7 Cara Mengecilkan Ukuran File Video di HP, PC Laptop

7 Cara Mengecilkan Ukuran File Video di HP, PC Laptop
7 Cara Mengecilkan Ukuran File Video di HP, PC Laptop ( banuba.com )

Mengurangi dimensi video adalah salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ruang penyimpanan yang terbatas di laptop atau perangkat lainnya. Hal ini sangat berguna, terutama jika kita hanya memiliki satu laptop dengan kapasitas penyimpanan yang terbatas.

Sejumlah video yang umumnya berukuran besar adalah film atau movie. Video dengan durasi panjang yang memiliki ukuran file lebih dari 1-2 gb setiap video tentu saja akan memakan banyak ruang penyimpanan.

Oleh karena itu, cara terbaik adalah dengan melakukan kompresi video, di mana kita dapat mengubah ukurannya sesuai kebutuhan, biasanya hingga setengah dari ukuran aslinya agar kualitas video tetap terjaga.

Ada berbagai metode yang dapat digunakan untuk melakukan kompresi video, baik melalui pc, laptop, maupun smartphone, serta pilihan untuk melakukannya secara offline atau online tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan.

Untuk informasi lebih lanjut, berikut beberapa metode kompresi video yang bisa anda pertimbangkan…

Cara kompres video secara online

Selain memanfaatkan perangkat lunak, anda juga memiliki alternatif lain untuk melakukan kompresi video secara online. Opsi ini dapat dipertimbangkan jika anda tidak ingin menginstal perangkat lunak tambahan di komputer anda.

Penting untuk diingat bahwa anda perlu memiliki koneksi internet yang cepat karena anda harus mengunggah dan mengunduh file video. Anda dapat memanfaatkan jaringan wi-fi gratis jika tersedia.

1. Media.io

Media.io merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang berfungsi sebagai alat kompresi video. Aplikasi pengeditan video online ini sangat komprehensif dan dapat mendukung anda dalam melakukan berbagai tugas seperti pengeditan video, konversi format, kompresi, serta peningkatan kualitas video, semuanya dalam satu platform.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi ini:

  1. Langkah pertama adalah mengunjungi tautan berikut: media.io/online-video-compressor.
  2. Kemudian, pilih video yang ingin anda kompresi dengan mengklik “Pilih berkas”.
  3. Setelah selesai mengunggah, anda dapat memilih format dan resolusi video yang anda inginkan setelah dikompresi.
  4. Tekan tombol “Kompres” dan tunggu hingga proses selesai.
  5. Terakhir, cukup klik “Simpan” untuk menyimpan video yang telah dikompresi ke lokasi yang anda pilih.
  6. Selesai.

2. Aconvert.com

Ada juga situs lain yang bernama aconvert.com yang bisa anda gunakan sebagai salah satu alat konversi terbaik dengan beragam pilihan konversi.

Selain untuk mengonversi video, situs ini juga menyediakan berbagai opsi untuk mengonversi file lain seperti pdf ke word, ebook, gambar, audio, arsip, halaman web dan banyak lagi. Untuk panduan langkah-langkahnya, silakan ikuti petunjuk di bawah ini.

  1. Langkah pertama adalah mengunjungi tautan ini: https://www.aconvert.com/video/
  2. Setelah itu, unggah video yang ingin anda kompres dengan mengklik tombol telusuri.
  3. Kemudian, pilih format target yang anda inginkan. Saya sarankan memilih mp4 untuk hasil yang lebih baik.
  4. Di bagian opsi, atur ke opsi ubah ukuran, bitrate, atau frame rate. Sesuaikan pengaturan sesuai keinginan anda. Untuk mengurangi ukuran video, anda dapat mengatur bagian Ukuran Video.
  5. Setelah selesai, klik tombol convert now! dan tunggu sampai proses kompresi selesai.
  6. Langkah berikutnya, anda hanya perlu mengklik simpan untuk menyimpan video yang telah dikompresi.
  7. Selesai.

3. convert-video-online.com

Kemudian, ada convert-video-online.com, sebuah alat konversi yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan, terutama dalam hal video dan audio.

Situs ini memungkinkan nda untuk mengonversi file dengan berbagai pilihan resolusi yang dapat disesuaikan sesuai keinginan anda. Anda dapat mengunggah file hingga maksimal 2 GB dengan proses konversi yang cukup cepat. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara menggunakannya, silakan simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Pertama-tama, silakan kunjungi situs terkait dengan mengklik tautan ini: https://convert-video-online.com/id/
  2. Tanpa menunggu lama, untuk mengunggah video, cukup klik opsi “Buka file” dan mulailah mengunggah file video yang ingin anda kompres.
  3. Di bagian “Pilihan format video,” pilih format keluaran yang diinginkan, seperti mp4, avi, mov dan lain-lain.
  4. Selanjutnya, pada bagian “Resolusi,” tentukan ukuran yang diinginkan, baik itu sama dengan aslinya, hd 1080p, 720p, 480p, 360p, atau lainnya.
  5. Setelah selesai, klik tombol “Konversikan” dan tunggu proses kompresi video selesai.
  6. Setelah proses kompresi selesai, anda dapat mengunduh hasil kompresinya.
  7. Sekarang, semua selesai!

Cara kompres video di PC dengan aplikasi

Anda memiliki dua opsi yang bisa dipilih untuk mengecilkan atau mengompresi video. Opsi pertama adalah menggunakan aplikasi atau perangkat lunak tambahan. Ada banyak perangkat lunak open source yang tersedia untuk anda, seperti handbrake, avidemux, wondershare video converter dan sebagainya.

Salah satu keunggulan dari metode ini adalah anda tidak perlu terhubung ke internet saat melakukan kompresi dan prosesnya juga akan berjalan lebih cepat. Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat dan pilih metodenya di bawah ini.

#1. HandBrake

Anda memiliki dua opsi yang dapat anda pertimbangkan. Pertama, anda bisa menggunakan perangkat lunak handbrake yang telah ada sejak tahun 2003 dan terus dikembangkan hingga saat ini oleh eric petit.

Menariknya, aplikasi ini kompatibel dengan berbagai sistem operasi populer seperti mac os, windows dan linux. Sebagai pengguna, anda memiliki kebebasan untuk mengubah pengkodean video sesuai keinginan anda menggunakan handbrake, dengan opsi pengkodean yang tersedia yaitu x264 atau x265.

Untuk memahami cara penggunaannya, anda dapat mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini.

  1. Pertama-tama, mulai dengan mengunduh software HandBrake. Anda dapat mengakses tautan unduhnya di sini: [Windows] [Mac] [Linux].
  2. Setelah berhasil mengunduhnya, lakukan instalasi sesuai dengan panduan yang disediakan hingga proses instalasi selesai dengan sukses.
  3. Selanjutnya, buka software handbrake dan seret video yang ingin anda perkecil ukurannya ke dalam program. Di sini, anda akan perlu melakukan beberapa penyesuaian.
  4. Pada bagian presets, pilih opsi general, lalu tentukan ukuran video yang anda inginkan. Untuk kualitas terbaik, anda dapat memilih fast 1080p30.
  5. Pada bagian summary, pilih format video sebagai mp4 dan pastikan opsi web optimized dicentang agar video tetap optimal saat diputar di mode web.
  6. Untuk menentukan lokasi penyimpanan hasil output, klik tombol browse dan tentukan folder sesuai keinginan anda.
  7. Jika anda ingin melakukan penyesuaian khusus atau konfigurasi tambahan, anda dapat melihat tab dimensions, filters, video, audio dan lainnya.
  8. Terakhir, klik tombol start encode untuk memulai proses kompresi video. Waktu yang diperlukan akan sesuai dengan durasi video yang anda pilih.
  9. Setelah proses selesai, anda dapat melihat hasilnya melalui folder output yang telah anda tentukan.
  10. Anda telah berhasil menyelesaikan proses pengurangan ukuran video menggunakan handbrake.

#2. Freemake

Alternatif kedua adalah menggunakan perangkat lunak pengeditan video non-linear bernama freemake. Dengan menggunakan perangkat lunak ini, anda dapat dengan mudah dan cepat melakukan kompresi video. Fitur-fiturnya dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan kompresi dan konversi video anda.

Antarmuka pengguna dari freemake juga sederhana dan mudah untuk dioperasikan, sehingga bahkan bagi pemula sekalipun dapat menggunakannya. Untuk informasi lebih lanjut, silakan ikuti panduan penggunaan di bawah ini.

  1. Mulailah dengan mengunduh software freemake terlebih dahulu [untuk Windows].
  2. Setelah berhasil diunduh, lanjutkan dengan mengikuti petunjuk instalasinya hingga proses instalasi selesai dan sukses.
  3. Selanjutnya, buka aplikasi tersebut dan klik ikon “Video” untuk menambahkan video ke dalam program.
  4. Pilihlah mode konversi yang diinginkan, klik “Mp4” untuk kualitas hasil yang lebih baik.
  5. Pada bagian “Preset”, tentukan format resolusi output yang anda inginkan. Anda dapat memilih antara 1080p, 720p, dvd, tv dan lainnya. Jika anda ingin menyesuaikan pengaturan sendiri, klik ikon “Setting” yang terletak di bawahnya.
  6. Anda juga dapat mengatur ukuran file output sesuai keinginan anda. Misalnya, jika anda ingin ukurannya 40 mb, anda bisa menggantinya menjadi 20 mb.
  7. Setelah semua pengaturan selesai, klik tombol “Convert” untuk memulai proses kompresi. Tunggu hingga proses kompresi selesai.
  8. Anda telah berhasil menyelesaikan proses kompresi video menggunakan software freemake.

Cara mengecilkan ukuran video di HP Android

Selain menggunakan komputer atau pc, anda juga dapat mengurangi ukuran video menggunakan perangkat hp android. Terdapat berbagai aplikasi kompres video gratis yang dapat anda temukan di google play store. Untuk informasi lebih lanjut, berikut beberapa rekomendasi yang dapat anda pertimbangkan.

#1. VidCompact

Pertama, kami merekomendasikan anda untuk menggunakan aplikasi vidcompact. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda dapat mengubah atau memampatkan ukuran video agar lebih kecil. Aplikasi ini menyediakan berbagai pilihan resolusi, mulai dari 1080p, 720p, 640p, 480p, 320p, hingga 240p.

Selain itu, vidcompact juga memungkinkan anda untuk melakukan banyak tindakan lainnya, seperti mengganti nama video, menghapus video, atau memotong dan memangkas video. Anda dapat mengunduh vidcompact secara gratis melalui google play store.

Download VidCompact via Google Play Store

Download VidCompact via App Store

#2. YouCut

Pilihan kedua adalah menggunakan youcut. Aplikasi ini memiliki reputasi yang baik dengan rating 4,8 di google play store. Dengan youcut, anda dapat dengan mudah mengompres atau mengurangi ukuran video.

Selain itu, youcut juga memungkinkan anda untuk melakukan pengeditan video, menambahkan efek, menyisipkan musik, memotong video dan menggabungkan video. Jika anda tertarik, anda dapat mengunduh youcut secara gratis melalui google play store sekarang.

Download YouCut via Google Play Store

Download YouCut via App Store

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *