Berikut 5 Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Termudah

Berikut 5 Cara Memperbaiki TV LED Bergaris Termudah

TV menjadi salah satu sarana hiburan keluarga saat berkumpul bersama. Tetapi TV terkadang juga sering mengalami kerusakan berupa munculnya garis-garis yang menghalangi gambar.  Terlebih banyak pengguna tidak tahu bagaimana cara memperbaiki TV LED bergaris.

Padahal untuk memperbaiki kerusakan tersebut tidak perlu memanggil ahli untuk datang langsung ke rumah. Munculnya garis pada TV LED disebabkan oleh berbagai hal tetapi bukan sebuah permasalahan yang serius. Namun bila permasalahan ini terus berlanjut maka barulah TV dibawa ke tukang reparasi. Berikut tata cara memperbaiki kerusakan pada TV LED:

1. Mengecek Kabel Flat

Langkah pertama sebagai cara memperbaiki TV LED bergaris adalah dengan mengecek kabel flat. Umumnya TV LED menampilkan garis horizontal maupun vertikal disebabkan karena tabel tersebut tidak terhubung atau tidak terpasang dengan baik. Contohnya, kabel flat justru tidak terhubung ke board T-Con yang menjadi salah satu penyebab utama kerusakan sebuah TV LED.

Cara memperbaikinya sangat mudah, yaitu cukup dengan mengecek pada bagian belakang TV LED. Atau pengguna juga bisa mengetik pada bagian belakang TV yang terletak di sebelah bawah. Lakukan langkah tersebut secara berulang sampai garis yang muncul di TV LED menghilang hingga menjadi normal.

Baca Juga »  Manfaat Teknologi dalam Beberapa Aspek Kehidupan

2. Memeriksa Frame Tv

Frame TV juga bisa menjadi salah satu kendala serta penyebab garis yang muncul di layar. Hal ini umum terjadi apabila layar TV LED atau  berbahan logam mengalami karat. Maka dari itu seorang pengguna harus rutin untuk mengecek frame tv agar hal tersebut tidak merambah pada kendala lainnya.

Contohnya saja frame TV berkarat ini dapat menjalar ke kabel yang nantinya terhubung ke T-Con. Lambat laun semua permasalahan tersebut membuat layar TV menjadi bergaris. Keadaan demikian rentan terjadi apabila Sebuah alat elektronik khususnya TV diletakkan ditempat yang lembab.

3. Fungsi Board T-Con

Cara memperbaiki TV LED bergaris berikutnya adalah dengan mengecek keberadaan serta fungsi board T-Con. Kabel yang satu ini juga menjadi control yang sangat penting bagi TV LED. Jika diartikan, T-Con atau timing control berfungsi untuk pembentukan gambar dalam layar monitor sebuah televisi.

Baca Juga »  Apa Itu API ? Berikut Penjelasan dan Jenis-Jenisnya

Mengingat fungsinya untuk mengontrol pemunculan gambar maka kabel yang satu ini tidak boleh mengalami gangguan. Jika tidak, tentunya tampilan layar serta gambar yang ditimbulkan pun akan mengalami kerusakan. Umumnya kerusakan dari tabel tersebut pun diakibatkan karena tidak terhubung dengan baik ataupun terdapat tegangan yang hilang pada T-Con.

4. Mengendurnya Solderan IC vertikal

Penyebab TV LED bergaris selanjutnya adalah karena mengendurnya solderan IC vertikal. Kerusakan tersebut menyebabkan terjadinya gangguan pada garis horizontal sehingga sebagian gambar ataupun tayangan televisi tertutupi dengan adanya garis-garis horizontal. Cara memperbaiki TV LED bergaris horizontal ini adalah dengan menyolder IC vertikal.

Selain itu jangan lupa untuk mengecek bagian Elco yang terdapat di dekat IC vertikal. Apabila menemukan adanya bagian yang rusak maka segera untuk mengganti dengan yang baru. Tetapi bila semua permasalahan tersebut sudah dicek namun tidak membuahkan hasil maka ganti IC Vertikal dengan yang baru.

Baca Juga »  5 Rekomendasi Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

5. Kerusakan Elco horizontal

Permasalahan TV LED bergaris berikutnya adalah dengan kerusakan pada bagian Elco horizontal. Biasanya kendurnya bagian Elco horizontal menjadi penyebab mengapa TV LED muncul garis-garis vertikal.  ataupun disebabkan rusaknya short sehingga garis-garis vertikal selalu muncul saat penayangan gambar.

Bila mengalami gangguan maka dapat menyebabkan TV mengalami tegangan V yang tinggi. Maka dari itu sebagai pengguna perlu untuk rutin mengecek apabila antisipasi kerusakan terjadi.

Itulah beberapa cara memperbaiki TV LED bergaris. Umumnya hal ini hanyalah permasalahan sepele yang bisa di cek sendiri oleh pengguna. Maka dari itu, jangan buru-buru untuk membawa TV LED ke tukang reparasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.