5 Hal Penting Diperhatikan Dalam Cara Menggunakan Earphone Wireless

5 Hal Penting Diperhatikan Dalam Cara Menggunakan Earphone Wireless

Umumnya orang senang mendengarkan music khususnya jika bisa didengarkan kapan dan dimana saja. Agar tidak sibuk dengan kabel yang kusut atau tersangkut, orang sekarang lebih memilih menggunakan wireless (nirkabel). Apalagi dengan teknologi True Wireless Stereo (TWS) suara yang dihasilkan juga berkualitas bagus. Berikut adalah cara menggunakan earphone wireless secara umum:

1. Kompatibilitas

Tidak semua jenis earphone wireless bisa sesuai atau kompatibel dengan ponsel yang dimiliki. Selalu periksa dulu sebelum membeli agar yakin bisa digunakan. Ada kode yang bisa membantu yaitu codec apt-X untuk Android dan codec Advance Audio Coding (AAC) untuk iOS. Dengan perangkat yang kompatibel, suara yang dihasilkan biasanya bagus sekali.

Codec tidak akan berfungsi jika pemancar dan penerimanya tidak sesuai. Pilihlah Bluetooth 4.1 agar memudahkan pairing dengan aneka jenis perangkat.

2. Jenis earphone wireless

Ada banyak jenis earphone wireless di pasaran. Pengguna bisa memilih mana yang lebih nyaman untuk dipakai, khususnya jika pemakaiannya membutuhkan waktu yang lama.

  • Bentuk seperti kerang yang disebut canal, ujungnya yang berbahan karet dimasukkan ke lubang telinga. Penutup ini bisa diganti jika kotor atau tidak nyaman lagi.
  • Bentuk seperti huruf q yang disebut in-ear, yang posisinya hanya disangkutkan di tulang rawan telinga. Kelemahan earphone seperti ini adalah tidak bisa menutup suara dari luar dan terkadang suara dari earphone bisa terdengar ke luar.
  • Bentuk memiliki kait yang disebut ear-hook atau ear-wing, yang memiliki kait yang bisa disangkutkan ke daun telinga. Earphone seperti ini tidak rawan jatuh karena tersangkut.
  • Bentuk kalung leher yang disebut neck-band. Jenis ini cocok untuk yang suka melepas earphone. Kalung ini tersangkut di belakang leher.
Baca Juga »  10 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pemula, Mudah Banget!

3. Aktifkan Bluetooth

Untuk menghubungkan earphone wireless dengan ponsel digunakan Bluetooth yaitu dengan cara “Pairing” (pencocokan). Nyalakan kedua perangkat tersebut agar terdeteksi oleh ponsel, setelah cocok, earphone sudah bisa digunakan. Bluetooth memiliki jangkauan sejauh 8 meter karena itu tidak perlu mengkhawatirkan koneksinya. Beberapa earphone yang canggih bahkan tidak terganggu dengan cuaca buruk sekalipun.

Metode pairing bisa dilakukan dari Setting  Wireless Network  Bluetooth. Nanti sistem akan membaca perangkat Bluetooth apa saja yang terdeteksi di sekitarnya. Pilihlah yang namanya muncul sesuai perangkat earphone yang dimiliki. Setelah cocok (paired), earphone bisa digunakan sesuai keinginan pengguna.

4. Kemampuan Earphone

Earphone wireless biasanya memiliki kelebihan bisa mengurangi suara luar sehingga musik yang didengarkan bisa maksimal. Beberapa jenis bisa menyalakan dan mematikan musik langsung di perangkatnya hanya dengan menekannya selama beberapa detik. Jika tidak demikian berarti harus dioperasikan dari ponsel.

Baca Juga »  Bansos Kemensos Bulan Ramadhan 1443 Hijriah

Jenis earphone TWS biasanya memang lebih canggih karena itu bisa digunakan walaupun hanya sebelah. Kualitas suaranya tetap bagus. Namun disarankan untuk tetap digunakan sepasang. Agar tidak mudah rusak, earphone harus dijaga kebersihannya dan disarankan untuk tidak menyetel suara terlalu keras agar tidak merusak perangkat di dalamnya.

5. Charging / Daya Baterai

 cara menggunakan earphone wireless yang penting diperhatikan adalah daya baterainya. Biasanya earphone memiliki kemasan kotak yang juga berfungsi sebagai sarana mengisi daya baterai. Umumnya untuk daya penuh saat awal disarankan mengisinya selama 4 jam. Sisanya sesuai kebutuhan, asal lampu indikatornya menyala tetap, artinya batere sudah penuh.

Usahakan agar baterai perangkat tidak habis atau kosong sama sekali karena akan membuat perangkatnya cepat rusak. Hal yang sama disarankan agar tidak melakukan pengisian berlebihan atau terlalu lama setelah lampu indikator sudah menyala tetap atau tidak berkedip lagi. Karena dikhawatirkan batere menjadi panas yang akhirnya membuat perangkat cepat rusak.

Baca Juga »  Link Cek Bansos Kemensos go id Ramadhan 1443 Hijriah

Menggunakan earphone wireless memang menyenangkan karena tidak sulit mengatur kabel. Tapi penting sekali mengetahui cara menggunakan earphone wireless yang benar agar bisa berfungsi baik dan tidak cepat rusak. Karena bentuknya kecil memang umumnya lebih rentan kerusakan, jadi harus berhati-hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published.