7 Aplikasi Penghitung Kalori yang Terbakar Saat Olahraga untuk Smartphone

7 Aplikasi Penghitung Kalori yang Terbakar Saat Olahraga untuk Smartphone

Berolahraga memiliki banyak manfaat yaitu untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, meningkatkan kekuatan otot serta menjaga berat badan tetap ideal. Akan tetapi, terkadang kita tidak tahu sudah berapa kalori yang dikeluarkan ketika berolahraga. Namun jangan khawatir, ada beberapa aplikasi penghitung kalori yang terbakar saat olahraga yang dapat di instal di smartphone.

Banyaknya pilihan aplikasi penghitung kalori di smartphone, mempermudah pengguna mencatat asupan kalori hariannya. Mengutip Healthline, penelitian menunjukkan orang yang mencatat kalori masuk dan keluar dari tubuhnya, cenderung lebih mudah menurunkan serta mempertahankan tubuh yang ideal. Di bawah ini, terdapat beberapa macam aplikasi yang bisa dijadikan pilihan:

1. Chronometer

Chronometer adalah salah satu aplikasi penghitung kalori yang terbakar saat olahraga bisa dipilih. Disini, pengguna akan memasukkan daftar makanan dan juga jumlahnya ke dalam kolom yang disediakan. Saat berolahraga pun, pengguna juga dapat menghitung kalori yang sudah terbakar dengan memasukkan jenis kegiatan atau olahraga yang dilakukan serta durasinya.

Baca Juga »  4 Aplikasi VPN Terbaik Untuk Membuka Situs Yang Diblokir

2. MyFitnessPal

MyFitnessPal merupakan aplikasi yang cukup populer untuk menghitung jumlah kalori dan juga sebagai alat hitung langkah kaki. Aplikasi ini memiliki fitur deteksi gerakan pada smartphone yang berfungsi untuk menghitung langkah yang ditempuh saat berolahraga. Selain itu, MyFitnessPal juga memberikan informasi seputar berat badan, menghitung asupan kalori yang dimakan serta memberikan rekomendasi menu makanan.

3. Runtastic Running & Fitness Tracker

Aplikasi ini biasa digunakan untuk olahraga lari dan jogging. Cara kerjanya yaitu, menggunakan GPS pada smartphone yang terhubung dengan internet. Di layar akan muncul informasi yang sudah terekam seperti durasi, jarak, serta kalori yang terbakar. Aplikasi ini dilengkapi beberapa fitur seperti Live Tracking & Cheering, Voice Coach, Personal Fitness Tracker, dan lain-lain.

4. Strava Running and Cycling GPS

Aplikasi Strava Running and Cycling GPS memiliki fungsi yang mirip dengan aplikasi sebelumnya, sayangnya hanya diperuntukkan bagi pengguna Android. Aplikasi ini juga menghitung jarak yang ditempuh saat lari, jogging ataupun sepeda dengan memakai fitur GPS. Selain itu, dengan memakai aplikasi ini pengguna bisa terhubung dengan teman ataupun komunitas yang sama, sehingga semakin termotivasi untuk menuntaskan target olahraga.

Baca Juga »  Beli Aplikasi Android dengan Pulsa Telkomsel, Simak Cara Mudahnya!

5. Accupedo

Accupedo sejenis aplikasi pengukur langkah kaki yang dilengkapi berbagai macam fitur. Selain menghitung jumlah langkah kaki yang ditempuh, aplikasi ini dapat melacak jumlah kalori yang dibakar, jarak, kecepatan dan juga durasi olahraga. Accupedo mudah digunakan bahkan dapat menghitung jumlah langkah dengan akurat meskipun smartphone tersimpan di kantong celana atau tas.

6. Nike+ Running

Nike+ Running termasuk aplikasi yang cukup tenar di kalangan komunitas runners, baik pelari marathon ataupun pelari santai. Sama seperti aplikasi sebelumnya, Nike+ Running memantau kecepatan lari serta jarak yang ditempuh dan informasi kalori yang terbuang. Keunggulan aplikasi ini, pengguna dapat memutar playlist yang sesuai dengan kecepatan pengguna. Dapat di download baik di Google Playstore dan Apple App Store.

Baca Juga »  Aplikasi Adobe Flash Player yang Telah Ditutup, Ini Faktanya!

7. FitApp

Fitapp dapat menjadi alternatif aplikasi untuk melatih kebugaran tubuh dalam bentuk buku harian digital dengan memanfaatkan GPS pada smartphone. Terdapat fitur yang dapat melacak aktifitas, seperti running, cycling ataupun walking dan mampu mendeteksi kalori-kalori yang telah dibakar dari aktivitas tersebut. Selain itu, dengan FitApp pengguna dapat mengetahui indeks massa tubuh serta berat badan yang ideal.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi penghitung kalori yang terbakar saat olahraga yang bisa dijadikan pilihan. Aplikasi tersebut memiliki fitur yang berbeda-beda, jadi pengguna dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Adanya aplikasi ini, tentunya membuat pengguna semakin semangat dan termotivasi untuk berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.