8 Situs Penyedia VPS Gratis Tanpa Kartu Kredit yang Bisa Dikunjungi

Bagi yang sedang membangun website, maka server yang dipakai sangatlah penting. Pengguna bisa memanfaatkan VPS, atau yang biasa dinamai dengan virtual private server. Kebanyakan VPS memang berbayar dengan kartu kredit. Namun ada juga VPS gratis tanpa kartu kredit yang bisa difungsikan.

Pada artikel kali ini, akan diberikan daftar situs penyedia VPS yang gratis dan tidak perlu kartu kredit untuk menjalankannya. Penasaran apa saja situs penyedia VPS yang akan direkomendasikan? Untuk mengetahui daftarnya, simak detail uraian yang ada di bagian bawah ini:

1. Oracle Cloud

Situs pertama yang direkomendasikan adalah Oracle Cloud. Jika pengguna memilih untuk memanfaatkan layanan dari situs ini, maka akan ada banyak benefit yang didapat. Benefit pertama yang akan didapat adalah jangka waktu penggunaan yang panjang.

Dengan memanfaatkan VPS dari situs ini, maka pengguna bisa memakainya selama 30 hari lamanya. Selama jangka waktu tersebut, tidak akan dikenakan biaya apapun. Hal ini dikarenakan, pengguna akan masuk masa uji coba yang dikategorikan dalam layanan yang gratis.

Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan server dengan ukuran yang besar. Setidaknya akan ada 5 TB ruang yang sudah disediakan. Ukuran ini, tentunya tergolong sangat besar untuk dimanfaatkan. Oleh sebab itu, banyak yang akhirnya memanfaatkan layanan ini.

Melalui jumlah ruang tersebut, maka pengguna bisa membangun situs website yang mumpuni. Bahkan, ukuran tersebut juga bisa dipakai untuk membangun dan mengelola sebuah aplikasi. Jadi intinya, ukuran yang diberikan akan sangat berguna.

2. IBM Cloud

Pilihan kedua yang bisa dimanfaatkan adalah sebuah situs bernama IBM Cloud. Sama seperti golongan yang pertama di atas, konsep yang ditawarkan oleh situs ini adalah untuk jangka pendek atau hanya untuk uji coba saja. Waktu yang diberikan adalah sebesar 1 bulan lamanya.

Jadi, layanan ini tidak bisa difungsikan untuk golongan jangka waktu yang lama. Jika ingin lama, maka harus dilakukan proses pembayaran terlebih dahulu. Meski gratis, namun layanan yang diberikan IBM Cloud ini juga sangat baik dan menyeluruh. Jadi, pengguna bisa tetap puas dengan pelayanannya.

Nantinya, pengguna akan mendapat kredit sebesar 200 dolar untuk melakukan pembelian berbagai kebutuhan. Tentunya pembelian ini adalah untuk kebutuhan server dan hanya bisa dilakukan di IBM Cloud saja. Meski demikian, pengguna tidak perlu bingung karena jumlah itemnya sangat banyak.

3. Cloud Sigma

Untuk situs penyedia VPS gratis tanpa kartu kredit selanjutnya adalah Cloud Sigma. Bagi yang ingin melakukan uji coba secara cepat, maka layanan dari situs ini akan sangat pas untuk dijalankan. Jangka waktu yang diberikan sendiri hanya 7 hari saja.

Dalam jangka waktu 7 hari tersebut, pengguna bisa memanfaatkannya secara menyeluruh tanpa harus melakukan proses pembayaran. Layanan dan fitur yang disediakan, akan sama seperti versi berbayarnya dan tentunya bisa dimanfaatkan secara menyeluruh.

Meski masih banyak pihak yang belum familiar dengan situs ini, namun sebenarnya jumlah penggunanya sudah tergolong banyak. Penggunaannya juga tergolong mudah dan tidak akan membingungkan pengguna baru, yang memang membutuhkannya secara menyeluruh.

4. Bitnami Cloud

Pilihan yang juga sangat fungsional selanjutnya adalah Bitnami Cloud. Dengan memanfaatkan layanan dari situs ini, maka pengguna akan mendapat rincian informasi yang jauh lebih lengkap. Jadi selain mendapatkan layanan VPS gratis, pengguna juga akan diberikan informasi dasar terlebih dahulu.

Misal pengguna masih belum mengenai apa itu VPS, maka Bitnami Cloud akan menjelaskannya secara menyeluruh. Aspek ini, tentunya akan sangat penting dan krusial untuk dipahami mengingat tidak banyak yang paham tentang VPS secara lebih mendalam dan menyeluruh.

Tidak hanya itu saja, pengguna juga bisa melakukan instalasi berbagai hal dengan layanan Bitnami Cloud. Mulai dari pemasangan Moodle, WordPress, dan lain sebagainya. Software-software tersebut tentunya bisa berguna untuk membangun website yang mumpuni.

5. Google Cloud

Golongan situs penyedia VPS gratis tanpa kartu kredit lainnya adalah Google Cloud. Dengan memanfaatkan layanan dari Google Cloud ini, maka pengguna juga akan mendapatkan banyak aspek kemudahan. Salah satunya adalah jumlah limit kredit yang sangat banyak.

Untuk satu kali penggunaannya, maka pengguna akan diberikan 300 dolar kredit yang bisa difungsikan. Tentunya nominal tersebut bisa didapat, setelah pengguna melakukan pendaftaran untuk proses trialnya. Setelah mendaftar, maka nominal tersebut akan didapatkan.

Semua layanan cloud computing dari situs ini sudah disediakan secara menyeluruh dan lengkap. Melalui layanan tersebut, maka pengguna bisa menjalankan banyak proses tugas atau proyek yang relevan dengan kebutuhan pengembangan website dan yang sejenisnya.

6. Alibaba Cloud

Kemudian ada juga Alibaba Cloud yang tentunya sangat fungsional. Pilihan VPS yang disediakan situs ini sangat banyak, termasuk yang gratis dan tergolong konsep uji coba. Jadi pengguna bisa memilih dan menyesuaikan pilihan dengan layanan yang diinginkan.

Karena masuk dalam masa uji coba, maka jangka waktu yang diberikan tidak akan terlalu banyak. Meski demikian, susunan fiturnya masih sama dan tidak menjadi lemah. Hal ini, tentunya akan sangat menguntungkan pengguna yang memanfaatkan layanannya.

Jika dijabarkan kualitasnya, maka Alibaba Cloud ini tergolong yang paling berkualitas dibandingkan yang lainnya. Fakta ini, tentunya didasarkan pada berbagai aspek sekaligus. Saat pengguna memanfaatkannya, maka pengguna bisa merasakan kualitas tersebut secara langsung.

7. AWS Amazon

Situs bernama AWS Amazon juga menyediakan VPS gratis tanpa kartu kredit, yang bisa langsung difungsikan. Jika layanan lainnya hanya menawarkan masa uji coba yang gratis selama 1 bulan saja, maka AWS Amazon menyediakan waktu sebanyak 12 bulan penuh.

Jadi selama kurun waktu tersebut, pengguna bisa memanfaatkannya secara gratis dan tidak harus mengeluarkan biaya apapun. Karena adanya layanan ini, maka semakin waktu jumlah pengguna AWM Amazon juga semakin banyak dan terus meningkat.

Bukan hanya menguntungkan dari segi pembayarannya saja, situs ini juga menyediakan VPS dengan kualitas tinggi yang bisa langsung dimanfaatkan siapa saja. Dengan adanya fakta tersebut, maka pengguna bisa memanfaatkannya tanpa harus merasa kecewa.

8. Microsoft Azure

Pilihan terakhir yang juga masuk jajaran rekomendasi terbaik adalah Microsoft Azure. Waktu penggunaan yang diberikan secara gratis, adalah selama 1 bulan lamanya. Sedangkan untuk nilai kredit yang diberikan adalah sebesar 200 dolar. Nilai ini, tentunya masuk jajaran yang banyak.

Saat akan menggunakan layanannya, maka setiap pengguna harus melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. Setelah akun terbuat, maka segala aturan harus ditaati. Jika tidak, maka akun akan dihapus dan nilai kredit akan dihapuskan. Dengan demikian, pengguna tidak bisa memanfaatkannya secara gratis.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai daftar VPS gratis tanpa kartu kredit yang bisa dipakai. Karena pilihannya ada banyak, maka pengguna bisa memilih dan menemukan yang paling sesuai dengan kebutuhan. Oleh sebab itu, pastikan untuk memahami setiap bagiannya dengan baik.