Analisa Kelemahan Usaha Es Krim Yang Perlu Diketahui

Analisa Kelemahan Usaha Es Krim Yang Perlu Diketahui

Es krim merupakan jenis dessert yang lumayan digemari berbagai kalangan, khususnya masyarakat Indonesia. Di negara tropis, es krim termasuk dessert menyegarkan. Akibatnya, target pasar penjualan es krim cukup luas dan menjanjikan di Indonesia. Namun sebelum merambah dunia wirausaha, alangkah baiknya melakukan beberapa analisa kelemahan usaha es krim terlebih dahulu.

Adapun tujuan pemberlakuan analisa usaha untuk para calon wirausahawan ialah untuk membuat perancangan serta peminimalisiran kendala. Melalui proses analisa hingga riset singkat tersebut, calon wirausahawan jadi lebih mengetahui pengetahuan mengenai dasar berusaha serta pemberlakuan problem solving yang sesuai. Berikut ini ulasan selengkapnya:

Peluang Usaha Es Krim

Tidak bisa dipungkiri, garis lintang khatulistiwa melalui wilayah Indonesia. Situasi alam tersebut menyebabkan beberapa wilayah di Indonesia mendapatkan lebih banyak sinar matahari daripada wilayah lainnya. Akibatnya, suhu di Indonesia menjadi lebih hangat bahkan cenderung panas. Berdasarkan hal tersebut, banyak masyarakat Indonesia menyukai es krim karena menimbulkan sensasi segar.

Baca Juga »  5 Peluang Usaha Aneka Keripik Renyah Untungnya Pecah!

Adapun berbagai kalangan penggemar es krim berasal dari anak-anak hingga orang dewasa. Pangsa pasar yang cukup besar tersebut menyebabkan peluang keberhasilan usaha es krim diklaim cukup menjanjikan. Selain karena kondisi alam, usaha kuliner sejenis ini diyakini beberapa orang keuntungannya cukup menjanjikan. Alasannya karena kecenderungan orang Indonesia yang menyukai beragam kuliner.

Namun, selain menyajikan peluang keuntungan lumayan besar dan menjanjikan, ternyata terdapat beberapa kelemahan usaha es krim yang perlu diketahui calon wirausahawan. Fakta tersebut dapat digunakan sebagai pengetahuan untuk meminimalisir kendala di kemudian hari. Adapun kelemahan paling masif dari usaha es krim ini terletak dalam sektor pemasok serta peralatan yang digunakan.

Kelemahan Usaha Es Krim

Apabila ditinjau secara general, pelaku usaha es krim di Indonesia terlihat seperti lebih banyak mendapatkan keuntungan dari berbagai aspek terkait. Meskipun begitu, keadaan tersebut bukan berarti menghilangkan realita kelemahan usaha es krim yang menyertai. Selalu ada kelebihan dan kelemahan dalam beragam situasi, termasuk dalam proses usaha es krim di Indonesia.

Baca Juga »  Inilah Cara Memulai Usaha Makeup yang Menjanjikan

Namun calon wirausahawan tidak perlu merasa risau menghadapi situasi tersebut. Para pelaku usaha hanya perlu melakukan analisa pasar untuk mendapatkan pengetahuan dasar mengetahui cara berusaha serta mendapatkan problem solving. Selain mencari tahu kelebihan usaha es krim, calon wirausahawan juga harus mengetahui kelemahannya untuk meminimalisir kendala. Adapun kelemahan usaha tersebut, meliputi:

1. Membutuhkan Peralatan Pendingin Yang Tepat

Sesuai penjelasan sebelumnya, Indonesia dinyatakan sebagai negara yang dilalui garis lintang khatulistiwa. Akibatnya, suhu udara di Indonesia rata-rata lebih tinggi bahkan akhir-akhir ini cenderung panas. Oleh karena itu calon wirausahawan membutuhkan peralatan pendingin yang tepat agar produk tidak mudah meleleh. Jika tidak, produk es krim akan gagal beku hingga cita rasa berkurang.

2. Membutuhkan Daya Listrik Besar

Peralatan pendingin yang tepat dan sesuai untuk penyimpanan es krim realitanya membutuhkan daya listrik yang besar. Apabila semakin besar daya yang digunakan, biaya pembayaran listrik juga cenderung lebih mahal. Oleh karena itu, calon pengusaha harus mencari pendingin yang sesuai dengan daya listrik di rumah.

Baca Juga »  5 Strategi Usaha Sparepart Motor untuk Pemula yang Wajib diketahui

3. Pemasok Masih Minim

Meskipun es krim diklaim sebagai dessert yang digemari oleh berbagai kalangan di Indonesia, realitanya pemasok es krim yang berkualitas masih rendah dan cenderung langka. Calon wirausahawan perlu melakukan survey secara sungguh-sungguh untuk mendapatkan produk berkualitas agar tidak mendapatkan kekecewaan pembeli.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa analisa kelemahan usaha es krim yang perlu diketahui calon wirausahawan. Selalu ada kelebihan dan kekurangan dalam berbagai situasi, pastikan untuk melakukan riset untuk meminimalisir kendala usaha.

Pencarian Popular

kelemahan es krim adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published.