Begini Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Begini Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka di HP Android
Begini Cara Mengatasi Google Chrome Tidak Bisa Dibuka di HP Android ( techradar.com )

Google chrome, sebagai aplikasi penjelajah web, menjadi favorit di kalangan pengguna internet saat ini. Jika dihitung dari jumlah pengguna android, google chrome menjadi pilihan utama, sedangkan di bawahnya terdapat uc browser.

Keunggulan google chrome terletak pada kemudahannya dalam melakukan pencarian berkat integrasinya dengan akun google pengguna. Selain itu, google chrome dikembangkan dan dikelola langsung oleh tim google, memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan.

Aplikasi google chrome sudah terpasang pada seluruh perangkat android dan seperti yang mungkin anda ketahui, itu merupakan aplikasi bawaan pada semua perangkat android, tidak peduli mereknya.

Sayangnya, seiring dengan peningkatan pengguna android yang menggunakan google chrome, beberapa pengguna mengalami masalah dengan aplikasi ini. Salah satu masalah yang umum terjadi adalah ketidakmampuan untuk membuka google chrome.

Tak hanya itu, beberapa pengguna juga melaporkan masalah seperti munculnya pesan kesalahan yang menyatakan “Sayangnya google chrome telah berhenti” atau “Unfortunately google chrome has stopped”.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai solusi atas permasalahan tersebut, silakan baca penjelasan di bawah ini.

Memperbaiki Google Chrome Tidak Bisa Dibuka

Aplikasi sering mengalami kesalahan karena penyebab umum seperti memori yang terisi penuh atau akumulasi besar sejarah yang tidak dihapus di internal card.

Aplikasi browser, khususnya, cenderung menghasilkan banyak sejarah dan cache karena seringnya membuka halaman, baik itu media sosial atau penelusuran langsung di google. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa metode yang dapat anda terapkan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Bersihkan File Sampah Android

Salah satu langkah awal yang dapat anda tempuh adalah melakukan pembersihan file sampah pada perangkat android.

Pendekatan ini merupakan metode yang sangat efektif untuk mengatasi masalah aplikasi yang mengalami kesalahan atau tidak dapat dibuka. Anda dapat menggunakan aplikasi pembersih seperti clean master, ccleaner dan sejenisnya.

Aplikasi semacam itu mampu membersihkan file sampah dengan cepat. Selain menggunakan aplikasi, anda juga dapat membersihkan file sampah secara manual melalui aplikasi google chrome. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Buka menu pengaturan » aplikasi » kelola aplikasi » Cari “Google chrome” » hapus data » kemudian tap “Bersihkan cache“.

2. Bersihkan History Pencarian Web

Jika anda masih dapat membuka aplikasi google chrome tetapi mengalami kesalahan secara teratur, mencoba membersihkan riwayat atau sejarah pencarian google chrome bisa menjadi solusi.

Kemungkinan besar, ketika pencarian tidak pernah dihapus selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan, aplikasi dapat menjadi lambat, terhenti, sering mengalami kesalahan, sulit untuk mengunduh, muncul pesan kesalahan dan mengalami masalah lainnya.

Untuk membersihkan riwayat pencarian, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Buka aplikasi google chrome » di kanan atas, klik titik tiga » history » hapus data penjelajah » dan untuk menghapusnya, anda tinggal tap “Hapus data”.

3. Paksa dan Hapus Data Google Chrome

Salah satu cara ketiga yang dapat anda terapkan adalah dengan memaksa berhenti aplikasi dan menghapus data google chrome. Tindakan ini akan mengembalikan aplikasi ke pengaturan awal dan menghapus semua konfigurasi yang ada.

Semua informasi di google chrome, termasuk basis data, data login, bookmark, cache dan riwayat, akan dihapus secara permanen. Metode ini tidak hanya berlaku untuk google chrome, tetapi juga dapat anda gunakan pada aplikasi lain jika mengalami masalah.

Buka menu pengaturan » aplikasi » kelola aplikasi » Cari “Google chrome” » penyimpanan » kemudian tap “Hapus data“.

4. Update Google Chrome

Salah satu langkah keempat yang dapat anda ambil adalah melakukan pembaruan pada aplikasi google chrome ke versi terbaru. Tindakan ini efektif untuk mengatasi bug atau kerusakan yang mungkin muncul pada google chrome.

Selain itu, anda juga akan dapat menikmati fitur terbaru yang ditawarkan oleh google chrome. Caranya cukup sederhana, anda hanya perlu masuk ke google play store, lalu cari dan lakukan update pada aplikasi google chrome.

  • Buka google play store » aplikasi & game saya » cari dan buka aplikasi “Google chrome“. Setelah itu, ketuk opsi “Update” untuk melakukan pembaruan.

5. Matikan, Cabut SIM Card, SD Card Android

Akses google play store » Pilih “Aplikasi & game saya” » buka aplikasi “Google chrome” » ketuk opsi “Update” untuk melakukan pembaruan.

Setelah melaksanakan semua langkah di atas, disarankan untuk mematikan smartphone android anda. Selanjutnya, lepaskan sim card dan sd card. Tunggu beberapa saat agar tidak ada daya yang masuk ke perangkat android. Setelah itu, pasang kembali kartu-kartu tersebut dan hidupkan kembali perangkat android anda.

Semoga setelah tindakan ini, googlechrome dapat digunakan dengan normal kembali.

Kesimpulan,

Agar terhindar dari kesalahan dalam aplikasi, disarankan untuk secara rutin membersihkan file sampah menggunakan aplikasi cleaner seperti clean master, ccleaner, cm booster dan sejenisnya. Aplikasi semacam itu memungkinkan anda membersihkan sampah hanya dengan sekali ketuk, memberikan pengalaman yang lebih mudah dan cepat.

Demikian ringkasan mengenai cara mengatasi kesalahan pada google chrome, diharapkan dapat membantu dan memberikan manfaat. Jika anda memiliki pertanyaan atau ingin menyampaikan sesuatu, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini.

Terima kasih dan semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *