5 Langkah Cara Memperbarui Windows 7 ke Windows 10 Melalui Laman Resmi Microsoft

Penggunaan sistem operasi Windows 7 telah dihentikan pada tanggal 14 Januari 2020. Berdasarkan data yang dihimpun Net Applications terdapat 30,8% pengguna yang menggunakan Windows 7. Penghentian Windows 7 berakibat membuat sistem rentan mendapat serangan keamanan. Berikut 5 langkah cara memperbarui Windows 7 ke Windows 10 melalui laman resmi Microsoft:

1. Kunjungi Laman Resmi Microsoft

Perusahaan Microsoft merupakan perusahaan dari Amerika Serikat yang mengembangkan sistem operasi komputer atau laptop. Produk sistem operasi yang dikeluarkan Microsoft adalah Windows. Sistem ini mendominasi pangsa pasar sebesar 90% pengguna di seluruh dunia menggunakan Windows dan sisanya menggunakan sistem operasi lain.

Microsoft selalu mengupgrade sistem Windows menjadi semakin canggih. Langkah pertama cara memperbarui Windows 7 ke Windows 10 adalah dengan mengunjungi situs resmi Microsoft. Pengguna dapat mencarinya melalui browser yang sering digunakan dengan mengetik www.microsoft.com lalu, enter.

Selanjutnya, pengguna akan masuk ke halaman resmi dari Microsoft. Pengguna akan disajikan beberapa tampilan produk yang diluncurkan dari pihak Microsoft.

2. Unduh Windows 10

Pastikan laptop atau pengguna memenuhi syarat upgrade Windows 10, sehingga proses pembaruan berhasil. Perangkat harus berprosesor minimal sebesar 1 GHz dengan RAM minimal 1GB (32-bit) sedangkan 2GB (64-bit). Kapasitas ruang penyimpanan 16GB (32-bit) dan 32GB (64-bit). Selain itu, Graphics Card minimal Directx 9 atau driver WDDM dengan display minor 800 x 600 piksel.

Apabila persyaratan sudah terpenuhi, langkah selanjutnya cara memperbarui Windows 7 ke Windows 10 adalah unduh Windows 10. Cari dan pilihlah Windows 10 pada laman resmi Microsoft. Selanjutnya pilih Download Tool Now untuk mulai mengunduh Windows 10 di perangkat pengguna. Pastikan koneksi internet pengguna lancar, sehingga proses mengunduh tidak terganggu.

3. Pilih Upgrade This PC

Setelah proses mengunduh Windows telah selesai, buka tools yang sudah diunduh. Selanjutnya, terima syarat serta ketentuan lisensi Windows 10. Pastikan dahulu Windows yang digunakan orisinil. Cara mengeceknya adalah dengan cek properties pada menu komputer. Apabila ada tanda genuine maka Windows yang pengguna punya adalah orisinil.

Jika sudah memastikan lisensi Windows yang digunakan orisinil pengguna dapat langsung menekan opsi Upgrade This PC. Langkah selanjutnya adalah menjaga agar data pada perangkat tidak hilang dengan memilih Keep personal files and apps. Tunggulah proses mengunduh hingga selesai, lalu pilih accept dan tunggu proses lagi.

4. Install Windows 10

Langkah berikutnya cara memperbarui Windows 7 ke Windows 10 adalah menginstall Windows 10 pada perangkat pengguna. Apabila proses Upgrade This PC sudah selesai akan muncul teks Ready To Install. Pilihlah tombol Ok lalu tunggu proses hingga selesai. Biasanya proses tersebut menghabiskan waktu yang lumayan lama.

Perangkat yang pengguna akan mengalami beberapa kali tiba-tiba mati dan menyala kembali (restart). Hal ini merupakan proses normal untuk mengupgrade Windows versi lama menjadi Windows versi terbaru. Sehingga perangkat yang tiba-tiba mengalami beberapa kali restart pada proses ini tidak menandakan perangkat sedang error atau mengalami beberapa masalah atau kerusakan.

5. Aktivasi Lisensi Windows 10

Setelah proses install Windows 10 sudah selesai langkah selanjutnya pengguna mengaktivasi lisensi Windows 10. Cara untuk melakukan aktivasi lisensi Windows 10 adalah dengan membuka aplikasi settings. Selanjutnya, pilih Windows Update lalu pilih Activation guna melakukan aktivasi lisensi digital pada sistem operasi Windows 10.

Cara lain untuk melakukan aktivasi lisensi Windows 10 adalah dengan memasukkan lisensi Windows 7 yang legal serta asli. Cara ini dilakukan jika pengguna belum melakukan aktivasi sistem operasi versi lama. Guna melihat aktivasi sudah dilakukan dengan benar, pengguna dapat melihatnya di menu Settings lalu Update & Security dan pilih activation.

Demikian penjelasan tentang 5 langkah cara memperbarui Windows 7 ke Windows 10 melalui laman resmi microsoft. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Windows 10 lebih menarik dan canggik dibandingan Window 7. Pastikan pengguna menggunakan sistem operasi Windows yang asli dan legal, sehingga keamanan perangkat pengguna terjamin.