cara memperbaiki hardisk yang tidak terbaca

6 Cara Memperbaiki Hardisk Yang Tidak Terbaca dengan Benar

Penggunaan perangkat komputer kini menjadi hal yang sangat penting. Jadi, ketika hardisk komputer mengalami kerusakan maka akan sangat mengganggu aktivitas penggunanya. Lalu bagaimanakah cara memperbaiki hardisk yang tidak terbaca tanpa ribet?

1. Menginstall Ulang Driver

Untuk menghubungkan perangkat komputer dengan hardisk diperlukan driver yang tidak sedang rusak. Jika driver ini mengalami kerusakan maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan install ulang. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan install ulang driver:

  • Buka menu Start pada komputer.
  • Setelah itu cari menu Computer dan klik kanan. Lalu klik Properties.
  • Selanjutnya pilih Device Manager.
  • Cek apakah ada tanda seru berwarna kuning dengan tulisan USB Attached SCSI Mass Storage Device.
  • Jika ada tanda itu klik kanan pada Device dan pilih Update Driver Software.
  • Pilih Browse My Computer.
  • Cari driver yang akan di update. Jangan lupa untuk memastikan hanya opsi USB Attached SCSI Mass Storage Device yang tercentang di menu Show compatible hardware.
  • Klik next dan tunggu proses update sampai selesai.
  • Jika sudah cabut kabel hardisk eksternal dan lakukan restart pada komputer.
Baca Juga »  Fungsi Card Reader, Pengertiannya, dan Tipe-Tipenya

2. Mengganti Casing Hardisk

Kerusakan pada hardisk biasanya bisa dideteksi dan diperbaiki dengan mudah karena hanya casing yang mengalami kerusakan. Cara ini sering diterapkan pada hardisk dengan harga murah. Mengganti casing juga merupakan salah satu cara memperbaiki hardisk yang tidak terbaca yang paling simpel.

3. Mengganti Kabel USB

Selain kerusakan casing, hardisk yang tidak terbaca bisa disebabkan oleh kabel USB yang mengalami kerusakan. Jika terjadi kerusakan pada kabel USB maka sudah pasti akan mengganggu proses transfer data. Coba ganti kabel USB dan hubungkan kembali hardisk tersebut.

4. Mengganti Port USB Yang Digunakan

Dalam sebuah komputer umumnya tersedia lebih dari 1 port USB. Kejadian hardisk tidak terbaca bisa saja disebabkan oleh kerusakan pada port USB yang digunakan. Untuk itu ada baiknya mencoba mengganti port USB yang digunakan.

Baca Juga »  9 Komponen PC Gaming, Untuk Merakit PC Impianmu

Jika memang terbukti port USB-nya yang mengalami kerusakan maka pengguna bisa membawanya ke tempat servis terdekat. Hal itu dikarenakan kerusakan hardware khususnya pada port USB cukup sulit dan beresiko jika diperbaiki sendiri.

5. Melakukan Manajemen Ulang di Disk Management

Selain melakukan update driver, mengatasi hardisk yang tidak terbaca dari segi software bisa dilakukan lewat manajemen ulang pada disk management. Caranya tidaklah sulit dan bisa dilakukan sendiri tanpa pergi ke tempat servis. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukannya:

  • Pergi ke halaman Run dengan cara mengetik Run pada menu Start. Atau bisa juga dengan menekan tombol R dan Windows secara bersamaan.
  • Selanjutnya ketik diskmgmt.msc dan tekan Enter.
  • Pengguna akan dibawa masuk ke halaman Computer Management. Lalu lakukan format ulang.

6. Mengganti Letter Atau Nama Hardisk

Setiap hardisk yang terhubung dengan komputer akan memiliki nama seperti C, D, atau E. Jika hardisk belum memiliki nama akan sulit atau bahkan tidak terbaca. Oleh karena itu, pengguna harus memberi nama pada hardisk dengan cara berikut ini:

  • Masuk ke Disk Management lalu klik kanan pada drive yang ingin diatur namanya.
  • Setelah itu pilih opsi untuk mengganti informasi disk.
  • Lalu pilih Add atau Change dan atur nama disk sesuai keinginan.
Baca Juga »  Cara Instal Driver Printer Epson L310 Tanpa CD, Mudah!

Demikianlah 6 cara memperbaiki hardisk yang tidak terbaca dengan baik dan benar. Setelah mengetahui cara memperbaiki hardisk yang mengalami kerusakan maka pengguna jadi bisa menghemat ongkos perbaikan. Pada akhirnya akan lebih mudah mencegah kerusakan hardisk daripada memperbaikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.