Apa Perbedaan Proxy dan VPN_ Ini Informasi Lengkapnya!

Pada akhirnya perbedaan Proxy dan VPN menjadi informasi yang penting diketahui oleh pengguna internet di era modern ini. Melalui dua jaringan inilah, nantinya pengguna internet bisa memperoleh aktivitas yang lebih baik saat menggunakan internet.

Apalagi dengan kegiatan dalam penggunaan internet yang bisa dibilang sangat sering bagi sebagian besar orang. Tentunya mulai memahami tentang melindungi data diri menggunakan Proxy maupun VPN adalah hal penting. Namun, apa sebenarnya beda dua hal ini? Berikut ulasannya:

Mengenal VPN dan Proxy

Internet menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat dunia. Baik untuk kegiatan sekolah, pekerjaan bahkan juga hiburan rasanya semua membutuhkan internet untuk digunakan.

Inilah kemudian yang membuat penggunaan ponsel terus meningkat tiap tahunnya. Tapi sebenarnya internet juga tidak begitu saja aman saat digunakan. Ada banyak ancaman cyber yang bisa saja terjadi pada seseorang saat menggunakan internet.

Pengaruh negatif ini bukan hanya dari media sosial yang menimbulkan banyak pengaruh mental pada seseorang. Adanya kebocoran data, menjadi ancaman tidak langsung yang dapat terjadi pada seseorang bahkan tanpa diketahui.

Hal ini bisa terjadi, karena pada dasarnya hampir semua pengguna internet akan menggunakan akses email sebagai identitas pengguna. Inilah kemudian yang secara tidak sadar membuat server pusat mengetahui data pribadi dari pengguna.

Apalagi bila terjadi pengguna internet sering kali membuka web, yang tanpa sadar dapat mendeteksi data pribadi pengguna. Tentunya, hal ini akan menjadi berbahaya bila kemudian data digunakan untuk hal-hal ilegal.

Namun, sebenarnya bocornya data diri pengguna internet juga bisa diminimalisir dengan cara menggunakan VPN atau pun Proxy. Dua sistem ini memiliki fungsi yang memberikan akses internet kepada penggunanya.

Keamanan data inilah kemudian yang tidak bisa dilakukan oleh jaringan internet biasa. Pada dasarnya dengan menggunakan jaringan dari VPN maupun Proxy, nantinya dapat memungkinkan pengguna mengakses internet dengan lebih luas.

Namun, tentunya menggunakan dengan legal jaringan internet serta mengakses situs yang tepat juga diperbolehkan adalah poin yang perlu diperhatikan. Hal ini menjadi penting, karena penggunaan situs ilegal tentunya juga bisa menjadi masalah dengan hukum.

Melalui VPN maupun Proxy, nantinya pengguna internet bisa menyembunyikan identitas asli saat tengah menggunakan internet. Ini tentunya akan menjadi jalan yang lebih aman dibandingkan langsung melakukan browsing seperti biasanya.

Tidak heran, bila akhirnya beberapa pengguna internet memilih menggunakan salah satu dari dua sistem ini untuk melindungi data pribadi. Apalagi dengan maraknya pencurian data yang terjadi beberapa bulan terakhir.

Amankah Menggunakan Proxy juga VPN?

Mempertanyakan keamanan penggunaan Proxy juga VPN, sebenarnya menjadi hal yang wajar. Apalagi VPN sendiri merupakan jaringan yang banyak disalahgunakan oleh sebagian besar penggunanya.

Tentunya dengan mengetahui keamanan dalam penggunaan jaringan ini pun, nantinya pengguna juga bisa lebih nyaman dalam mengakses internet. Mari simak ulasan berikut untuk lebih jelasnya:

1. VPN Lebih Aman Dibanding Proxy

Hal pertama yang perlu diketahui bahwasannya VPN memiliki sistem jaringan yang sebenarnya lebih aman dalam menjaga data pribadi dibandingkan Proxy. Karena pada dasarnya VPN akan mengalihkan IP, sehingga menyamarkan data pengguna internet.

Hal inilah kemudian yang tidak bisa dilakukan Proxy dimana Proxy hanya akan mengganti IP. Tentunya, hal ini akan membuat server mengetahui apa saja yang diakses oleh IP yang diganti tersebut.

2. Legalitas VPN serta Proxy

Bila membicarakan terkait legalitas kedua sistem sebenarnya hal ini tergantung dari pengguna internet itu sendiri. Penggunaan Proxy serta VPN akan menjadi legal, bilamana pengguna memang menggunakan untuk akses internet pada umumnya.

Namun, hal ini akan menjadi legalitas bila ternyata VPN maupun Proxy digunakan untuk mengakses hal-hal yang ilegal pula. Inilah kemudian yang perlu diperhatikan oleh setiap pengguna internet dimana harus bijak dalam mengakses situs dalam internet.

3. Data Akan Aman dari Hacker

Pada dasarnya, menggunakan VPN pun juga akan menjadi satu keamanan data dari hacker yang bisa saja mengambil alih akun. Hal inilah kemudian yang membuat keamanan data dari pengguna internet VPN sangat dapat diandalkan.

Beberapa sistem Proxy yang sudah menggunakan SSL pun juga mampu melakukan hal yang sama. Ini nantinya akan membuat informasi akun dari pengguna internet bisa lebih aman dari hack meskipun tentu tidak menutup kemungkinan dapat terjadi.

Apa Beda VPN serta Proxy?

Mengetahui perbedaan Proxy dan VPN pada dasarnya adalah dua hal yang perlu dipahami terlebih dahulu sebelum kemudian menggunakan salah satunya. Tentunya dengan mengetahui perbedaannya, maka pengguna bisa mengetahui kelebihan serta kelemahan kedua sistem.

Umumnya akan ada beberapa poin yang membedakan dua sistem ini dalam penggunaannya. Lalu, apa sebenarnya perbedaan mencolok dari kedua sistem internet tersebut? Mari simak ulasannya berikut:

1. Perbedaan dalam Cara Menyamarkan IP

Perbedaan mencolok yang pertama adalah dalam menyamarkan IP pengguna internet. Pada Proxy sendiri, nantinya IP pengguna akan diganti dengan IP dari Proxy. Hal ini nantinya akan membuat kegiatan yang terjadi di internet seolah dilakukan oleh Proxy.

Inilah kemudian yang membedakan dengan VPN dimana IP pengguna akan disembunyikan. Bahkan lokasi negara pun juga akan diganti. Hal ini, nantinya akan membuat seolah kegiatan internet dilakukan di negara lain dan tidak diketahui siapa yang mengakses.

2. Perbedaan dalam Melakukan Enkripsi

Enkripsi data juga menjadi perbedaan Proxy dan VPN berikutnya. Pada Proxy sendiri sebenarnya belum semuanya menggunakan sistem SSL. Hal inilah kemudian yang menyebabkan kemungkinan hacker masih bisa menembus jaringan internet pengguna.

Berbeda dengan VPN yang sudah melakukan enkripsi pada setiap data pengguna, sehingga lebih aman. Hal ini, tentunya akan membuat identitas juga kegiatan dalam dunia maya lebih aman dilakukan.

3. Opsi Lokasi Server

Hal yang menjadi perbedaan Proxy dan VPN berikutnya adalah opsi lokasi dari server yang digunakan. Pada Proxy sendiri pengguna memang tidak bisa memiliki hak untuk mengganti lokasi penggunaan internet.

Inilah kemudian yang membedakan dengan VPN dimana nantinya pengguna bisa mengganti lokasi negara pada saat mengakses internet. Tentunya, ini nantinya akan menyamarkan identitas lokasi dari pengguna internet.

4. Kecepatan Jaringan

Perbedaan lain dari Proxy dan VPN juga bisa dilihat melalui kecepatan jaringan dalam mentransfer data internet. Hal ini sebenarnya menjadi kelemahan lain dari Proxy dimana jaringan akan lambat bila digunakan secara terus menerus.

Inilah kemudian yang membedakan dengan VPN dimana jaringan akan selalu stabil saat digunakan. Bahkan bila dalam keadaan yang baik VPN pun bisa memberikan layanan jaringan yang sangat cepat.

Itulah tadi sekilas perbedaan Proxy dan VPN yang wajib diketahui oleh pengguna internet. Khususnya bagi seseorang yang memang selalu berkutat dalam dunia maya. Namun, menggunakan VPN juga roxy dengan bijak tentunya juga menjadi poin yang sangat penting untuk dilakukan.