan tertulis ke kontak 98108.
  • Setelah mengirim pesan, pihak Indihome akan mengirimkan pesan balasan terkait informasi pemakaian kuota yang dibutuhkan pengguna.
  • Jika terdapat gangguan saat mengirim pesan, harap tunggu terlebih dahulu sekitar satu jam. Jika masih belum ada informasi pesan balasan, ketik dan kirim kembali pesan.
Baca Juga »  Cara Memindahkan Lagu dari YouTube ke Musik Paling Simpel

2. Cek dengan Cara Berkunjung ke Web Resmi Indihome

Selain melalui SMS, cara cek pemakaian Indihome yang bisa dilakukan pengguna adalah dengan mengunjungi web resmi Indihome. Cara ini bisa dikatakan cukup praktis karena bisa dilakukan juga di device lain seperti laptop. Pengguna dapat menggunakan fitur Usage Info untuk melihat informasi, berikut ini beberapa tahapannya:

  • Pastikan jika device pengguna terhubung ke internet dan ketik www.indihome.co.id pada mesin pencari.
  • Klik Masuk di ujung kanan website dan log-in terlebih dahulu menggunakan email atau nomor ponsel yang terdaftar di layanan.
  • Input kode OTP yang masuk dan tunggu hingga akun berhasil masuk.
  • Pada bagian kanan layar terdapat Layanan yang Anda Miliki, klik Lihat Rincian.
  • Ketika melihat menu Informasi Layanan pada layar, klik Layanan Anda.
  • Jika ingin melihat lebih rinci terkait informasi penggunaan internet, klik menu internet dan klik Lihat Penggunaan, maka informasi akan muncul pada layar.
Baca Juga »  Cara Download Video Youtube di HP Android dan Komputer

3. Cek dengan Cara Berkunjung ke Aplikasi My Indihome

Cara cek pemakaian Indihome ini lebih praktis dan mudah dibandingkan yang lain karena semua informasi bisa diakses dalam satu aplikasi. Pengguna juga hanya perlu log-in satu kali dan perolehan informasi yang luas. Kelebihan lain dari penggunaan aplikasi My Indihome adalah tidak berbayar. Berikut ini beberapa tahapan yang dapat dilakukan:

  • Buka aplikasi My Indihome yang telah terinstall di ponsel.
  • Sama seperti web resmi, pengguna perlu log-in terlebih dahulu, namun untuk aplikasi ini hanya perlu memasukkan nomor pelanggan yang terdaftar.
  • Pengguna juga bisa mendaftar terlebih dahulu dengan memasukkan email, password dan nomor ponsel untuk aktivasi akun. Setelah selesai melakukan pendaftaran, pengguna bisa langsung memasukkan nomor pelanggan yang terdaftar.
  • Ketika masuk ke aplikasi, pada layar utama akan langsung muncul mengenai informasi pemakaian kuota dari nomor pelanggan.
  • Selain informasi mengenai pemakaian internet, pengguna juga bisa mencari informasi lain terkait pemakaian jenis layanan, besar kecepatan internet, penghentian dan pemutusan layanan hingga melakukan pengaduan terkait permasalahan jaringan.
Baca Juga »  Apa Itu Domain? Penjelasan, Fungsi, Sturktur, dan Jenisnya

Itulah penjelasan dari tiga cara cek pemakaian Indihome melalui SMS, kunjungan web resmi dan penggunaan aplikasi My Indihome. Meskipun ketiga cara tersebut cukup mudah dilakukan, namun cara terakhir lebih praktis. Selain tidak berbayar, cara terakhir juga lebih efisien karena tidak perlu berulang kali log-in dan informasi yang didapatkan lebih luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.