6 Aplikasi Pengedit Foto dan Video Gratis Untuk Smartphone

6 Aplikasi Pengedit Foto dan Video Gratis Untuk Smartphone

Sebelum smartphone diciptakan, foto dan video hanya dapat diedit di komputer atau laptop dengan program yang sesuai. Tentu hal ini menyusahkan para content creator yang menginginkan fleksibilitas, tanpa harus membawa laptop yang berat. Sekarang, bagi yang hanya memiliki smartphone, aplikasi pengedit foto dan video sudah tersedia di smartphone kesayangan.

Sebagai content creator, foto dan video perlu diedit terlebih dahulu agar menambah kualitas sebelum di unggah. Namun, mengedit yang baik dan benar terdengar rumit, belum lagi menyewa jasa pengedit yang tentunya tidak murah. Jangan khawatir, karena aplikasi di bawah ini akan membantu content creator untuk mengedit tanpa harus membayar.

1. Canva: Design, Photo & Video

Aplikasi ini adalah aplikasi desain grafis yang juga dapat digunakan sebagai editor foto dan video. Tidak hanya memiliki tampilan yang menarik, Canva sangat praktis dan mudah digunakan bagi pengguna smartphone awam yang belum punya pengalaman mengedit foto dan video.

Bagi yang memiliki berbagai macam akun social media, Canva menyediakan ribuan template atau layout untuk IG, TikTok, FB, Twitter, YouTube, dan sosial media lainnya. Mulai dari kolase, logo, banner, bahkan video pendek maupun vlog.

2. Unfold: Story Maker & Editor

Diklaim sebagai aplikasi pembuat cerita, Unfold merupakan aplikasi pengedit foto dan video yang cocok untuk desain yang sederhana namun indah untuk dipandang. Tampilannya pun sangat minimalis bila dibedakan dengan aplikasi yang lainnya.

Baca Juga »  5 Rekomendasi Aplikasi Edit Photo Terbaik untuk Android dan ios

Aplikasi ini menyediakan lebih dari 300 template untuk Instagram, sangat diperuntukkan bagi pembuat konten khusus Instagram Stories. Meski begitu, Unfold masih bisa digunakan untuk konten Snapchat, Facebook dan TikTok dengan berbagai fitur editing yang beragam.

3. PicsArt Photo & Video Editor

Aplikasi yang satu ini sudah dikenal banyak tidak hanya bagi komunitas editor, namun juga berbagai macam kalangan di social media. PicsArt memiliki fitur dan alat edit lengkap yang bisa diandalkan untuk mengedit foto dan video, dengan desain layout yang mengagumkan.

Tidak hanya kaya fitur, aplikasi ini memiliki komunitas PicsArt yang terdiri dari ratusan juta creator di seluruh dunia. Jadi, bagi yang masih awam tidak perlu takut, karena komunitas PicsArt akan bersedia membantu pemula untuk mengedit foto dan video.

Baca Juga »  Begini Cara Memindahkan Video ke Google Drive agar Mudah Diakses

4. InShot Video Editor

InShot merupakan aplikasi pengedit foto dan video yang kuat. Aplikasi ini dikenal dengan fitur efek glitch yang membuat foto dan video semakin terlihat keren. InShot lebih sering digunakan untuk konten Instagram dan YouTube, namun dapat dipakai untuk social media lainnya.

Tidak hanya gratis, InShot juga sangat mudah untuk digunakan bagi pemula. Hal ini karena tampilan aplikasi yang ramah fitur-fitur nya yang mudah dipelajari. InShot juga menyediakan layout yang stylish sebagai pelengkap foto dan video.

5. FotoPlay Video Maker

Aplikasi ini adalah aplikasi pembuat video foto terbaik dengan musik, efek, dan stiker. Hanya dengan beberapa ketukan, pemula dapat menambahkan berbagai efek FX pada video untuk mempercantik video yang akan diunggah.

Selain itu, FotoPlay juga memiliki fitur seperti Foto SlideShow. Fitur ini dapat menggabungkan foto, video, dan musik, sehingga membuat slideshow foto menjadi semakin menarik untuk dijadikan konten social media.

6. VSCO: Photo & Video Editor

VSCO adalah aplikasi pengedit foto dan video gratis untuk content creator yang ingin membagikan foto mereka kepada yang lain. Tampilan dan menu aplikasi ini sangat minimalis sehingga mudah diakses dan digunakan bagi siapa saja. Seperti PicsArt, VSCO juga memiliki komunitas kreatif yang menginspirasi dan membantu pembelajaran edit foto dan video.

Baca Juga »  Kelebihan Download Aplikasi Youtube Go Versi Terbaru

Nah, itulah aplikasi pengedit foto dan video yang dijamin akan menambah kualitas unggahan. Perlu diingat bahwa setiap aplikasi editing memiliki kelebihan dan juga kekurangan tersendiri. Karena itu, disarankan untuk menggunakan lebih dari satu aplikasi saat editing agar mendapatkan hasil yang lebih memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.