5 Tips Jualan Buah Agar Tidak Cepat Busuk

5 Tips Jualan Buah Agar Tidak Cepat Busuk

Berjualan buah-buahan memang menjadi peluang usaha yang sangat diminati. Walaupun demikian, pelaku usaha juga harus memperhatikan terkait cara penyimpanan. Terlebih jenis usaha ini masuk ke dalam kategori makanan yang tidak tahan lama. Berikut ada beberapa tips jualan buah agar tidak cepat busuk sehingga usaha bisa terus berjalan:

1. Pastikan Buah Selalu Dalam Kondisi Kering

Untuk menjaga agar buah tetap segar dan tidak mudah busuk maka usahakan buah tersebut dalam kondisi kering. Perlu diperhatikan bahwa kadar air yang berlebih di dalam buah dapat menyebabkan buah tidak tahan lama dan cepat busuk. Tidak hanya itu, buah yang basah juga bisa memicu perkembangan bakteri yang lebih cepat daripada buah dalam keadaan kering.

Maka dari itu, pastikan buah selalu kering. Penjual bisa memberikan alas kertas, kertas bertekstur maupun tisu. Sehingga bisa menyerap kandungan air yang ada di kulit buah. Dengan begitu buah menjadi lebih tahan lama. Untuk beberapa jenis buah tertentu, pilihlah wadah yang kedap udara. Sehingga bisa menjaga kelembaban dari buah tersebut.

Baca Juga »  5 Peluang Usaha Aneka Keripik Renyah Untungnya Pecah!

2. Perhatikan Tata Letak Buah/ Jangan Dicampur

Tips jualan buah agar tidak cepat busuk berikutnya adalah memisahkan buah yang satu dengan yang lainnya. Jangan meletakkan buah yang sudah tampak busuk dengan buah yang masih segar. Karena hal ini bisa membuat bakteri yang terdapat dalam buah busuk mengkontaminasi buah yang masih segar. Maka dari itu, penjual harus rutin mengecek kondisi buah.

Selain itu, pisahkan buah berdasarkan jenisnya. Misalnya jangan mencampur buah jeruk dengan mangga. Kemudian penataan juga harus tepat atau tidak ditindih dengan buah lainnya. Karena jika ada beban yang berat di atasnya maka buah menjadi penyok, rusak dan membusuk.

3. Jaga Suhu

Sebagai penjual buah-buahan, maka harus mengetahui informasi mengenai buah-buahan tersebut. Seperti cita rasa, ciri-ciri buah yang segar dan hal-hal yang memicu buah cepat busuk. Karena ada buah yang memang bisa bertahan dalam suhu ruangan. Akan tetapi ada juga buah yang harus disimpan di dalam lemari pendingin.

Baca Juga »  Analisa Kerugian Usaha Jamur Tiram yang Harus Diperhatikan

Bedakan kedua jenis buah-buahan tersebut. Jangan mencampur kedua jenis buah dalam suhu ruangan yang sama. Cara ini bisa memperlambat proses pembusukan pada buah. Selain itu, usahakan suhu ruangan tidak terlalu panas maupun terlalu lembab.

4. Jangan Mencuci Buah

Beberapa penjual buah memang menyajikan buah dalam keadaan yang bersih setelah dicuci. Dalam artian agar orang lain tertarik untuk membelinya karena buah terlihat bersih dan segar. Hal tersebut sebenarnya tidak menjadi masalah, asalkan proses pengeringan buah dilakukan dengan benar. Penjual harus memastikan buah tersebut hingga benar-benar kering.

Beberapa jenis buah tidak membutuhkan udara lembab. Sehingga penjual tidak perlu mencucinya terlebih dahulu. Hal ini untuk menjaga agar buah tersebut tetap dalam kondisi yang baik. Tips jualan buah agar tidak cepat busuk yaitu membersihkan buah menggunakan kain kering.

5. Menjaga Kebersihan Kulkas

Untuk buah yang disimpan di dalam kulkas, alangkah lebih baik untuk selalu menjaga kebersihan kulkas dengan baik. Khususnya bagi para penjual jus buah yang biasanya menyimpan beberapa buah tertentu di dalam kulkas. Jangan sampai kulkas yang digunakan dalam keadaan kotor dan bercampur dengan berbagai bahan makanan lainnya.

Baca Juga »  Trik Memulai Usaha Jual Ikan Segar Keliling Agar Menghasilkan Cuan

Hal ini sangat berpengaruh terhadap ketahanan buah. Karena buah menjadi lebih mudah busuk, sehingga penjual bisa merugi. Oleh karena itu, selalu rutin mengecek keadaan kulkas yang digunakan untuk menyimpan buah. Pastikan untuk teratur membersihkan kulkas dan mengecek suhunya.

Itulah tips jualan buah agar tidak cepat busuk dan buah selalu fresh. Walaupun cara-cara tersebut terbilang sederhana, akan tetapi sangat berperan penting dalam bisnis penjualan buah. Ketika kondisi buah bersih dan segar, tentu akan menguntungkan penjualnya. Karena akan banyak orang yang tertarik untuk membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.