Belajar Trading dari Nol untuk Pemula Agar Tak Rugi, Ini Caranya! (triesteallnews.it)
Belajar Trading dari Nol untuk Pemula Agar Tak Rugi, Ini Caranya! (triesteallnews.it)

Belajar Trading dari Nol untuk Pemula agar Tak Rugi, Ini Caranya!

Belajar trading dari nol sangat penting untuk dipahami pemula. Sebelum belajar trading, sebaiknya perlu memahami terlebih dahulu maksud dari trading tersebut. Trading adalah kegiatan jual beli instrumen investasi dalam jangka pendek yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Mengingat jangka waktu trading yang terbilang singkat, satu hal yang wajib Anda pelajari yakni arah pergerakan harga saham tersebut. Sebaiknya seorang trader terbiasa memantau fluktuasi harga yang terjadi di pasar setiap harinya. Hal ini dilakukan agar dapat memanfaatkan momentum untuk melakukan transaksi.

Inilah Cara Belajar Trading dari Nol

Trading saham dan investasi belakangan ini banyak diminati. Berikut ini adalah beberapa cara belajar trading yang perlu Anda ikuti secara cermat.

1. Pelajari Dasar-Dasarnya

Satu kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula saat belajar investasi saham yakni memulai dari materi yang sulit. Misalnya seperti mempelajari ke materi analisis fundamental dan teknikal saham. Namun tanpa memahami terlebih dahulu akan dasar-dasarnya.

Baca Juga »  Investasi untuk Pemula Modal Rp 50.000 Untung Sampai Tua

Mulai dari pengertian saham, alasan harga saham naik turun, cara melakukan trading saham, dan yang lainnya. Padahal, menguasai dasar-dasar investasi saham adalah hal yang sangat penting bagi pemula. Pemula akan lebih percaya diri untuk memulai perjalanan investasi.

2. Baca Buku

Untuk belajar trading dari nol perlu dilakukan dengan membaca buku. Kegiatan trading saham memang telah banyak dilakukan orang, bahkan sejak lama. Sudah banyak yang sukses lahir dari kegiatan trading saham tersebut. Beberapa juga telah membagikan pengalamannya melalui buku yang ditulis.

Penting bagi Anda untuk mempelajari langkah-langkah saat memulai dan adaptasi dengan kondisi Anda saat ini. Terlebih apabila akan memulai trading saham online modal kecil.

3. Tentukan Anggaran Trading Saham

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan pada tahap awal kegiatan dan berpengaruh pada pola trading saham Anda di kemudian hari yakni anggaran. Anda perlu menentukan anggaran yang akan digunakan agar lebih mudah menghitung keuntungan yang nantinya diperoleh.

Baca Juga »  Investasi yang Menguntungkan Inilah 4 Rekomendasi Terbaiknya

Pastikan untuk mengelola dana yang Anda miliki dengan sebaik-baiknya. Saat menggunakan lebih dari 10% portofolio ke saham individu, maka hanya akan membuat tabungan Anda tidak sehat. Oleh karena itu, pastikan untuk menginvestasikan sejumlah uang yang sudah Anda perhitungkan. Uang tersebut masih dalam batas wajar apabila Anda kehilangan.

4. Memilih Akun Pialang/Broker

Belajar trading dari nol selanjutnya dapat Anda lakukan dengan memilih akun pialang/broker. Setelah menentukan anggaran yang akan digunakan untuk trading saham, maka perlu memilih akun pialang/broker. Hal ini akan berpengaruh dengan jenis trading yang akan Anda jalani. Anda tidak dapat memulai trading saham tanpa adanya akun pialang.

Pialang/broker merupakan perusahaan yang melakukan perdagangan atas nama Anda. Broker tersebut memiliki pengaruh dan kekuatan yang besar terhadap akun Anda. Oleh karena itu, broker/pialang yang Anda pilih yakni pialang/broker yang baik. Pialang terbaik yang akan bergantung pada kebutuhan spesifik Anda.

Baca Juga »  Aplikasi Trading Saham Terbaik yang Diandalkan, Ini Rekomendasinya!

5. Pelajari Saham yang Akan Diperdagangkan

Apabila telah memiliki pialang, langkah selanjutnya perlu menentukan saham yang ingin Anda trading. Apabila Anda memutuskan untuk berinvestasi pada saham individu terdapat pertimbangan. Pastikan untuk menggunakan beberapa rasio analisis keuangan dalam membandingkan kinerja perusahaannya dengan pesaing.

Hal ini membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian dalam memilih saham individu. Anda perlu menggunakan analisis komparatif yang ekstensif. Hal ini dapat membantu memastikan dalam menambahkan saham terbaik ke portofolio Anda.

Pemula memang perlu memahami cara belajar trading dari nol. Anda dapat memulai trading tanpa harus mengalami kerugian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.