5 Penyebab Booting Lama Windows 10 dan Solusi Lengkapnya

5 Penyebab Booting Lama Windows 10 dan Solusi Lengkapnya

Permasalahan booting Windows 10 yang terlalu lama merupakan suatu hal yang sering dihadapi oleh pengguna komputer dengan sistem operasi Windows 10. Akibatnya, banyak orang yang pekerjaannya terhambat karena masalah booting. Hingga membuat pemakainya merasa putus asa mencari penyebabnya.  Lalu, apa saja penyebab booting lama windows 10? Berikut ini informasi lengkapnya!

1. Software yang Terpasang di Komputer Windows 10 Sangat banyak

Alasan pertama, mengapa komputer bootingnya terlalu lama biasanya karena software yang terpasang di dalam komputer windows 10 sangat banyak. Sehingga, membuat prosesor komputer akan kesulitan untuk memproses data yang ada di komputer. Hasilnya, membuat proses booting lebih lama. Oleh karena itu, sebaiknya hapuslah perangkat lunak yang tidak dibutuhkan user komputer.

Hal itu mempunyai tujuan agar mempercepat proses booting Windows 10. Selain itu, pada saat mengoperasikan windows 10 usahakan jangan membuka banyak aplikasi di komputer. Supaya pemrosesan data komputer menjadi lebih cepat. Akhirnya, membuat pengguna perangkat komputer windows sepuluh  dapat mengerjakan tugas-tugasnya dengan baik.

Baca Juga »  Microsoft Office Hilang Setelah Reset, Bagaimana_ Ini Cara Mengatasinya!

2. Waktu Timeout Boot Windows Sepuluh yang Cukup Lama

Pemicu, yang kedua terjadinya masalah proses booting Windows kesepuluh  yakni waktu timeout windows sepuluh yang cukup lama. Sementara itu, pengertian dari waktu timeout Windows 10 adalah sebuah waktu yang diberi pihak Windows untuk memberikan opsi kepada pengguna untuk memasuki mode aman atau  mode pemulihan selama tiga puluh detik.

Hingga akhirnya, menyebabkan perangkat komputer  Windows X akan mengalami tahapan boot timeout yang cukup lama. Namun, permasalahan tersebut dapat diatasi dengan cara mengatur ulang waktu timeout boot dari tiga puluh detik  menjadi sepuluh hingga lima belas detik. Supaya, proses masuk ke dalam Windows tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama.

3. Kapasitas Penyimpanan Komputer Terlalu kecil

Penyebab booting lama windows 10, yang ketiga adalah kapasitas penyimpanan komputer terlalu kecil. Sampai akhirnya, berakibat booting Windows berjalan lambat. Karena, semakin kecil kapasitas penyimpanan akan mengakibatkan proses masuk ke dalam Windows akan semakin lama. Namun, sebaliknya muatan penyimpanan komputer besar. Akan menghasilkan kecepatan booting Windows kesepuluh yang sangat tinggi.

Baca Juga »  Perbedaan Bitmap Dan Vektor Dari Berbagai Sisi

Masalah itu, sebenarnya dapat diatasi  dengan cara menambah muatan penyimpanan komputer Windows 10. Adapun, biayanya sangat beragam. Tergantung jumlah kapasitas harddisk dan kualitas hard disk yang dibeli oleh pemakai komputer sistem operasi Windows sepuluh.

4. Driver Perangkat Keras Komputer tidak Sesuai Dengan Komputer yang Dimiliki

Sebab nomor empat, masalah proses booting Windows 10 yang terlalu lama adalah driver perangkat keras tidak sesuai dengan perangkat keras komputer. Hal itu akan berakibat kepada performa komputer menjadi tidak bagus. Akhirnya, membuat komputer menjadi lebih lambat. Jadi, ada baiknya bila pemakai Windows X melakukan pembaharuan driver Windows sepuluh.

Sedangkan, bagian driver perangkat keras komputer yang perlu diperbaharui di antaranya adalah komponen ram dan kartu memori yang bagus. Alasannya, untuk meningkatkan kinerja komputer Windows 10.

5. Komputer Terinfeksi Virus

Penyebab terakhir, adanya permasalahan booting Windows kesepuluh yang terlalu lama yakni perangkat komputer terinfeksi virus. Karena, ada beberapa varian virus komputer yang menyebabkan tahapan booting komputer menjadi lebih lama. Kemudian, jenis virus yang biasanya memperlambat kerja komputer yaitu virus trojan, virus Shortcut dan virus malware yang mengganggu kerja komputer.

Baca Juga »  5 Daftar Antivirus Terbaik Untuk Laptop/Komputer Anda

Jalan keluarnya, segera memasang antivirus yang cocok sesuai kebutuhan. Selanjutnya, lanjutkan dengan memulai proses pemindaian folder komputer personal. Step akhir, segera bersihkan virus yang terdeteksi di komputer.

Itulah pembahasan mengenai penyebab booting lama windows 10. Kelima cara tersebut, tentunya dapat membantu pemakai Windows 10 untuk memecahkan permasalahan booting Windows yang lama. Sehingga, pemakai komputer bisa bekerja dengan tenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.