Begini Cara Mudah Untuk Mengubah PDF ke Word

Begini Cara Mudah Untuk Mengubah PDF ke Word
Begini Cara Mudah Untuk Mengubah PDF ke Word

Cara Mengubah PDF ke Word dengan Mudah

Di era digital saat ini, format pdf (Portable document format) menjadi salah satu pilihan utama untuk menyimpan dan membagikan data. Keunggulan pdf terletak pada kemampuannya menjaga format dan tampilan asli dokumen.

Namun, terkadang muncul kebutuhan untuk mengedit atau mengubah teks di dalam dokumen pdf. Solusi efektif untuk ini adalah dengan mengubah file pdf menjadi format word (doc atau docx) yang lebih mudah diubah. Artikel ini akan mengulas berbagai metode sederhana untuk melakukan konversi dari pdf ke word.

Menggunakan Adobe Acrobat Reader (versi berbayar)

Adobe acrobat reader dikenal sebagai salah satu perangkat lunak teratas untuk mengubah pdf menjadi word. Untuk akses ke kemampuan lebih lanjut, adobe acrobat pro versi berlangganan menawarkan berbagai opsi untuk mengedit dan mengubah dokumen pdf. Berikut adalah tahapan yang perlu diikuti:

  • Buka program adobe acrobat pro.
  • Klik pada “File” lalu “Open” untuk membuka dokumen pdf yang diinginkan.
  • Setelah dokumen terbuka, pilih “File” sekali lagi, kemudian “Save as” dan pilih opsi format “Microsoft word” (.docx).
  • Tentukan nama untuk dokumen baru dan pilih tempat penyimpanannya.
  • Tekan tombol “Save” untuk memulai proses konversi dari pdf ke word.

Menggunakan Aplikasi Konverter Online

Banyak situs konversi online gratis tersedia yang memungkinkan anda mengubah dokumen pdf menjadi word tanpa perlu menginstal software tambahan. Situs-situs terkenal yang menyediakan layanan ini termasuk smallpdf, ilovepdf dan online2pdf. Cara umum menggunakan layanan ini adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi website konverter pdf yang anda pilih.
  • Upload dokumen pdf yang ingin diubah.
  • Tentukan format keluaran sebagai “Microsoft word” atau “Doc/docx.”
  • Tekan tombol “Convert” atau “Start” untuk memulai proses konversi.
  • Setelah konversi selesai, unduh dokumen word yang sudah dikonversi.

Menggunakan Microsoft Word (Versi Terbaru)

Versi terkini dari microsoft word (mulai tahun 2013) menyediakan fitur untuk membawa masuk dan mengubah pdf menjadi dokumen word. Cara melakukan proses ini cukup mudah:

  • Pertama-tama, jalankan aplikasi microsoft word.
  • Pilih opsi “File” lalu “Open” untuk membuka dokumen pdf yang diinginkan.
  • Ketika dokumen pdf dibuka di word, akan muncul notifikasi yang menyatakan bahwa dokumen tersebut akan diubah formatnya. Tekan “OK.”
  • Setelah itu, dokumen dapat diubah sesuai kebutuhan dan disimpan dalam format .docx.

Menggunakan Aplikasi Konverter Desktop

Selain perangkat lunak berbasis web, terdapat berbagai aplikasi desktop yang bisa digunakan untuk mengubah pdf menjadi word, termasuk adobe acrobat pro (yang sudah disinggung sebelumnya), nitro pdf dan pdfelement. Cara penggunaannya umumnya serupa dengan cara menggunakan adobe acrobat pro.

Mengonversi file pdf ke format word bisa dilakukan dengan mudah melalui berbagai cara yang ada. Pilihlah cara yang paling cocok dengan keperluan dan jenis perangkat yang dipakai. Namun, penting untuk diingat bahwa kualitas konversi dapat berbeda tergantung pada tingkat kerumitan dokumen pdf.

Juga, penting untuk memastikan bahwa anda memiliki hak untuk mengubah dan menggunakan isi dokumen pdf tersebut sesuai dengan hukum hak cipta yang berlaku.

Dengan cara ini, anda bisa dengan leluasa mengedit, mengubah, atau membagikan konten yang dibutuhkan dari file pdf anda ke dalam format word yang lebih mudah untuk diubah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *