Aplikasi Penjual Foto di Android Shutterstock Contributor

Aplikasi penjual foto di Android Shutterstock Contributor bisa Anda gunakan untuk mendapatkan uang hanya dengan menjual hasil foto. Kini foto memang bukan hanya bisa Anda simpan sendirian saja, namun juga bisa Anda jual sehingga menghasilkan uang yang lumayan. Apalagi kini sudah tersedia banyak aplikasi atau website yang bisa Anda manfaatkan untuk menjual berbagai foto.

Bagi Anda yang hobi fotografi pun bisa menjual hasil karya jepretan Anda dalam aplikasi atau website tersebut. Jadi selain menyenangkan karena bisa melakukan hobi, Anda pun bisa mendapat keuntungan jika foto laku terjual. Dengan begitu pun maka hobi bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan, bukan hanya kesenangan saja.

Aplikasi penjual foto di Android Shutterstock Contributor

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan Shutterstock. Di sini Anda bisa mendapatkan berbagai foto yang keren dan berkualitas. Shutterstock sudah banyak menjadi pilihan sebagai tempat menjual foto bagi para fotografer, terutama yang berasal dari luar negeri. Anda pun bisa mencoba menjualnya di sana dan meraup banyak keuntungan.

Cara Menjual Foto di Shutterstock

Cara menjual foto di aplikasi penjual foto di Android Shutterstock tidaklah sulit dan bisa Anda terapkan dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Registrasi sebagai Contributor

Sebelum bisa menjual hasil jepretan Anda harus mendaftar sebagai kontributor di Shutterstock terlebih dahulu. Caranya yaitu buka Shutterstock kemudian cari menu registrasi. Setelah itu isi formulir yang disediakan dengan benar dan lengkap untuk membuat akun.

Selanjutnya Anda bisa melakukan konfirmasi email yang sebelumnya telah terdaftar, setelah itu maka Anda sudah resmi bergabung dan menjadi contributor. Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan sebelumnya Anda juga sudah memiliki akun Paypal untuk mempermudah transaksi dari penjualan foto.

  • Upload Foto

Setelah proses registrasi selesai, Anda pun bisa mulai menjual gambar. Caranya yaitu dengan upload hasil foto yang memiliki kualitas yang bagus pula. Meskipun bebas mengupload foto, namun terdapat kriteria yang harus terpenuhi.

Diantaranya yaitu foto harus hasil karya sendiri, bukan mengambil karya orang lain, foto tidak mengandung unsur brand dan watermark. Kemudian jika foto menggunakan objek orang maka perlu adanya model release, yaitu sebuah pernyataan bahwa model yang ada dalam foto bersedia jika ia dijadikan sebagai objek foto.

  • Foto akan Direview Shutterstock

Setelah Anda megupload foto, selanjutnya foto akan di seleksi. Jika lolos, maka foto akan langsung dimasukkan ke aplikasi penjual foto di Android Shutterstock, sedangkan jika foto tidak lolos maka akan dipending oleh mereka. Shutterstock akan memberikan saran untuk perbaikan hasil foto, misalnya kurang fokus, resolusinya kurang, dan lain sebagainya. Dengan begitu pun maka Anda bisa menghasilkan foto yang lebih bagus dan menghindari kesalahan yang sama.

  • Shutterstock Memberikan Keterangan Pendapatan

Foto yang lolos seleksi akan langsung dibeli oleh Shutterstock dan mereka pun akan memberikan keterangan pendapatan dari foto yang dibeli. Namun untuk bisa menikmati hasilnya maka Anda harus menunggu saldo Paypal terisi hingga 200 dolar, setelah itu maka Anda bisa melakukan penarikan saldo Paypal ke rekening bank Anda.

Cara Upload Foto di Shutterstock

Cara untuk mengupload foto di Shutterstock mungkin masih membuat Anda bingung dan tidak tahu bagaimana caranya. Nah, berikut adalah langkah-langkah untuk mengupload fotonya:

  1. Pertama buka aplikasi penjual foto di Android Shutterstock Contributor, jika belum memilikinya maka Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu.
  2. Setelah itu klik tombol panah ke atas lalu klik tanpa “+” yang ada di bagian atas untuk mencari foto yang akan dijual.
  3. Kemudian pilihlah foto mana yang akan diupload.
  4. Tunggulah proses upload foto hingga 100%, lalu submit konten.
  5. Cara upload foto di Shutterstock Contributor pun sudah selesai.

Ketika mengupload foto, Anda juga harus menyertakan Metadata. Metadata yaitu deskripsi, kategori dan keyword yang berguna untuk memudahkan foto ditemukan oleh orang lain. Berikut adalah caranya:

  1. Pilih foto yang sejenis untuk dilengkapi metadata.
  2. Klik “Photo” untuk image type dan “Commercial” untuk usage.
  3. Buat judul atau deskripsi dengan Bahasa Inggris, minimal 5 kata dan maksimal terdiri atas 200 huruf.
  4. Setelah judul jadi selanjutnya pilih jenis kategori yang paling sesuai dengan foto.
  5. Pada bagian bawah terdapat menu Release. Jika foto menggunakan objek orang maka Anda harus menyertakan file mode release. Kemudian jika foto berupa bangunan, karya seni atau lainnya maka Anda wajib menyertakan file property release.
  6. Terakhir isi keyword atau kata kunci. Anda bisa menggunakan keyword yang disediakan di bagian paling bawah atau menggunakan fitur keyword tool yang ada pada menu paling atas.

Syarat Jual Foto di Shutterstock

Meskipun Anda bebas ingin mengupload foto apa saja, namun terdapat persyaratan yang harus dipenuhi agar foto bisa terjual di aplikasi penjual foto di Android Shutterstock. Diantaranya yaitu seperti:

  • Minimal Memiliki Resolusi 4 Megapixel

Syarat utama foto bisa dijual di Shutterstock yaitu harus memenuhi resolusi serta jenis file sesuai dengan yang ditentukan. Shutterstock ini mengharuskan semua foto yang akan diupload memiliki minimal resolusi 4 megapixel. Ukuran tersebut berlaku untuk jenis foto dengan format jpg, vektor, dan juga eps.

  • Kualitas Baik

Selanjutnya yaitu foto harus memiliki kualitas yang baik, mulai dari faktor pencahayaan, fokus bahkan noise yang dihasilkan. Anda pun bebas mengambil foto baik menggunakan kamera maupun HP. Hal yang terpenting yaitu kualitasnya harus bagus agar bisa lolos proses seleksi dan foto berhasil terjual.

  • Tidak Mengandung Unsur Sara

Syarat yang tak kalah penting yaitu foto tidak boleh mengandung unsur SARA. Jika foto yang Anda upload terindikasi unsur SARA maka foto tersebut akan langsung ditolak bahkan akan diblokir tanpa adanya review. Karena itu pastikan jika Anda memilih foto yang menarik namun tetap sopan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara menjual foto melalui aplikasi penjual foto di Android Shutterstock Contributor. Jika Anda bisa konsisten mengupload foto yang berkualitas maka peluang foto terjual akan semakin besar.

Klik Disini untuk unduh aplikasinya dari Google Playstore atau register langsung dari Web Official Shutterstock Disini .