penyebab laptop tidak menyala

5 Penyebab Laptop Tidak Menyala dan Cara Mengatasinya

Laptop merupakan peralatan penting dan selalu menjadi alat utama yang digunakan, namun terkadang muncul masalah seperti tidak bisa menyala. Dengan begitu, pengguna harus memahami penyebab laptop tidak menyala agar bisa diatasi secara langsung. Pasalnya jika dibiarkan dan ditekan tombol power namun masih tetap tidak menyala, artinya masalah akan semakin berat.

Pastikan bahwa apa yang sudah menjadi penyebab laptop tidak menyala tersebut, menjadi panduan pengguna untuk mengatasinya. Jadi tidak perlu langsung membawa laptop  ke tempat service. Cobalah untuk menganalisa secara tepat sebelumnya dan lihat beberapa penyebabnya seperti berikut:

  1. Baterai Laptop Usang

Seringkali saat memakai laptop tiba-tiba tidak bisa menyala. Pengguna perlu memahami kondisinya secara umum, apakah laptop tersebut baru saja digunakan atau memang kondisi baterai yang sudah buruk. Baterai yang sudah usang bisa menyebabkan laptop tidak mau menyala secara langsung.

Untuk mengatasinya, maka pengguna bisa dengan mengganti baterai laptop agar tidak terjadi masalah lebih berat lagi. Sementara itu, pengguna juga bisa mencopot baterai dan memakai laptop secara langsung dengan menghubungkan charger ke stopkontak. Jadi, meskipun tanpa baterai tetap bisa memakai laptop dan menyalakannya dengan mudah.

Baca Juga »  7 Software Anti Virus Terbaik yang Ampuh Atasi Virus dan Malware

2. Prosesor Laptop Bermasalah

Pada saat laptop akan digunakan kemudian tidak bisa menyala, maka pengguna bisa mencari penyebab laptop tidak menyala. Salah satu penyebabnya adalah bisa jadi prosesor laptop rusak. Jika komponen yang paling penting ini sampai rusak, maka akibat yang ditimbulkan fatal baik secara sistem atau tampilan.

Untuk bisa mengatasinya, cobalah untuk membersihkan laptop secara keseluruhan dari debu-debu. Cek juga prosesor dan heatsinknya, kemudian lakukan pengecekan di bagian angin yang keluar pada laptop. Jika tetap terjadi masalah, artinya prosesor laptop sudah makin parah dan berpengaruh pada kerusakan laptop tersebut.

3. Bagian Mainboardnya Bermasalah

Saat mengalami masalah dan laptop ternyata tidak bisa menyala, maka cek bagian mainboardnya. Untuk bisa memastikan apakah laptop masih dalam kondisi baik, lepaskan semua komponen yang ada pada laptop. Kemudian bersihkan semua dari debu dan pastikan debunya sudah bersih dan tidak tertempel pada bagian komponen laptop.

Baca Juga »  9 Macam Macam Software Untuk Temani WFH Kamu Tanpa Bosan

Setelah mengatasi kondisi mainboard dan komponen lain dibersihkan, namun tetap saja tidak bisa menyala, artinya memang ada bagian dari laptop yang bermasalah. Salah satu cirinya adalah dengan melihat lampu indikatornya saja. Apabila menyala, maka artinya mainboard atau power di laptop yang bermasalah.

4. Layar Laptop Terganggu

Tidak hanya baterai saja yang bisa jadi masalah, adapun penyebab laptop tidak menyala lainnya adalah karena layar laptop bermasalah. Pengguna harus paham jika kerusakan terjadi di layar laptop dan lampu power tetap hidup, maka tetap terjadi masalah.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk melepaskan perangkat eksternal yang ada. Serta, pastikan komponen tersebut tidak bermasalah dan menyebabkan startup laptop  terganggu. Selain itu, apabila gambar tidak terdeteksi di layar, maka cobalah lihat apakah laptop ada cahaya. Jika ada sedikit cahaya, artinya memang layar dari laptop tidak bisa berfungsi secara baik.

Baca Juga »  Tips Membeli Laptop Bekas, Jangan Asal Pilih!

5. Software Bermasalah

Jika ingin mengetahui ada masalah di software, maka pengguna bisa langsung memilih safe mode. Pada bagian ini, pengguna tinggal masuk dengan safe mode yang nantinya akan terdeteksi aplikasi mencurigakan dan segera uninstal. Jika sudah selesai, segera masuk ke laptop kembali dengan mode normal.

Dengan memahami penyebab laptop tidak menyala, maka pengguna bisa mengatasi terlebih dahulu tanpa harus diservis. Berikutnya, pengguna bisa langsung memakai laptop jika ternyata bisa diatasi. Pastikan semua komponen laptop berfungsi normal dan sistem berjalan semestinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.