Biaya Hosting dan Domain per Tahun untuk Website, Berapa Totalnya(hostgator.com)

Biaya Hosting dan Domain per Tahun untuk Website, Berapa Totalnya?

Biaya hosting dan domain yang perlu dikeluarkan untuk meluncurkan website ke internet penting Anda ketahui. Mungkin banyak pemula yang memiliki pertanyaan yang sama terkait dengan harga maupun biaya hosting domain ini.

Website manapun pasti menggunakan nama domain dan hosting tersebut. Agar lebih mudah memahaminya, mari pelajari dan ketahui nama domain dan hosting tersebut. Hal ini untuk mengetahui secara persis apa maksud dan berapa biaya keduanya untuk menjadikan website berselancar di internet.

Ketahui Apa dan Berapa Biaya Hosting dan Domain untuk Pemula

Pengertian domain merupakan identitas sebuah website Anda yang dikenal dengan Domain Name System (DNS). Nama unik yang diberikan kepada website sehingga dapat diakses dengan mudah secara online.

Untuk mudah dipahami, website Anda sebagai sebuah rumah. Sedangkan DNS ini adalah alamat rumah. Nantinya siapapun yang ingin melakukan korespondensi ke rumah, maka harus menggunakan alamat yang benar.

Tanpa adanya sebuah alamat yang jelas, maka korespondensi tidak sampai ke tujuan. Sehingga ketika website Anda untuk bisnis, maka domain menjadi sebuah identitas brand bisnis.

Berbeda dengan hosting. Hosting di sini merupakan sebuah tempat yang berfungsi untuk menyimpan segala hal yang dibutuhkan website. Sehingga dapat terhubung internet.

Domain ini nama unik yang digunakan untuk memudahkan identifikasi web hosting. Umumnya layanan hosting tersebut tersedia untuk periode tertentu.

Biaya hosting dan domain mulai dari bulanan, triwulanan, dan tahunan. Selain itu, pemilik website memilih layanan tahunan karena alasan biaya yang relatif lebih murah.

Banyak yang bingung mengapa website sudah memiliki nama domain, namun harus mengeluarkan biaya setiap tahunnya. Untuk menjawab hal tersebut maka cobalah perhatikan penjelasannya. Ingat, nama domain dan hosting adalah dua layanan yang berbeda.

Kedua layanan tersebut biasanya disediakan oleh satu perusahaan. Hal ini berarti proses pengelolaan dan pembaharuan juga lebih mudah. Selain itu, harga hosting dan domain 1 tahun dipengaruhi oleh jenis layanan yang Anda pakai.

Baca Juga »  Pengertian Control Panel Hosting dan Control Panel Terpopuler

Rincian Biaya Layanan Hosting dan Domain

Sekarang ini telah banyak beberapa perusahaan hosting murah di Indonesia yang menawarkan diskon mencapai 70%. Tidak sedikit mereka yang menyertakan jaminan dalam bentuk garansi. Bahkan berlaku selama 30 hari atau sebulan setelah pengaktifan domain dan hosting tersebut.

Adapun hal yang memudahkan referensi mengenai biaya hosting dan domain per tahunnya. Semua berdasarkan trafik yang dilihat per bulannya.

Dalam website membutuhkan uang sebesar Rp 680.000 hingga Rp 1.900.000 yakni untuk proses kurun waktu satu tahun. Hal ini berdasarkan besarnya nominal yang disetorkan, dan tergantung pada spesifikasi layanan yang sudah dibeli.

Misalkan Anda membutuhkan website untuk keperluan bisnis atau perusahaan. Maka, hosting yang sudah dibeli, dengan target trafik per bulan kurang dari 15.000 tayangan. Maka kurang lebih sebesar Rp 84.000 hingga Rp 150.000 per bulannya.

Umumnya selain paket hosting untuk kebutuhan bisnis, terdapat penawaran hosting jenis paket yang lain. Pilihan tersebut seperti paket personal, paket pelajar, hingga paket bayi dengan harga yang disesuaikan.

Contoh Biaya dari Jasa Hosting dan Domain

Misalkan tempat yang menyediakan layanan tersebut, seperti Namecheap. Juga ada layanan hosting bagus di Indonesia, seperti Niagahoster yang biaya hosting dan domainnya murah. Mereka juga menyediakan shared hosting untuk tipe web hosting bisnis. Hanya saja database yang digunakan tidak sampai lebih dari 50 GB.

Sekedar informasi, biasanya tipe domain yang ditawarkan, berupa TLD, .com, .net, .org, dan .id. Sedangkan beberapa contoh website yang menggunakan spesifikasi ini seperti website dokter spesialis, website profil bisnis UKM, website jasa travel, dan lainnya yang masuk kategori bisnis.

Apabila Anda masih belum mengerti dan awam untuk membuat sebuah website, bisa melalui WordPress. WordPress tersebut menjadi salah satu CMS gratis yang memang sengaja didesain untuk dapat digunakan oleh siapapun termasuk para pemula. Bagi pengguna yang ingin  membuat tampilan WordPressnya lebih terlihat profesional, juga membutuhkan biaya.

Baca Juga »  Cara Hosting WordPress dari Localhost Menggunakan Plugin dan Manual

Biaya untuk mengupgrade wordpress, memang bervariasi. Karena patokan biayanya mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 750.000 ke atas.

Mungkin banyak yang bertanya mengapa biaya hosting dan domain terlihat sangat beragam. Sebenarnya mudah, hal ini karena banyak sekali jenis hosting yang disediakan oleh perusahaan layanan hosting yang ada.

Misalkan saja share hosting, cloud hosting, serta VPS hosting. Sekian banyaknya hosting, memiliki keunggulan yang berbeda. Pada shared hosting memberikan penawaran harga beli termurah sekitar Rp 10.000 per bulannya.

Selain itu, model layanan cloud hosting, yang ditaksir penawaran harganya sekitar Rp 150.000 sampai Rp 750.000 lebih dalam waktu satu bulan. Begitu juga biaya hosting dan domain model VPS hosting, dengan harga Rp 104.000 per bulan. Namun paket termahalnya sekitar Rp 630.000 setiap bulan.

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Biaya atau Harga Domain

Umumnya harga domain mempengaruhi harga hosting dan domain 1 tahun yang perlu Anda bayar. Misal biaya hosting, harga domain juga dipengaruhi oleh layanan yang dipilih.

Sedangkan beberapa faktor yang mempengaruhi harga atau biaya domain berupa nama domain. Yaitu alamat yang diinginkan mempengaruhi besaran biaya domain. Contohnya alamat domain .com biasanya akan lebih mahal dibanding .co, .net. atau .id. Selain itu, nama domain yang bersifat lokal.

Pengaruh kedua berupa layanan pembaharuan. Sehingga Anda yang  berencana untuk menggunakan domain dalam jangka panjang, sebaiknya pilih saja jasa domain yang memberikan layanan pembaharuan otomatis. Namun tetap dengan biaya tambahan tertentu.

Biaya hosting dan domain terpengaruh dari faktor perlindungan dan privasi. Tahukah Anda semakin tinggi proteksi dan privasi yang diinginkan maka biaya yang harus dikeluarkan juga lebih besar. Harga hosting dan domain per tahun sangat dipengaruhi layanan yang dipilih.

Baca Juga »  Biaya Hosting Wordpress yang Terjangkau, Maksimalkan Fungsi Website

Apabila menginginkan nama domain yang bagus serta aman. Selain itu, hosting dengan kapasitas tanpa batas, Anda harus mengeluarkan investasi yang lebih. Biasanya manfaat akan lebih terasa bisnis berkembang kelak dan trafik website akan semakin tinggi.

Inilah Tips untuk Mendapatkan Hosting dan Domain dengan Harga Murah

Bagi Anda yang akan membeli hosting dan domain, sebaiknya memperhatikan tips berikut.

Carilah Kode Kupon

Pertama carilah yang setiap bulan tim marketing online yang sering melakukan promosi. Yakni dengan membagikan kode kupon untuk mendapatkan diskon saat membeli produk.

Beli Saat Promo Diskon

Sebaiknya menunggu datangnya promo dari dari jasa yang diinginkan sehingga biaya hosting dan domain lebih hemat. Karena saat mereka menggelar promo, diskon yang mereka tawarkan bisa mencapai 50 persen dari harga normal. Hal ini sangat membantu sekali untuk mengurangi biaya pengeluaran.

Beli dalam Bentuk Paket

Biasanya paket produk merupakan strategi up selling untuk menjual beberapa produk dalam satu penawaran terbaik. Teknik promosi tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan harga hosting dan domain yang lebih murah.

Beli untuk Jangka Waktu Panjang

Dari pengalaman penting membeli layanan hosting dan domain jangka waktu lebih dari 1 tahun. Contohnya 3-5 tahun, akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

Transfer

Selanjutnya transfer dengan trik untuk menyiasati harga renewal yang sudah kembali ke harga normal. Karena setiap penyedia layanan web hosting dan register domain, tentunya mereka mencari pelanggan baru dan mengubahnya menjadi pelanggan tetap.

Hal ini menjadi bentuk promosinya melalui promo transfer domain dan transfer hosting. Mereka banyak yang menggunakan metode promosi transfer tersebut. Biaya hosting dan domain tersebut dapat secara maksimal ditekan agar lebih hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.