5 Strategi Usaha Sparepart Motor untuk Pemula yang Wajib diketahui

5 Strategi Usaha Sparepart Motor untuk Pemula yang Wajib diketahui

Jamaknya penggunaan kendaraan bermotor saat ini tentu  menjadi peluang apik dalam membuka  usaha sparepart dan bengkel. Bagaimana tidak, peluang usaha ini  masih terbuka lebar karena terus meningkatnya penggunaan motor. Meskipun demikian, penting untuk tahu terlebih dahulu strategi  apa yang harus diambil dalam usaha sparepart motor untuk pemula.

Pasalnya, modal yang diperlukan untuk membuka usaha ini  terbilang tidak sedikit. Salah  sedikit saja dalam membuat strategi atau mengambil keputusan, maka bisa berakibat kerugian yang  tidak  main-main. Lantas apa saja strategi yang harus dilakukan bagi  pemula sebelum membuka  usaha sparepart motor untuk pemula ? Simak ulasan di bawah ini:

1. Siapkan Modal Usaha

Strategi  utama dan yang paling utama harus disiapkan adalah modal. Tanpa modal, tentunya  usaha tidak akan bisa berjalan dan terlaksana. Di samping itu, ada modal  namun tidak bisa menggunakannya dengan benar, maka juga bisa berakibat fatal pada usaha yang dimiliki.

Nah, agar tidak salah dalam menentukan modal, pengusaha bisa membaginya ke dalam beberapa proporsi. Di mana, 55% dari total modal digunakan untuk menyewa tempat, 15% untuk sarana dan prasarana, 25% untuk jualan sparepart, dan 10% sebagai uang operasional. Dengan menata modal sedemikian rupa, maka pengusaha akan terhindar dari pembengkakan biaya.

Baca Juga »  Memulai Usaha Kopi Botolan, Persiapkan Beberapa Hal Ini

2. Tentukan Lokasi Toko atau Bengkel

Setelah berhasil menentukan modal, strategi selanjutnya yang harus disiapkan adalah  pemilihan lokasi toko atau bengkel. Pemilihan tempat ini memiliki peran krusial karena akan sangat menentukan kesuksesan usaha dalam jangka pendek. Hal itu karena lokasi usaha merupakan salah satu sarana dalam promosi atau  iklan.

Pastikan untuk memilih lokasi yang strategis agar mudah dijangkau  dan dapat terlihat banyak orang. Jika hanya  membuka toko sparepart motor saja, pengusaha bisa membeli ruko yang padat di jalan besar. Nah, apabila sekaligus membuka bengkel, maka pastikan tempat yang disewa memiliki lahan yang cukup luas dan dekat dengan jalan besar.

3. Sarana dan Prasarana dalam Bengkel atau Toko

Dalam memulai  usaha sparepart motor untuk pemula, penting juga untuk memperhatikan sarana dan prasarana dalam toko atau bengkel tersebut. Beberapa hal yang lumrah ada di toko sparepart tentunya etalase, rak, hingga drum oli.

Baca Juga »  Peluang Bisnis Kue Basah dan Kiat untuk Memulai Usahanya

Persiapkan semua sarana dan prasarana untuk meletakkan semua bahan dan barang yang akan dipakai  dan dijual. Jangan sampai barang-barang bergeletakan dan tidak tertata rapi karena akan menyulitkan saat ingin mengambil atau mencarinya. Selain itu, toko yang tertata rapi tentu akan mampu menarik banyak pelanggan.

4. Peralatan untuk Usaha Bengkel

Biasanya toko sparepart motor juga melayani pemasangan atau perawatan sepeda motor. Nah, bila  ingin sekaligus membuka bengkel, maka pastikan semua peralatan dan perlengkapan bengkel telah disediakan. Gunakan peralatan dengan kualitas yang baik agar  bisa  bertahan  lama dan  bisa menghasilkan hasil pengerjaan yang baik.

5. Barang Dagangan Sparepart dan Aksesoris Motor

Karena usaha ini bergerak di bidang sparepart, maka penting sekali untuk menyiapkan barang dagangan tersebut. Meskipun banyak distributor yang menawarkan produk sparepart, namun jangan asal menerima begitu  saja tawaran tersebut. Pasalnya perlu diperhatikan pula harga serta kualitas dari barang tersebut.

Baca Juga »  5 Penyebab Kenapa Jualan Sepi Pelanggan

Belilah  produk dari distributor terpercaya dengan kualitas produk  yang bagus dan asli. Pastikan juga untuk selalu mengutamakan membeli barang dagangan yang fast moving karena stok barang tersebut  akan sangat mudah habis. Meskipun demikian, jangan lupa untuk menyediakan produk middle moving juga.

Itulah lima strategi  dalam usaha sparepart motor untuk pemula sebelum memulai  bisnis.  Pastikan untuk mematangkan kelima strategi  di atas terlebih dahulu  sebelum memutuskan untuk memulainya. Sebab, hal tersebut akan sangat mempengaruhi keberlangsungan hingga keberhasilan usaha sparepart yang dijalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.