penyebab layar laptop hitam

5 Penyebab Layar Laptop Hitam dan Cara Mengatasinya

Pada saat menggunakan perangkat seperti HP atau laptop, pernahkan mengalami kendala layar blue screen? Biasanya tampilan layar terlihat hitam. Dalam hal ini pengguna harus tahu penyebab layar laptop hitam. Tujuannya agar bisa mengambil solusi terbaik dan mengatasi masalah tersebut secara mudah dan segera mungkin.

Pada tahapan berikutnya, ketika layar laptop terjadi bluescreen dan tampak hitam pastinya akan mengganggu. Cobalah kenali masalah yang muncul dengan melihat kondisi yang ada pada layar laptop tersebut. Ketika layar laptop hitam, maka penyebabnya adalah sebagai berikut ini:

1. Penginstalan windows yang tidak Stabil

Pada saat terjadi layar yang hitam di tampilan laptop bisa jadi karena masalah penginstalan Windows yang belum usai. Jika pengguna punya file data yang besar sebelum melakukan penginstalan, Maka bisa jadi pemasangan Windows yang di update tersebut akan memerlukan waktu yang lama.

Untuk bisa mengetahui apakah laptop masih berfungsi dengan baik, bisa lihat dengan LEDnya apakah masih bisa mengakses aktivitas hard drive laptop. Kemudian ketika lampu menunjukkan masih berkedip artinya pengguna harus menunggu pemasangannya selesai. Apabila tidak terlihat, maka bisa jadi terjadi masalah pada saat pemasangan.

Baca Juga »  Cara Merawat Baterai Laptop Nggak Boleh Asal, Ini Dia 8 Tips Jitunya!

2. Adanya Kesalahan Konfigurasi Bios

Saat laptop terlihat tidak menyala dan layar menjadi hitam setelah dinyalakan, maka bisa jadi penyebab layar laptop hitam karena kesalahan konfigurasi BIOSnya. Hal ini berpengaruh pada kinerja laptop yang tidak berfungsi sebagaimana biasanya.

Pengguna harus menjalankan pengaturan laptop berdasarkan Safe Mode dan pemeriksaan sistem. Lanjutkan mengatur BIOSnya agar bisa kembali masuk ke default configuration atau normal mode. Lakukan penghapusan memori BIOS yang ada di motherboard laptop terlebih dahulu agar dimudahkan saat mengatur kembali.

3. Terjadi Overheating

Ketika laptop layarnya tampak hitam, bisa jadi diakibatkan karena adanya overheating. Apa itu overheating? Panas yang berlebihan pada laptop dan jika dibiarkan terus menerus akan sangat buruk. Kemungkinan yang terjadi maka bisa membakar kartu VGA yang ada di laptop.

Baca Juga »  Anti Boros dengan 6 Tips agar Baterai Laptop Awet yang Mudah Dilakukan

Pada saat kartu VGA tersebut rusak, artinya akan berpengaruh pada tampilan layar laptop. Kemudian pengguna harus memperbaikinya bahkan justru akan mengganti laptop baru akibat Vga tersebut. Oleh karena itu, pengguna jangan memforsir penggunaan laptop terus menerus, berikan jeda istirahat agar komponen menjadi dingin.

4. Terlalu Banyak Aplikasi Atau Software

Saat laptop memiliki banyak software dengan ukuran besar maka bisa jadi penyebab layar laptop hitam. Bahkan beberapa aplikasi justru bisa jadi ancaman untuk laptop, karena perangkat bisa langsung rusak. Ketika terlihat kondisi layar laptop sudah tidak normal, maka pengguna bisa memilih memakai Safe Mode.

Setelah masuk ke Safe Mode, lakukan uninstall pada aplikasi yang menyebabkan masalah blackscreen tersebut. Berikutnya segera restart laptop yang terkena masalah dan biarkan laptop bekerja sampai masuk Windows. Setelah normal, artinya laptop menjadi hitam layarnya disebabkan banyak aplikasi yang terinstal.

Baca Juga »  Cara Membersihkan Layar Laptop yang Benar, Jangan Asal!

5. Driver Belum Diperbaharui

Saat mengalami kendala di screen laptop tampak hitam, maka pengguna bisa melakukan pembaharuan dengan mudah. Caranya bisa dengan membuka Device Manager, kemudian pilih display Adapters dan klik kanan. Berikutnya pengguna bisa langsung melakukan update driver secara langsung dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Ketika driver sudah terupdate dengan baik di laptop, maka cobalah untuk restart dan nyalakan kembali. Jika berhasil, layar laptop akan tampil normal seperti biasanya dan tidak terlihat hitam lago.

Dengan memahami penyebab layar laptop hitam tersebut, maka pengguna bisa mengambil cara mudah untuk mengatasinya. Pastikan laptop yang digunakan masih bisa diakses sistemnya dan dijalankan dengan mudah. Jika tidak, artinya laptop mengalami kerusakan parah dan harus segera di service.

Leave a Reply

Your email address will not be published.