software anti virus terbaik

7 Software Anti Virus Terbaik yang Ampuh Atasi Virus dan Malware

Menginstall anti virus merupakan suatu kebutuhan untuk mengatasi serangan virus dan malware. Walaupun perangkat sudah memiliki bawaan anti virus, bukan berarti hal ini dapat disepelekan. Adanya proteksi ganda dapat melindungi PC/ Laptop dari serangan merugikan, terlebih jika berisi file atau dokumen penting. Inilah beberapa rekomendasi software anti virus terbaik yang dapat dipilih:

1. Avast

Avast Antivirus merupakan salah satu anti virus tidak berbayar yang dibekali dengan keamanan jaringan dan password. Selain itu juga adanya perlindungan hardware dari serangan hacker. Saat mengunjungi yaitu mode gamer secara otomatis, di mana tidak ada koneksi lambat dan notifikasi pop-up berlebihan. Adanya fitur CyberCapture mampu membersihkan perangkat dari berbagai ancaman malware atau virus.

2. Avira

Avira merupakan software anti virus terbaik yang hadir sejak tahun 1986. Selain sudah cukup lama, performa dan user interfacenya dikenal cukup mumpuni. Fitur yang dimiliki seperti protection cloud berguna untuk menganalisa file berisi virus dan fitur tambahan seperti firewall dan game booster. Dalam menggunakan Avira juga tidak perlu menyerahkan beberapa informasi pribadi maupun email.

Baca Juga »  Tahapan Setting Windows Agar Tidak Lemot Tanpa Perlu Install Ulang

3. McAfee Security

McAfee Security merupakan anti virus yang memiliki keakuratan deteksi sebesar 100% baik pada perangkat Windows, iOS, Mac dan Android. Anti virus ini dapat memblokir dan mengidentifikasi ancaman canggih sekalipun seperti spyware maupun ransomware. Fitur ekstra pada sistem operasinya mendukung dasbor intuitif dan mencapai 10 perangkat. Untuk fitur tambahannya pun lebih banyak ditawarkan seperti VPN, proteksi kebobolan identitas bahkan anti phising.

4. Bitdefender

Bitdefender adalah software anti virus terbaik yang dapat dipasang pada Windows dan MacOS. Anti virus ini dapat diaktifkan sebagai eksistensi pada browser dan menandai jika adanya pencarian  yang tidak aman atau dikenal skema phishing. Software ini tergolong ringan digunakan sehingga tidak memberatkan kinerja PC/ Laptop saat pemakaian. Selain mudah digunakan, software ini juga memiliki perlindungan AI yang terbaik.

Baca Juga »  Pengertian Spyware, Sejarah, Cara Kerja dan Bahaya Spyware

5. Kaspersky Security

Kaspersky dapat memblokir bahkan memperingatkan file unduhan yang membahayakan device. Fitur virtual keyboard berfungsi sebagai perlindungan dari ancaman pelacak atau keylogger saat menginput informasi login maupun nomor kartu kredit. Selain itu, ada fitur parental control yang berfungsi untuk membatasi penggunaan HP pada anak dan memblokir situs tertentu. Namun, untuk menggunakan fitur ini harus dalam versi berbayar.

6. Norton 360

Norton 360 bekerjasama dengan LifeLock untuk menjaga keamanan seluruh identitas dan memberikan informasi jika diperjualbelikan. LifeLock juga dapat mengawasi pasar gelap yang akan mencuri informasi pribadi penggunanya. Anti virus ini dapat menandai pencarian browser berbahaya atau tidak aman yang disebut skema phishing. Keunggulan lainnya yaitu dapat menyembunyikan identitas seperti lokasi dan IP melalui layanan VPN.

Baca Juga »  Perbedaan RAM Dan ROM Yang Penting Untuk Diketahui

7. Panda Security

Panda Security dapat digunakan pada perangkat Android maupun Windows. Anti virus ini dapat menjadwalkan pemindaian secara otomatis atau sesuai permintaan. Perlindungan perangkat yang dilakukan yakni dengan mengeksekusi malware secara otomatis dari drive USB dan sistem pemulihan PC/ Laptop. Pemindaian dilakukan dengan membersihkan PC/ Laptop dan melakukan boot jika sistem operasi tidak dapat dijalankan.

Itu tadi adalah informasi mengenai 7 software anti virus terbaik yang ampuh mengatasi serangan virus dan malware. Semua software anti virus memiliki keunggulan dan kelebihan masing-masing. Begitu juga apakah ingin mengunduhnya secara gratis, premium ataupun opsi pro. Hal yang terpenting adalah memilih anti virus yang sesuai dengan perangkat atau device yang digunakan agar kinerjanya tidak berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.