Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Ngelag Simak Tips Berikut! (unsplash)
Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Ngelag Simak Tips Berikut! (unsplash)

 Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Ngelag? Simak Tips Berikut!

Cara mengatasi laptop ngelag berikut ini bisa Anda terapkan saat laptop Anda bermasalah. Perangkat elektronik satu ini  memang menjadi barang elektronik yang harus dimiliki saat ini. Karena laptop ini sangat membantu untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Namun yang sering menjadi masalah adalah ketika laptop Anda ngelag.

Biasanya laptop ngelag ini tidak akan berfungsi dengan baik atau laptop Anda akan lambat dalam merespon. Tentu hal ini akan sangat menyita waktu Anda. Terlebih ketika Anda harus mengerjakan pekerjaan yang penting secepatnya. Biasanya laptop ngelag ini juga disebabkan oleh beberapa hal.

Berikut Ini Cara Mengatasi Laptop Ngelag

Biasanya faktor pertama yang membuat laptop ngelag adalah banyak program yang Anda jalankan. Sehingga laptop Anda menjadi lambat dalam merespon. Selain itu, hal ini biasanya terjadi karena Anda tidak memperbarui sistem operasi laptop Anda. Sehingga membuat laptop Anda menjadi lambat.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa saja melakukan beberapa cara sehingga laptop Anda tidak akan lambat lagi dan bisa berjalan dengan semestinya. Untuk itu, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar laptop Anda tidak lambat dan bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya.

Baca Juga »  Cek Cara Reset Laptop Hp Windows 10, Solusi Laptop Lamban Tanpa Kehilangan Data

1. Tutup Beberapa Program

Cara mengatasi laptop ngelag yang pertama Anda bisa menutup beberapa program yang sebelumnya sempat Anda jalankan. Meskipun seperti yang kita tahu ketika laptop ngelag sangat sulit untuk menggerakan kursor dan membuka program tersebut, Anda akan kesulitan dalam mengoperasikan tombol mouse.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa menggunakan beberapa tombol pada laptop seperti ctrl + alt + Del pada keyboard Anda dengan tujuan untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan. Biasanya setelah Anda memencet beberapa tombol ini akan muncul notifikasi task manager atau close program. Anda bisa klik and task untuk menutup program yang berjalan.

2. Restart Laptop

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan ketika menghadapi laptop ngelag adalah dengan merestart laptop Anda terlebih dulu, agar laptop Anda kembali berfungsi dengan benar. Karena biasanya laptop ngelag ini akan berdampak kepada beberapa program sekaligus yang mengakibatkannya tidak bisa berfungsi atau ngelag.

Baca Juga »  Tahapan Setting Windows Agar Tidak Lemot Tanpa Perlu Install Ulang

Nah, Anda bisa mencoba untuk melakukan restart, biasanya dengan melakukan ini Anda bisa membuka beberapa aplikasi yang tadinya tidak bisa terbuka. Namun cara ini sebenarnya bisa menghilangkan progress atau pekerjaan Anda yang belum sempat tersimpan di laptop.

3. Update Program

Cara mengatasi laptop ngelag selanjutnya Anda juga bisa melakukan update program terbaru. Karena biasanya laptop ngelag ini juga disebabkan oleh program yang belum terupdate. Namun hal ini hanya bisa Anda lakukan ketika program tersebut memang sudah tersedia dalam versi terbaru saja.

Anda bisa melakukan pembaruan pada program ini dengan cara membuka website yang menyediakan program pembaruan atau Anda bisa datang ke store untuk melakukan pembaruan pada aplikasi. Anda bisa melakukan upgrade sesuai aplikasi yang Anda inginkan. Selanjutnya, beberapa menit tunggulah hingga aplikasi terunduh.

Baca Juga »  Kursor Laptop Bergerak Sendiri? Jangan Khawatir, Ini Cara Mengatasinya!

4. Batasi penggunaan Program

Laptop ngelag ini juga bisa disebabkan karena Anda terlalu banyak menggunakan program. Nah, Anda bisa mengatasinya dengan membatasi penggunaan program. Sebaiknya jangan menggunakan program yang memang tidak Anda perlukan, sehingga laptop tidak terlalu terbebani.

Cara mengatasi laptop ngelag ini bisa Anda coba terapkan ketika laptop Anda mulai ngelag atau tidak dapat berfungsi dengan benar. Sebaiknya jangan terlalu banyak juga dalam menggunakan aplikasi terutama beberapa aplikasi yang memang cukup besar agar laptop tidak terbebani.

Leave a Reply

Your email address will not be published.