Anti Boros dengan 6 Tips agar Baterai Laptop Awet yang Mudah Dilakukan (pixabay.com)
Anti Boros dengan 6 Tips agar Baterai Laptop Awet yang Mudah Dilakukan (pixabay.com)

Anti Boros dengan 6 Tips agar Baterai Laptop Awet yang Mudah Dilakukan

Pembahasan mengenai tips agar baterai laptop awet sepertinya sangat penting kamu simak, terutama jika kamu mempunyai software satu ini. Karena perawatan baterai laptop dengan hp sangatlah berbeda, sehingga tidak dapat dilakukan dengan cara yang sama. Bahkan merawat baterai laptop terbilang mudah dilakukan, sehingga kamu wajib tahu.

Selain itu menjaga baterai laptop supaya tetap awet adalah, salah satu jenis investasi yang menguntungkan. Karena jika kamu tahu dan pandai merawat baterai laptop, maka tidak perlu repot-repot keluar uang untuk biaya servicenya. Karena memang laptop mempunyai fungsi utama untuk portabilitas, sehingga harus dirawat dengan cara yang tepat.

Bagaimana Tips agar Baterai Laptop Awet?

Laptop juga menjadi salah satu software yang banyak digunakan, terutama untuk kamu pekerja kantor. Sudah pasti akan menggunakan laptop ketika sedang bekerja, hal ini karena teknologi semakin canggih. Berikutnya di bawah ini kita akan membahas, beberapa tips supaya baterai laptop selalu awet.

1. Cas Ketika Baterai Laptop Sudah di Bawah 50%

Ketika kamu menggunakan laptop tersebut setiap hari, maka pastikan selalu cas ketika baterainya sudah di angka 50%. Karena jika kamu selalu menggunakan laptop tanpa melihat baterainya, maka software juga akan mudah rusak. Sedangkan ketika baterai laptop masih di angka 90%, maka tidak perlu di cas lagi. Namun pastikan bahwa baterai berada diantara 20-80%, dalam waktu sepekan.

Baca Juga »  Cek Cara Reset Laptop Hp Windows 10, Solusi Laptop Lamban Tanpa Kehilangan Data

2. Silahkan Aktifkan Fitur Smart Charging

Setiap laptop memang mempunyai fitur yang berbeda, karena memang harganya juga berbeda antara 1 dengan lainnya. Sehingga ketika jenis laptop kamu mempunyai fitur smart charging, maka pastikan selalu dalam keadaan ON ketika sedang digunakan. Karena fitur tersebut dapat membantu kamu, dalam menjaga daya baterai laptop sesuai kebutuhan.

3. Pastikan Baterai Laptop Tidak Panas

Ketika kamu terlalu sering menggunakan laptop, biasanya software akan lebih mudah panas. Bahkan ketika kamu cas dan digunakan, maka laptop juga akan panas. Sehingga ketika kamu ingin baterai lebih awet, maka pastikan temperatur panas di laptop tetap standar. Karena jika temperaturnya terlalu tinggi, maka baterai laptop juga akan habis lebih cepat.

Baca Juga »  Ternyata Ini 2 Cara Partisi SSD Windows 10 yang Perlu Diketahui

4. dengan Mengaktifkan Mode Penghemat Baterai

jika kamu menginginkan baterai laptop tetap awet, maka dapat mengaktifkan mode penghemat. Karena di windows sendiri, memang sudah khusus tersedia fitur battery saver. Sehingga kamu dapat memanfaatkan fitur tersebut, supaya baterai laptop jauh lebih awet dan tahan lama. Biasanya fitur tersebut tersedia di pojok kanan bawah, dan kamu tinggal tekan ikon “Battery Settings”.

5. Silahkan Cabut Periferal yang Tidak Diperlukan

Periferal sendiri adalah hardware tambahan yang nantinya dihubungkan ke laptop atau komputer, dengan tujuan untuk meningkatkan kegunaannya serta membantu dalam segi pekerjaan. Biasanya perangkat tambahan tersebut adalah USB printer, webcam, atau USB mouse. Sedangkan kabel periferal sendiri akan menyedot daya baterai laptop, sehingga sangat dianjurkan untuk mencabutnya ketika tidak digunakan.

Baca Juga »  Mudah dan Cepat, Berikut Ini 5 Cara Restart Laptop dengan Keyboard!

6. Cas Laptop Sebelum Mati

Terkadang ada banyak orang yang lupa cas laptop, terutama saat sedang sibuk bekerja. Karena kelalaian tersebutlah, biasanya baterai laptop menjadi mudah lowbat. Bahkan kondisi tersebut menjadi salah satu penyebab, dimana baterai laptop mudah aus atau tidak akan bertahan lama. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka kamu dapat mengecas hp saat baterai sudah di angka 20%. Pastikan tidak menunggu laptop mati baru dicas, supaya baterai tetap awet dan tahan lama.

Jangan lupa ikuti beberapa tips agar baterai laptop awet di atas, supaya tidak perlu repot-repot keluar biaya untuk service dan perawatan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.