Aplikasi Keluarga Sehat, Permudah Pemakaian dengan Fitur Lengkap (moondoggiesmusic.com)
Aplikasi Keluarga Sehat, Permudah Pemakaian dengan Fitur Lengkap (moondoggiesmusic.com)

Aplikasi Keluarga Sehat, Permudah Pemakaian dengan Fitur Lengkap

Kehadiran Aplikasi Keluarga Sehat mendukung pelayanan kesehatan yang lebih terpadu. Setiap orang pasti menginginkan kehidupan yang sejahtera dan terhindar dari segala penyakit. Meski telah menjaga diri agar terhindar dari sumber penyakit, namun musibah mungkin saja menimpa Anda. Tentu saja harus mendatangi puskesmas maupun rumah sakit untuk dapat memperoleh perawatan lebih lanjut.

Terkadang masyarakat merasa khawatir dengan biaya pengobatannya. Belum lagi prosesnya yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah lamanya proses pendataan di rumah sakit maupun puskesmas. Pemerintah telah menghadirkan sebuah aplikasi yang bertujuan agar produk bantuan bagi masyarakat yang ingin berobat atau memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih terpadu. Aplikasi tersebut sangat bermanfaat dengan fitur yang lengkap.

Inilah Fitur Lengkap dari Aplikasi Keluarga Sehat

Aplikasi Keluarga Sehat adalah aplikasi pendataan kesehatan dengan terintegrasi data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) milik Disdukcapil. Dengan sudah terintegrasinya data pada sistem ini, tentunya menjadikan proses pendataan yang lebih efektif dan efisien. Melalui aplikasi ini, data lapangan, data pasien, data fasilitas kesehatan, hingga data analisis bisa Anda peroleh dengan lebih mudah.

Baca Juga »  Wajib Tahu! Daftar Aplikasi Edit Video Kekinian

Aplikasi ini membantu akses data yang lebih mudah sehingga akan mempercepat proses penindaklanjutan dalam hal pelayanan kesehatan  kepada masyarakat. Pengguna aplikasi ini yakni surveyor, operator puskesmas, kepala puskesmas, dinas kesehatan kabupaten/kota, dinas kesehatan provinsi, serta kementerian kesehatan. Dengan berbagai kebutuhan pengumpulan data dan informasi, berikut ini adalah sejumlah fitur yang mempermudah pemakaian aplikasinya.

1. Fitur Tahun Aktif

Fitur ini hanya digunakan khusus admin pusat dan manajemen tahun pelaporan data survei untuk seluruh penggunanya. Sebelumnya, aplikasi Keluarga Sehat yang dapat digunakan akan ditentukan kapan periode aktif dalam penginputan data pada tahun berjalan.

2. Fitur Transfer Wilayah Kerja

Fitur ini digunakan untuk memindahkan data keluarga pada suatu wilayah desa atau kelurahan di puskesmas awal ke puskesmas tujuan. Untuk fitur ini yang hanya digunakan khusus admin pusat.

3. Fitur Wilayah Kerja

Fitur ini yang secara khusus digunakan oleh Admin PKM (Admin Puskesmas). Fungsinya untuk memetakan desa/kelurahan di suatu wilayah kerja puskesmas. Caranya dengan menginput atau mendaftarkan wilayah kerjanya per desa / kelurahan, baik dalam satu wilayah kecamatan maupun lebih.

Baca Juga »  Inilah Alasan Kenapa Fitur Musik Instagram Tidak Ada Suaranya, Yuk Simak!

4. Fitur Rukun Warga

Fitur ini yang secara khusus digunakan admin PKM. Fungsinya untuk menginput atau mendaftarkan RW dan RT sesuai yang ada pada wilayah kerjanya per desa/kelurahan. Apabila ada daerah yang tidak memiliki RW maupun RT, maka setiap puskesmas perlu melakukan inventarisasi daerah tersebut. Selanjutnya akan melakukan penomoran secara mandiri.

5. Fitur Sasaran Wilayah

Fitur sasaran wilayah pada aplikasi Keluarga Sehat ini digunakan admin PKM. Fungsinya untuk menentukan jumlah target/ sasaran pendataan pada suatu wilayah kerja puskesmas. Tentu saja  berdasarkan jumlah keluarga sasaran pada wilayah kerjanya per desa/ kelurahan.

6. Fitur Target Surveyor

Fitur ini digunakan oleh admin PKM untuk mencapai target kinerja surveyor. Target yang telah ditetapkan untuk dapat meningkatkan kepedulian dan rasa tanggung jawab bagi para surveyor. Khususnya terhadap data keluarga yang menjadi tanggung jawabnya.

7. Fitur Monitoring Wilayah

Fitur monitoring wilayah yang digunakan untuk mengawasi kinerja capaian dari puskesmas dan surveyor. Caranya dengan membandingkan antara target/ sasaran yang telah ditetapkan dengan realisasi data keluarga yang telah diinput oleh para admin PKM.

Baca Juga »  6 Cara Agar Followers Tiktok Banyak dengan Mudah

8. Fitur IKS Puskesmas

Untuk fitur ini digunakan dalam melihat Indeks Keluarga Sehat (IKS) berdasarkan wilayah kerja puskesmas pada setiap indikatornya.

9. Fitur Crosstab

Fitur ini digunakan untuk analisis data dengan menggunakan data mentah yang telah diunduh melalui akun admin PKM. Sehingga dapat diolah secara mandiri dan di-upload kembali ke aplikasi. Selanjutnya, data akan di kustomisasi dalam bentuk crosstab analisis data, baik dalam bentuk tabulasi, grafik, dan yang lainnya.

Aplikasi Keluarga Sehat ini membantu akses data yang lebih mudah. Fiturnya yang lengkap akan mempercepat proses penindaklanjutan dalam hal pelayanan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.