Bagaimana Cara Hosting di Google Cloud Baca Penjelasannya Disini! (berozgaaridur.com)
Bagaimana Cara Hosting di Google Cloud Baca Penjelasannya Disini! (berozgaaridur.com)

Bagaimana Cara Hosting di Google Cloud? Baca Penjelasannya Disini!

Tidak sedikit orang yang mungkin belum mengetahui cara hosting di Google Cloud. Ya, sebab setelah Anda mendaftar Google Cloud sudah tentu Anda ingin memakainya untuk menghostingkan website Anda, bukan?

Nah, pada artikel berikut ini admin bakal memberikan tutorial mengenai cara membuat VPS di Google Cloud. Baik dengan memakai fitur yang suda tersedia maupun secara manual.

Bagaimana Cara Hosting di Google Cloud?

Hosting sendiri adalah layanan online untuk mengoperasikan aplikasi web atau website pada internet. Pada saat Anda membeli layanan hosting tersebut, artinya Anda meminjam space pada server guna menyimpan data-data yang diperlukan oleh website Anda. Dapat Anda katakan bahwa hosting merupakan elemen paling penting dari sebuah website.

Menilik dari pentingnya data-data perusahaan yang tersimpan di dalam server, maka Anda wajib untuk memilih layanan hosting terbaik. Bukan hanya untuk memastikan tingkat keamanannya, namun hosting juga berpengaruh terhadap kinerja sebuah website.

Nah, sebelum mengetahui cara hosting di Google Cloud, akan lebih baik jika Anda tahu lebih dahulu tentang persyaratan hosting di Google Cloud.

Persyaratan hosting di Google Cloud, antara lain:

  • Punya akun Google Cloud.
  • Sudah membuat project.
  • Mempunyai domain (Anda dapat membelinya melalui Google Domain atau penyedia yang lain).
  • Memilih control panel yang sudah disediakan oleh Google Cloud untuk Anda yang tak ingin ribet.
  • Membuat VM Instance pada Compute Engine.
  • Mempunyai pengetahuan menginstal Control Panel.
  • Punya lisensi kontrol panel untuk Anda yang memakai Cpanel atau Plesk dengan metode satu klik instal control panel.

Langkah Hosting di Google Cloud

Cara pertama bagi Anda yang tidak ingin repot dengan urusan install VPS adalah dengan metode  klik Install Control Panel. Ya, Anda bisa menginstal Control panel mulai dari yang cuma-cuma alias gratis sampai dengan berbayar. Seperti Cpanel, Cyberpanel, Pleks, dan lain sebagainya.

Nah, untuk Pleks Anda bakal memperoleh free trial lisensi selama tujuh hari dan sesudahnya bakal dikenakan biaya yang penagihannya ke dalam akun Anda. Ikuti instruksi berikut ini sebagai cara hosting di Google

Baca Juga »  Inilah Web Hosting Gratis dengan Layanan Tak Kalah dari Berbayar

Langkah Instalasi Hosting di Google Cloud dengan Memakai 1 Klik Install Control Panel

  1. Login ke Console Google Cloud

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu login ke Google Cloud Console memakai akun Anda lewat link berikut ini https://cloud.google.com.

  1. Silahkan pilih menu marketplace

Cara hosting di Google Cloud berikutnya yaitu Anda memilih menu marketplace dengan cara mengklik garis 3 di pojok kiri atas dashboard kemudian scroll sampai Anda mendapati menu Marketplace.

  1. Pilihlah menu Virtual Machine

Lakukan ceklist Virtual machine untuk membuka semua fitur 1 klik instal yang ada pada Google Cloud

  1. Pilihan Control Panel

Anda bisa memilih Control Panel mana yang Anda inginkan. Dari admin sendiri merekomendasikan kepada Anda untuk memakai Cpanel, Cyberpanel, atau Plesk, ya! Pasalnya, ketiga Control panel itu mudah untuk Anda pergunakan. Nah, bagi Anda yang ingin memakai Cyberpanel, silakan memilih yang Cyberpanel Official karena gratis. Sementara itu, untuk Pleks akan memberikan trial 7 hari. Sedangkan Cpanel Anda sudah harus punya lisensinya, ya!

  1. Klik launch

Cara hosting di Google Cloud berikutnya yaitu mengklik tombol “Launch untuk memulai pengaturan (setting) dan penginstalan.

  1. Setting server

Pada langkah ini, Anda bisa melakukan setting mulai dari lokasi server, jenis CPU beserta jumlahnya, memilih RAM dan hardisk yang hendak Anda pakai. Masing-masing spsifikasi mempunyai harga yang berbeda-beda juga. Untuk total harganya bisa Anda lihat di kolom sebelah kanan sesudah Anda melakukan setting.

  1. Klik deploy

Usai Anda melakukan setting, cara hosting di Google Cloud berikutnya lanjutkan dengan mengklik deploy untuk melakukan penginstalan server yang telah Anda pilih tadi. Lalu apabila sudah selesai akan ditandai dengan munculnya alamat IP Address, username, password dari control panel yang Anda pilih tersebut.

Anda bisa langsung melakukan login dan setting control panel memakai alamat IP serta port yang sudah diberikan.

Baca Juga »  Simak Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting yang Cocok Untuk Website Bisnis Online

Langkah Instalasi Hosting di Google Cloud Menggunakan Cara Manual

Cara hosting di Google Cloud ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi ngoprek server. Sebab dengan memakai langkah satu ini, Anda benar-benar membuat server dari nol. Ya, dimulai dari pembuatan server VPS di Google Cloud sampai melakukan setting server serta menginstall Control panel. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Login ke Google Cloud Console

Untuk membuat VPS pada Google Cloud ini Anda pun harus terlebih dahulu login ke Google Cloud Console memakai akun yang sudah Anda punya.

  1. Membuat virtual machine

Langkah kedua cara hosting di Google Cloud ini adalah membuat virtual machine, caranya yakni sebagai berikut:

  • Silahkan membuka Menu (klik garis 3 di pojok atas dashboard Google Cloud)
  • Carilah menu Compute Engine
  • Kemudian pilihlah VM Instances
  • Selanjutnya, apabila diminta silahkan aktifkan API
  1. Memilih serta mensetting server

Nah, sesudah Anda klik VM Instance, maka Anda bakal dihadapkan pada layar pengaturan server VPS Anda. Di sini Anda bisa memilih lokasi server sesuai dengan keinginan, memilih tipe serta jumlah CPU dan RAM, memilih jenis hardisk beserta ukurannya, juga memilih Operating System yang hendak Anda pergunakan.

Untuk biaya tiap-tiap spesifikasi server mulai CPU, harddisk, dan juga RAM tidak sama. Semakin tinggi spek yang Anda pakai, maka bakal makin tinggi pula biaya yang perlu Anda keluarkan. Jika ingin melihat rincian biayanya, Anda dapat melihat kolom di sebelah kanan pada layar.

  1. Membuat VPS

Cara hosting di Google Cloud berikutnya adalah klik “Deploy” untuk memulai membuat VPS Anda. Anda harus menunggu sampai selesai prosesnya yang ditandai dengan munculnya IP Address username, dan password SSH VPS yang akan Anda pergunakan untuk login ke VPS lewat SSH.

  1. Atur VPS Memakai SSH

Langkah terakhir yaitu login ke VPS Anda memakai SSH untuk melakukan update dan juga setting VPS serta menginstal Control Panel maupun program lainnya yang ingin Anda pakai.

Baca Juga »  Tutorial Hostinger yang Benar Guna Meningkatkan Sebuah Website, Perlu Anda Ketahui!

Sesudah VPS dan Control Panel selesai Andac buat, maka Anda harus melakukan pointing domain supaya nantinya website maupun control panel bisa diakses memakai domain. Untuk melakukannya, terdapat dua cara yakni memakai DNS server Google Cloud atau Anda bisa langsung memakai domain management dari penyedia layanan domain yang Anda beli.

Cara Mengarahkan Domain ke VPS Google Cloud dengan Domain Management selain DNS Google

  • Login ke dashboard tempat Anda membeli domain lalu pilih menu domain > Domain Management.
  • Buatlah A record ke IP Address VPS Anda.
  • Lalu buatlah Cname record untuk www dan semua subdomain Anda supaya nantinya mengarah ke VPS Anda seluruhnya.
  • Berikutnya klik Buat atau Simpan.

Cara Mengarahkan Domain Memakai Google Cloud DNS

  • Di dashboard Google Cloud Console pilihlah menu Network Services lalu pilih Sub menu Cloud DNS.
  • Buatlah DNS dengan memasukkan nama domain lalu buatlah  A Record ke IP VPS Anda.
  • Kemudian buatlah Cname Record Domain Anda dan login ke penyedia layanan domainnya
  • Pilihlah domain > ubah nama server.
  • Ubah name server memakai nama server Google yang bisa Anda lihat di Name Server pada menu DNS yang sudah Anda buat sebelumnya.

Nah, seperti itulah cara hosting di Google Cloud. Sangat mudah, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published.