cara agar jaringan tidak lemot

Begini 5 Cara Agar Jaringan Tidak Lemot Dengan Mudah Dan Simple

Dewasa ini, di balik suksesnya kegiatan yang dilakukan, tidak dapat dipungkiri bahwa jaringan internet yang stabil sangat diperlukan. Pengetahuan mengenai cara agar jaringan tidak lemot dapat membantu ketika terjadi kendala pada jaringan.

Dengan pemahaman ini, setidaknya gangguan saat mengakses jaringan internet tanpa berlama-lama dapat segera teratasi. Tidak ada lagi istilah kebingungan saat dihadapkan situasi ini.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab jaringan internet lemot. Bisa karena sinyal WiFi atau data seluler, jumlah perangkat yang berjalan, hingga jangkauan sinyal.

Padahal, semua orang menginginkan jaringan internet yang stabil yang bisa mendukung berbagai kebutuhan. Di bawah ini merupakan 5 cara agar jaringan tidak lemot:

1. Lakukan Restart Pada Smartphone Yang Digunakan

Sama dengan mengaktifkan mode pesawat selama beberapa saat, melakukan restart smartphone pun merupakan salah satu upaya agar jaringan tidak lemot.

Dalam istilah software, restart memiliki pengertian menjalankan, melakukan, bahkan meloading ulang sistem operasi dari awal yang berjalan pada suatu perangkat smartphone. Cobalah untuk mematikan smartphone beberapa saat, kemudian nyalakan kembali.

Baca Juga »  Kesal HP Lamban? Coba Cara Agar HP Tidak Lemot Berikut Ini!

Melakukan restart akan membantu memperbaiki kinerja smartphone yang digunakan. Dengan restart ini, smartphone secara otomatis akan membersihkan semua bug yang bisa saja terakumulasi. Cara ini juga dipercaya dapat memberikan efek positif pada kekuatan jaringan internet pada smartphone yang sedang digunakan.

2. Lepaskan Kartu Sim Beberapa Saat Kemudian Nyalakan Kembali

Cara kedua yang bisa dilakukan yaitu dengan melepaskan kartu sim beberapa saat. Ketidakstabilan jaringan internet bisa saja disebabkan karena gangguan pada slot kartu sim.

Dengan mengeluarkan kartu sim selama beberapa menit lalu memasangnya kembali, terbukti efektif memperbaiki jaringan internet. Bisa juga mencoba mengganti dengan kartu sim provider lain.

3. Tutuplah Program Pada Browser Yang Tidak Digunakan

Terlalu banyak membuka program pada browser dapat membuat jaringan internet lambat. Mengapa demikian? Sebab setiap program yang dibuka secara otomatis menjalankan proses dibalik layar yang tanpa disadari menghabiskan jaringan internet ke program tersebut.

Baca Juga »  Inilah Cara Memperbaiki Power Bank yang Rusak

Program yang memerlukan pemutaran video, tentu membutuhkan lebih banyak bandwidth sehingga akan membatasi bandwidth ke aplikasi lain.Selain itu, ada Windows Update yang merupakan program bawaan yang juga melakukan proses tersembunyi ini.

Proses update Windows ini berlangsung saat jam sibuk, menjadikan internet yang digunakan pun akan teralihkan sehingga menjadi lemot. Oleh sebab itu, biasakanlah mengawasi proses tersembunyi di background ini dan tutup semua program yang tidak dibutuhkan.

4. Pasang Antivirus Pada Perangkat Yang Digunakan

Internet merupakan akses bagi worm untuk mudah masuk ke dalam perangkat yang digunakan melalui jaringan komputer. Cara agar jaringan tidak lemot dapat ditempuh dengan jalan memasang antivirus pada perangkat yang digunakan.

Sebab jika perangkat sudah terinfeksi virus worm ini, maka koneksi internet pun akan menjadi lambat. Menjengkelkan, bukan?

Baca Juga »  5 Launcher Android Terbaik Paling Populer Saat Ini

5. Hubungi Operator Sesuai Provider Yang Digunakan

Jika semua cara sudah dilakukan namun tetap belum berhasil, cobalah hubungi operator. Jika memperbaiki jaringan tidak bisa dilakukan sendiri, siapa tahu operator dari provider yang digunakan bisa membantu permasalahan tersebut. Karena, gangguan jaringan tersebut bisa saja disebabkan oleh gangguan dari operatornya sendiri.

Demikian lima cara agar jaringan tidak lemot yang dapat dicoba saat mendapat kendala dalam akses jaringan internet. Meskipun demikian, sebagai pengguna smartphone tentu saja harus mengenal dan mau mencari tahu apa penyebab dari gangguan ini. Semoga kendala ini dapat teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.