Apa Itu Mata Uang Kripto dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Mata uang kripto
Mata uang kripto ( gizmochina.com )

Dalam beberapa tahun terakhir, uang kripto atau cryptocurrency telah menjadi semakin terkenal sebagai bentuk mata uang. Ada beragam jenis uang kripto yang ditemukan di seluruh dunia.

Kata “cryptocurrency” sendiri berasal dari gabungan dua kata, yaitu “cryptography” yang artinya enkripsi atau kode rahasia dan “currency” yang berarti mata uang. Jadi, uang kripto adalah mata uang digital yang keamanannya dijaga dengan enkripsi yang kompleks.

Singkatnya, uang kripto adalah jenis mata uang digital yang dilengkapi dengan sistem enkripsi canggih untuk memastikan keamanan dan perlindungan mata uang tersebut.

Uang Kripto Adalah

Menurut investopedia, cryptocurrency adalah bentuk uang digital yang diamankan dengan teknik kriptografi, menjadikannya sangat sulit untuk dipalsukan atau digunakan lebih dari satu kali.

Kriptografi adalah teknik yang digunakan untuk mengamankan informasi dan saluran komunikasi dengan mengaplikasikan kode-kode rahasia.

Sejarah kriptografi bisa ditelusuri kembali ke era perang dunia II, ketika Jerman menggunakan metode ini untuk mengirim pesan rahasia yang sulit untuk dipecahkan oleh sekutu.

Penerapan teknologi kriptografi dalam mata uang kripto membuatnya sangat tahan terhadap manipulasi. Artinya, mata uang kripto ini tidak dapat dipalsukan dengan mudah.

Sejumlah besar mata uang kripto beroperasi dalam jaringan yang terdesentralisasi, yang didasarkan pada teknologi blockchain. Teknologi blockchain ini bisa diibaratkan sebagai sebuah buku besar terdistribusi yang dijaga dan diperkuat oleh berbagai jaringan komputer.

Cara Kerja Mata Uang Cryptocurrency

Terdapat tiga aspek utama yang mendefinisikan operasi mata uang kripto: sifatnya yang sepenuhnya digital, penggunaan enkripsi dan struktur desentralisasi.

Ini berbeda dari mata uang tradisional seperti dolar as, euro, atau rupiah, karena tidak ada lembaga pusat yang mengeluarkan mata uang kripto. Ini membuatnya teoritis tidak terpengaruh oleh intervensi atau manipulasi pemerintah.

Dalam sistem mata uang kripto, para penggunanya memiliki kendali penuh melalui internet untuk mengatur dan mengelola mata uang tersebut.

Bitcoin adalah mata uang kripto yang pertama kali diperkenalkan. Konsep mata uang kripto ini telah diuraikan oleh satoshi nakamoto dalam karyanya, “Bitcoin: A peer-to-peer electronic cash system,” yang tersedia di situs web bitcoin.org.

Dalam karyanya tersebut, nakamoto menggambarkan proyek mata uang kripto sebagai sistem pembayaran elektronik yang didasarkan pada bukti kriptografi, bukan hanya pada kepercayaan. Bukti kriptografi ini termanifestasi dalam bentuk transaksi yang diverifikasi dan direkam dalam sebuah sistem yang dikenal sebagai blockchain.

Jenis Uang Kripto

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi di aset kripto atau cryptocurrency, penting untuk memahami bahwa saat ini terdapat lebih dari 10.000 jenis mata uang kripto yang beredar di pasaran.

Di sisi lain, beberapa negara saat ini tidak menggunakan istilah cryptocurrency. Alasannya adalah karena istilah ini sering diasumsikan sebagai mata uang digital yang dapat digunakan untuk transaksi pembayaran.

Namun, kenyataannya, tidak semua negara mengakui kripto sebagai alat pembayaran yang legal.

Hingga saat ini, hanya el salvador yang telah mengakui mata uang kripto sebagai alat pembayaran resmi. Banyak negara lain masih dalam proses menyesuaikan dan mengatur penggunaan kripto.

Di indonesia, tercatat ada 229 jenis aset kripto yang resmi terdaftar di badan pengawas perdagangan berjangka komoditi (Bappebti).

Berikut adalah daftar mata uang kripto yang paling terkenal dan memiliki nilai kapitalisasi pasar tertinggi dalam dolar amerika serikat:

  • Bitcoin
  • Ethereum
  • Binance coin
  • Cardano
  • Dogecoin
  • Litecoin

Setiap mata uang kripto memiliki ciri khas tersendiri. Misalnya, bitcoin adalah mata uang kripto dengan nilai kapitalisasi pasar paling tinggi di dunia. Saat ini, total kapitalisasi pasar bitcoin telah mencapai 671,78 miliar dolar as, yang setara dengan sekitar Rp 9.673,63 triliun (dengan kurs Rp 14.400).

Di posisi kedua dalam pasar mata uang kripto adalah ethereum. Ethereum bukan hanya mata uang kripto, tetapi juga sebuah perangkat lunak atau software yang beroperasi di jaringan blockchain dan bersifat open source atau dapat diakses secara bebas.

Aplikasi yang berjalan pada jaringan blockchain ini menggunakan mata uang kripto yang dikenal sebagai ether. Tujuan pembuatan ethereum adalah untuk memperluas penggunaan teknologi blockchain lebih jauh dari sekedar bitcoin, memungkinkan aplikasi yang lebih beragam.

Berbeda dari bitcoin yang memiliki jumlah terbatas, jumlah ethereum tidak terbatas. Saat ini, harga ethereum berada di sekitar 2.200 dolar as per unit.

Beberapa negara memandang mata uang kripto sebagai instrumen investasi atau aset kripto. Di indonesia, mata uang kripto dikategorikan sebagai komoditas yang dapat diperdagangkan.

Sejak 2019, mata uang kripto telah diakui secara legal di indonesia oleh kementerian perdagangan melalui badan pengawas perdagangan berjangka komoditi (Bappebti). Namun, meski legal, mata uang kripto di indonesia hanya dianggap sebagai komoditas perdagangan, bukan sebagai sarana pembayaran.

Regulasi dari bappebti yang mengesahkan perdagangan mata uang kripto di indonesia terdapat dalam peraturan bappebti nomor 5 tahun 2019 mengenai ketentuan teknis pasar fisik aset kripto di bursa berjangka.

Di sisi lain, penggunaan mata uang kripto sebagai alat pembayaran dinyatakan ilegal atau dilarang, berdasarkan undang – undang no. 7 tahun 2011 tentang mata uang, yang menyatakan bahwa rupiah adalah mata uang resmi yang dikeluarkan oleh negara kesatuan republik indonesia (NKRI).

Menurut data dari kementerian perdagangan indonesia, per mei 2021, jumlah investor aset kripto di indonesia telah mencapai 6,5 juta orang, meningkat lebih dari 50% dibandingkan dengan tahun 2020 yang tercatat sebanyak 4 juta orang.

Mata uang kripto adalah aset digital yang dirancang sebagai alat pertukaran dengan menggunakan teknologi kriptografi canggih untuk mengamankan transaksi finansial, mengatur penciptaan unit baru dan memvalidasi transfer aset.

Fatwa MUI Mengenai Mata Uang Kripto

Majelis ulama indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa yang menyatakan penggunaan mata uang kripto atau cryptocurrency sebagai haram. Keputusan ini diambil dalam forum ijtima ulama nasional ke-VII.

Akibat dari fatwa ini, transaksi menggunakan mata uang kripto dianggap tidak sah. Hal ini didasarkan pada penilaian bahwa mata uang kripto memiliki unsur gharar (ketidakpastian), dharar (kerugian) dan bertentangan dengan undang-undang nomor 7 tahun 2011 serta peraturan bank ndonesia nomor 17 tahun 2015.

Salah satu alasan utama mui mengharamkan mata uang kripto adalah karena sifatnya yang gharar, artinya terdapat unsur ketidakpastian dalam mata uang tersebut.

Demikianlah penjelasan tentang status hukum mata uang kripto menurut mui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *