5 Penyebab HP Lama di Cas yang Paling Sering Ditemui

5 Penyebab HP Lama di Cas yang Paling Sering Ditemui

Banyak penyebab HP lama di cas oleh pengguna. Pengecasan yang lama bisa mengganggu aktivitas digital pengguna yang mungkin sangat penting dan dibutuhkan. Supaya tidak terjadi pengecasan yang lama, simak 5 penyebab dari lamanya HP saat di cas. Mengetahui hal ini bisa untuk dihindari masalahnya oleh pengguna.

1. Umur Baterai yang Sudah Lama

Penyebab pertama yang paling sering terjadi adalah karena umur baterai yang terbilang sudah lama. Komponen atau sistem yang ada pada baterai tentu saja sudah menurun performanya. Hal ini yang kemudian membuat waktu cas menjadi lebih lama.

Penyelesaiannya adalah dengan mengganti baterai baru jika memang bisa dilakukan. Cara lainnya adalah dengan merawat baterai yang sudah bermasalah tersebut jangan sampai menimbulkan masalah yang lebih serius.

2. Di Cas Sambil Dimainkan

Sudah menjadi rahasia umum saat ponsel dioperasikan ketika sedang di cas bisa menghambat prosesnya. Tidak heran jika dibanding dengan yang didiamkan saat pengecasan akan lebih mempercepat baterai HP penuh. Sebetulnya tidak ada yang salah juga dari memainkan ponsel saat di cas, tapi jika ada pilihan untuk mendoakannya, maka itu lebih baik lagi.

Baca Juga »  Cara Memperbaiki Google Play Store yang Tidak Bisa Dibuka pada Perangkat Android

Solusinya adalah dengan menetapkan waktu cas yang tidak berbenturan dengan pekerjaan digital pada ponsel pengguna. Sehingga waktu pengecasan akan fokus dan tidak sambil dimainkan. Gunakanlah kembali ketika daya baterai sudah penuh, begitu seterusnya.

3. Banyaknya Aplikasi yang Ada di Latar Belakang

Tidak menutup aplikasi dengan benar dan menumpuknya bisa menjadi salah satu penyebab HP lama di cas. Karena seperti yang banyak pengguna tahu bahwa aplikasi yang ada di latar belakang masih membutuhkan daya baterai, sehingga tidak heran jika kemudian walaupun tidak dipakai, baterai akan terus menurun performanya.

Pengguna bisa menutup semua aplikasi yang ada di latar belakang saat dilakukan pengecasan. Jika ingin dibuka saat baterai penuh, pengguna bisa membuka ulang pada ikon aplikasi tanpa melihatnya pada latar belakang.

Baca Juga »  Pengertian Telepon dan Sejarah Perkembangannya

4. Adanya Masalah pada Kabel Port

Masalah yang terjadi pada kabel port bisa menghambat proses terisinya baterai. Hal ini tentu saja bisa mengganggu kenyamanan bagi pengguna. Kabel port pada ponsel adalah bagian untuk menghubungkan USB casan, maka sudah tentu jika ada masalah akan menghambat jalannya listrik dari USB ke ponsel.

Masalah ini bisa diselesaikan dengan memperbaiki kerusakan pada port kabel yang ada pada ponsel. Selain itu, bisa juga dilakukan pengecekan pada kabel USB casan apakah terjadi kerusakan juga atau tidak.

5. Adaptor Cas yang Tidak Sesuai Standar Pabrik

Ada satu lagi masalah yang bisa berakibat pada lamanya HP saat dicas, yaitu menggunakan adaptor cas yang tidak memenuhi standar pabrikan. Bisa dikarenakan adaptor asli yang rusak lalu membeli adaptor lain yang tidak resmi. Mungkin satu dua kali dipakai tidak menimbulkan masalah, tapi bila terus digunakan maka akan menurunkan ketahanan dari baterai itu saat dilakukan pengecekan.

Baca Juga »  Macam-Macam Search Engine dan Penjabarannya

Jika bisa menggunakan adaptor yang asli, maka gunakanlah. Namun, jika adaptor asli rusak, usahakan untuk membeli yang resmi supaya masalah tadi bisa dihindari atau paling tidak diminimalisir.

Mungkin masih banyak lagi penyebab HP lama di cas, tapi 5 penyebab di atas yang paling sering ditemui. Penyebab ini bisa pengguna dihindari supaya masalah HP lama di cas bisa diminimalisir atau dihindari juga. Jika HP sudah normal dalam pengecasan, maka produktivitas serta aktivitas digital dari pengguna tidak akan terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.